Ayoo Liburan !!! Destinasi Wisata Di Jawa Tengah

Mengisi liburan di Jawa Tengah merupakan pilihan yang sangat tepat,banyak sekali pilihan wisata yang di tawarkan. Mulai dari Sejarah,Budaya,Alam hingga kuliner khas nya yang sudah mendunia. Bahkan masih banyak peninggalan sejarah dan budaya yang masih di lestarikan hingga saat ini. Seperti pertunjukan wayang ataupun pertujukan seni dan festival yang sering di selenggarakan oleh dinas pariwisata di tiap-tiap wilayah Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah.

Di tiap-tiap daerah mempunyai keunikan dan kearifan budaya lokal yang sangat terasa kental dan wajib untuk di kunjungi. Mau itu Candi,Taman Nasional,Masjid,Pantai,Gunung,bahkan objek wisata pasar tradisional pun kini mulai di lirik para traveler dari berbagai daerah bahkan turis manca negara.

Berikut adalah Destinasi Wisata Di Jawa Tengah yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Yang pertama di bahas ialah Candi. Bangga sekali buat warga Jawa Tengah terutama penduduk Kota Magelang dan Klaten yang memiliki icon wisata yang sudah masuk ke level Top wisata dunia,ialah Candi Borobudur dan Prambanan. Selain Candi Borobudur dan Prambanan masih banyak  candi yang wajib untuk di kunjungi. Jika di hitung ada lebih dari 40 candi yang masuk wilayah Profinsi Jawa Tengah.

Berikut nama-nama candi yang berada di kota dan kabupaten provinsi Jawa Tengah :

 

No Nama Candi Lokasi Kota/Kabupaten
1 Borobudur Desa Borobudur,Kec Borobudur Magelang
2 Pawon Desa Borobudur,Kec Borobudur Magelang
3 Mendut Desa Mendut,Kec Mungkid Magelang
4 Ngawen Desa Ngawen,Kec Muntilan Magelang
5 Asu (Sengi) Dusun Sengi,Kec Dukun Magelang
6 Lumbung Desa Krogowan,Kec Sawangan Magelang
7 Pandem Desa Sengi,Kec Dukun Magelang
8 Canggal Desa Kadiluwih,Kec Salam Magelang
9 Selogriyo Desa kembang Kuning,Kec Windusari Magelang
10 Losari Desa Salam,Kec Salam Magelang
11 Gunung Sari Desa Gulon,Kec Salam Magelang
12 Umbul Desa Kartoharjo,Kec Grabag Magelang
13 Bubrah Prambanan Klaten
14 Prambanan Prambanan Klaten
15 Plaosan (Lor) Prambanan Klaten
16 Plaosan (Kidul) Prambanan Klaten
17 Sewu Prambanan Klaten
18 Lumbung Prambanan Klaten
19 Sojiwan Prambanan Klaten
20 Karangnongko karangnongko Klaten
21 Merak karangnongko Klaten
22 Situs Kunden Sumberrejo Klaten
23 Sukuh Sukuh,Ngargoyoso Karanganyar
24 Cetho Gumeng,Jenawi Karanganyar
25 Kethek Gumeng,Jenawi Karanganyar
26 Situs Planggatan Planggatan,Ngargoyoso Karanganyar
27 Situs Menggung Nglurah,Tawamangu Karanganyar
28 Arca Candi Colomadu Polsek Colomadu Karanganyar
29 Dukuh Rowoboni,Banyubiru Semarang
30 Komplek Candi Gedong Songo Bandungan Semarang
31 klero Klero,Tengaran Semarang
32 Ngempon Bergas Semarang
33 Arjuna Batur,Dieng Banjarnegara
34 Puntadewa Batur,Dieng Banjarnegara
35 Semar Batur,Dieng Banjarnegara
36 Srikandi Batur,Dieng Banjarnegara
37 Sembadra Batur,Dieng Banjarnegara
38 Gatotkaca Batur,Dieng Banjarnegara
39 Setyaki Batur,Dieng Banjarnegara
40 Bima Batur,Dieng Banjarnegara
41 Dwarawati Batur,Dieng Banjarnegara
42 Bogang Bogang,Selomerto Wonosobo
43 Pringapus Parakan Temenggung
44 Gondosuli Bulu Temenggung
45 Liyangan Liyangan,Purbasari Ngadirejo
46 Bulus Desa Bulus,Kec Pedagangan Tegal
47 Sari Cepogo Desa Gedangan,Kec Cepogo Boyolali
48 Lawang Desa Gedangan,Kec Cepogo Boyolali
49 Miyonoatu Desa Miyono,Kecamatan Payen Pati

 

Begitu banyak daftar Candi yang masuk wilayah kota dan kabupaten Jawa Tengah yang sayang jika di lewatkan begitu saja. Setelah kenalan dengan Candi,Sekarang mari berkenalan dengan Taman Nasional yang begitu populer dan menjadi Destinasi Wisata Di Jawa Tengah.

TAMAN NASIONAL KARIMUN JAWA

Taman Nasional Karimun Jawa ialah sebuah kepulauan yang berjumlah 22 pulau dan menjadikannya sebagai gugusan kepuluan. Lokasinya berada di Laut Jawa bagian utara kabupaten Jepara dengan luas 111.625 Ha. Letak kawasan tersebut  sekitar 50 Mil laut Semarang dan 35 Mil dari Kota Jepara.

Taman Nasional Karimun Jawa menawarkan banyak sekali keindahan. Seperti Panorama alam,gugusan pulau yang cantik,garis pantai yang putih bersih,wisata bawah laut dan masih banyak lagi. Selain itu para traveler juga bisa merasakan serunya berenang dengan ikan hiu yang bisa membuat detak jantung bergetar.

Untuk bisa menikmati keindahan taman nasional ini,wisatawan bisa menggunakan 2 cara. Bisa dengan jalur laut maupun udara. Jika melalui jalur laut,bisa menggunakan kapal laut dari dermaga Tanjung Mas Semarang maupun dari dermaga Kartini di kota Jepara.

Jika dengan jalur udara,wisatawan di wajibkan menaiki pesawat kecil berjenis Cassa2/2 dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewadaru. Dengan adanya bandara di Taman Nasinal Karrimun Jawa,tentu saja mempermudah para wisatwan yang ingin liburan kesini untuk melihatnya sendiri. Sementara untuk fasilitas penunjang lainnya sudah lengkap,jadi jangan ragu untuk berlibur ke Taman Nasional Karimun Jawa.

TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI

Secara administrasi Taman Nasional Gunung Merapi masuk kedalam dua provinsi,yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta. Taman Nasional ini juga menjadi sumber penghidupan masyrakat sebagian kota/kabupaten Sleman (Yogyakarta) dan Klaten,Boyolali serta Magelang (Jawa Tengah).

Buat wisatawan pecinta petualangan,mendaki Gunung Merapi bisa di jadikan alternative pendakian selain gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa. Untuk memulai pendakian tersebut bisa melalui jalur Kecamatan Selo,Kabupaten Boyolali.

Selain pendakian,masih ada beberapa objek wisata yang masuk wilayah Taman Nasional Gunung Merapi diantaranya.

  1. Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo,Kaliurang Pakem
  2. Panguk dan Plunyon,Kalikuning Cangkringan
  3. Sapuangin-Deles,Kemalang,Klaten
  4. Jurang Jero,Srumbung,Magelang

TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU

Lokasinya yang tidak jauh dari Taman Nasional Gunung Merapi,ada taman nasional lain yang bisa di kunjungi ataupun di daki,yaitu Taman Nasional Gunung Merbabu. Secara adminitrasi Taman Nasional Gunung Merbabu masuk wilayah Kabupaten Boyolali,Magelang dan Semarang.

Gunung Merbabu sendiri memiliki beberapa jalur pendakian,diantaranya

  1. Jalur Selo (Boyolali)
  2. Jalur Tekelan (Kopeng,Salatiga)
  3. Jalur Suwating (Magelang)
  4. Jalur Wekas (Magelang)
  5. Jalur Chuntel (Magelang)

Banyak yang bilang,jika mendaki Gunung Merbabu merupakan pendakian dengan jalur terindah diantara gunung-gunung yang ada di Indonesia. Di gunung tersebut,para pendaki akan melihat langsung hijaunya padang sabana yang begitu luas dan memanjakan mata para pendaki.

Diantara kedua Taman Nasional tersebut,masih ada beberapa objek wisata yang lokasinya dekat dengan kecamatan Selo Kabupaten Boyolai,diantaranya

  • Goa Lowo dan Gowa Song
  • Desa Wisata Samiran
  • Pos Pengamatan Merapi
  • Upacara Tradisional

Sebagian masyarakat yang tinggal dekat kedua Taman Nasional Gunung Merapi & Merbabu. Masyarakat disana sering mengadakan upacara adat tradisional maupun kesenian adat yang masih tetap di lestarikan hingga saat ini. Seperti Tari Kuda Lumping Turonggo Seto,Tari Topeng Ireng,Tari Prajuritan Turonggo Seto,Tari Reog,Kesenian Karawitan,Sedekah Gunung dll.

Baca Juga : Camping Di Telaga Cebong

Meskipun Destinasi Wisata Di Jawa Tengah hanya Gunung Merapi dan Merbabu termasuk Karimun Jawa yang sudah termasuk sebagai Taman Nasional. Masih banyak gunung-gunung di Jawa Tengah yang sering di daki dan tidak pernah sepi saat musim libur ataupun musim pendakian.

Berikut adalah daftar gunung di Jawa Tengah yang menjadi surga dan favorit baik pendaki lokal maupun pendaki dari manca negara selain Gunung Merapi dan Merbabu.

Gunung Selamet – Purbalingga : Gunung Selamat merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah,Gunung tersebut bisa di katakana sulit di daki karena medan yang lumayan berat.Meskipun status Gunung Selamet masih sangat aktiv,nyatanya para pendaki tetap menjadikannya Gunung Selamet sebagai gunung favorit untuk di daki.

Gunung Sindoro – Temenggung : Gunung dengan ketinggian 3.150 mdpl bisa di daki dengan waktu sekitar 6-7 jam. Gunung Sindoro juga termasuk gunung yang masih aktiv. Pesona keindahan Gunung Sindoro tentunya tidak bisa di lupakan oleh para pendaki yang pernah mencoba mendaki gunung ini.

Gunung Sumbing – Wonosobo : Gunung dengan ketinggian 3.371 Mdpl menjadikannya sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Sindoro,banyak para pendaki profesional yang melakukan double track mendaki 2 gunung sekaligus (Sumbing dan Sindoro). Tapi buat wisatawan pendaki pemula,pendakian double track sangat tidak di anjurkan.

Gunung Andong – Magelang : Tingginya hanya 1.463 mpdl sangat cocok di rekomendasikan untuk para pendaki pemula. Meskipun dibawah ketinggan 2000 mpdl,Gunung Andong tetap menjadi gunung favorit di Jawa Tengah karena menawarkan pemandangan yang spektakuler selain alasan karena gunung tersebut mudah di tempuh hingga sampai puncak.

Gunung Lawu – Karanganyar : Gunung yang berlokasi di perbatasan antara provinsi Jawa tengah dan Jawa Timur mempunyai cerita mistis yang begitu kental. Setiap tanggal dalam kalender Jawa 1 suro,banyak masyarkat dari berbagai daerah melakukan pendakian untuk ziarah. Meskipun terkenal karena mistis,masih banyak para pendaki yang berdatangan demi menggapai puncak Gunung Lawu

Gunung Unggaran – Semarang : Gunung Unggaran merupakan salah satu gunung yang mudah di daki diantara gunung-gunung di Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 2.050 mdpl banyak menawarkan pemandangan yang begitu indah. Setiap musim liburan tiba,Gunung Unggaran tidak pernah sepi di daki oleh para pendaki.

Gunung Prau – Wonosobo : Gunung Prau merupakan gunung dengan pemandangan puncak paling indah di Indonesia,selain itu para pendaki bisa menikmati indahnya penampakan matahari terbit (Sunrise) atau biasa disebut dengan istilah Golden Sunrise. Bahkan penampakan matahari terbit dari puncak Gunung Prau pernah di nobatkan sebagai penampakan matahari terbit paling indah se Asia Tenggara versi majalah Lonely Planet. Berdiri di puncak Gunung Prau menandakan kalau kamu berdiri di titik tertinggi di dataran tinggi Dieng.

Gunung Sikunir – Banjarnegara : Banyak yang menyebutnya sebagai bukit bukan gunung. Lokasi Sikunir juga berdekatan dengan Gunung Prau. Uniknya dari bukit Sikunir ialah berlokasi di desa Sembungan Dieng yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Tidak perlu membawa peralatan lengkap untuk sampai puncak,cukup membawa air minum,makanan,senter dan P3K. Pendakian nya sendiri di buka dari jam 3 pagi dengan waktu normal 45 menit sampai 1 jam untuk sampai puncak. Tidak kalah dengan penampakan seperti di Gunung Prau,para pendaki akan di manjakan dengan penampakan matahari terbit (Golden Sunrise) yang sudah mendunia sama halnya dengan penampakan matahari terbit dari puncak Gunung Prau.

Selain nama-nama gunung yang begitu favorit di daki oleh para pendaki,masih ada beberapa gunung yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Terutama buat kamu yang mengaku sebagai pecinta alam. Seperti Gunung Telomoyo,Pakuwija,Bisma,Gajah Mungkur dan masih banyak lagi.

Destinasi Wisata Di Jawa Tengah juga menyimpan keindahan air terjun yang begitu memukau. Banyak sekali air terjun yang bisa di kunjungi jika berkunjung ke Jawa Tengah. Air terjun tersebut punya keunikan tersendiri. Berikut daftar air terjun yang tidak boleh di lewatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Songgo Langit – Jepara

Air terjun tersebut berketinggan 80 meter dan berlokasi di Desa Bacu Kecamatan Rembang Kota Jepara. Dengan ketinggian air terjun tersebut,wisatawan bisa merasakan sensasi luar biasa dan menjadi salah satu destinasi primadona kota Jepara.

  1. Air Terjun Kali Pancur – Semarang

Buat pecinta tantangan,pesona air terjun Kali Pancur harus masuk ke list destinasi liburan. Disini wisatawan yang bernyali besar bisa mencoba memanjat tebing dengan kemiringan yang cukup ekstream 90 derajat. Lokasinya berada di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

  1. Air Terjun Luweng Sampang – Klaten

Air terjun Luweng bisa dikatakan mirip seperti Grand Canyon berkat pengkisan air terjun yang terjadi sejak bertahun tahun lamanya. Bisa di bayangkan bagaimana bentuk air terjun tersebut. Air terjun ini harus di kunjungi yang berada di Kecamatan Gantiwarna Kabupaten Sleman.

  1. Air Terjun Nangga – Banyumas

Nangga yang berarti tangga. Air terjun terbut memiliki penampakan yang unik karena menyerupai anak tangga. Setiap undakan memiliki nama tersendiri dan berikut susunannya dari atas hingga bawah :

Sikidang,Gomblang,Pewinian,Banta Pewinian,Lunjar,Benda

Air terjun Nangga berlokasi di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.

  1. Air Terjun Sewu – Kendal

Yang menarik dari air terjun ini ialah penampakan pelangi yang begitu mempesona. Tidak perlu menanti datangnya hujan untuk bisa melihat fenomena tersebut. Pelangi tersebut datang dengan sendirinya. Wisatawan yang melihatnya pasti akan jatuh hati dan takjub akan keindahan air terjun dan pelangi tersebut. Air Terjun Sewu berlokasi di Remboko Patean Kabupaten kendal

  1. Air Terjun Goa Barat – Kebumen

Air terjun tersebut berada di dalam Goa,untuk bisa menikmatinya wisatwan di wajibkan untuk menyusuri goa barat. Sebuah fenomena langka karena akan di sungguhkan sebuah penampakan air terjun langsung dari perut bumi. Air terjun tersebut di beri nama Superman Big Sister. Selain melihat air tejun,wisatawan juga disungguhkan dengan pemandangan Stalagtit yang begitu memukau. Lokasinya berada di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kebumen

  1. Air Tejun Cipendok – Purwokerto

Air terjun ini benar-benar masih asri dan alami,wisatawan akan disambut gemuruh derasnya suara air tejun Cipendok karena ketinggian air terjun tersebut mencapai 100 meter. Lokasi Curug Cipendok berada di Desa Karang Tengah Cilengok Banyumas

  1. Air Terjun Bidadari – Semarang

Menurut sejarah,konon para bidadari dari kayangan sering mandi dan bermain di air terjun tersebut. Mungkin dari cerita itulah dinamakan air terjun Bidadari. Kondisi air disini juga sangat jernih dan tak salah jika setiap akhir pekan tiba Air Terjun Bidadari tidak pernah sepi dari pengunjung. Lokasinya berada di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang.

  1. Air Terjun Trocoh – Temengung

Sebagian masyarakat setempat menamakan air terjun tersebut dengan nama air terjun Surodipo. Surodipo sendiri merupakan nama salah satu panglima perang melawan tentara Belanda hingga akhirnya nama Surodipo di jadikan sebagai nama air terjun tersebut. Debit air terjun Surodipo tidak pernah habis meskipun saat musim kemarau. Air terjun ini bener-bener tersembunyi yang berada di lokasi Desa Tawang Sari Kabupaten Tumenggung.

  1. Air Terjun Grojogan Sewu – Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu berada di kaki Gunung Lawu Karanganyar. Grojogan dalam bahasa Jawa yang artinya air terjun dan Sewu artinya seribu. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak atau satuan jarak yang di gunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Ketinggian air terjun tersebut mencapai 80 meter. Disini wisatawan akan melihat sebuah air terjun yang sangat indah lengkap dengan landscape alam yang begitu menawan. Lokasi Grojogan Sewu berada di Kecamatan Tawamangu Kabupaten Karanganyar.

Selain itu masih banyak beberapa air terjun populer yang masuk dalam Destinasi Wisata Di Jawa Tengah seperti Air Terjun Wringin di Kebumen,Air Terjun Jurang Manten di Jepara,Air Terjun Sekar Langit di Magelang dll. Jadi,jangan lewatkan keindahan pesona air terjun yang berada di provinsi Jawa Tengah ini bersama keluarga,sahabat atau pasangan.

Baca Juga : Pesona Umbul Ponggok Yang Menawan

Bicara tentang pantai,keindahan pantai yang masuk Destinasi Wisata Di Jawa Tengah bisa dijadikan unggulan. Banyak sekali pantai yang wajib untuk di kunjungi maupun di singgahi.  Keindahan pantai tersebut tidak kalah menariknya di bandingkan dengan pantai yang ada di Jawa Barat,Yogyakarta maupun Jawa Timur.

Berikut adalah daftar pantai di Jawa Tengah yang wajib untuk di kunjungi

  • Pantai Teluk Penyu – Cilacap

Pantai Teluk Punyu sudah mejadi Ikon kota Cilacap,dari pantai Teluk Penyu wisatawan bisa melihat Pulau Nusakambangan dari kejauhan,bahkan bisa menyewa perahu nelayan yang akan mengantarkan para wisatawan menuju Pulau Nusakambangan.

  • Pantai Sigandu – Batang

Pesona yang di tawarkan dari pantai ini ialah hemburan ombak yang tenang karena berada di wilayah utara Pulau Jawa. Selain itu wisatawan bisa melihat atraksi lumba-lumba  di Dolphin Center.

  • Pantai Randusanga Indah – Brebes

Kota yang terkenal dengan Bawang dan Telur Asin juga memiliki pantai yang begitu mempesona. Salah satunya Pantai Randusanga Indah,disini wisatawan bisa menikmati terbenamnya matahari terbit yang begitu eksotis.

  • Pantai Morosari – Demak

Pantai ini berbatasan langsung dengan kota Semarang,yang menarik dari pantai ini ialah adanya hutan mangrove dan makam Syah Mudzakir di tengah laut. Meskipun air laut sedang pasang,makam tersebut tidak tenggelam. Untuk bisa menyusurinya wisatawan bisa menyewa kapal/perahu nelayan

  • Pantai Kartini – Jepara

Kota yang merupakan kelahiran RA Kartini juga menawarkan potensi bahari selain kepulauan Karrimun Jawa. Ialah pantai Kartini yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Di pantai ini disediakan banyak wahana untuk anak-anak seperti Ocean Park dimana kolam raksasa berisi ikan laut dan 1 kolam ikan tawar yang bisa di sentuh (Touch Pool).

  • Pantai Pulang Panjang – Jepara

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Kartini,dibutuhkan waktu 10 menit dengan menaiki kapal wisata menuju Pulau Panjang. Di pantai ini terdapat hamparan pasir putih di bibir pantai dan hutan tropis di tengah-tengah Pulau Panjang.

  • Pantai Depok – Pekalongan

Bukan hanya batik saja yang harus diketahui. Kota Pekalongan juga memiliki pantai yang mirip seperti surga tersembunyi karena pantai ini belum seramai di bandingkan dengan pantai lainnya di pesisir pantai utara Pulau Jawa.

  • Pantai Jatimalang – Purworejo

Berada di jalur selatan Pulau Jawa,kota Purworejo juga mempunyai pantai yang menjadi wisata andalan kota Purworejo. Pantai Jatimalang juga tidak pernah sepi dari para wisatawan tiap musim libur atau akhir pekan.

  • Pantai Marina – Semarang

Berada di pesisir utara kota Semarang jangan lewatkan wisata andalan satu ini. Lokasinya yang hanya 2 jam dari pusat kota Semarang menjadikannya Pantai Marina sebagai destinasi wajib di kunjungi jika sedang berkunjung ke kota Semarang

  • Pantai Nampu – Wonogiri

Mendengar kota Wonogiri pasti sudah tidak asing lagi dengan waduk Gajah Mungkur yang begitu luas. Wonogiri juga menyiman pesona bahari yang sangat indah,ialah Pantai Nampu. Pantai tersebut sangat alami dengan hamparan pasir putih yang menawan. Pantai Nampu juga meyimpan keunikan yaitu adanya sumber mata air (tawar) di dekat tepi pantai.

  • Pantai Ayah – Kebumen

Biasa masyarakat menyebutnya dengan Pantai Logending. Panta ayah juga menjadi wisata bahari andalan Kabupaten Kebumen. Di Pantai ini ada sebuah jembatan di atas air sepanjang 540 meter yang di jadikan spot swafoto kekinian.

  • Pantai Suwuk – Kebumen

Selain Pantai Ayah di Kebumen,Kebumen juga mempunyai pantai yang tidak kalah eksotis dengan pantai lainnya,ialah Pantai Suwuk. Di pantai ini wisatawan akan di sungguhkan pemandangan perbukitan kapur yang begitu elok. Wisatawan juga menyisir perbukitan dari bibir pantai dengan berjalan kaki ataupun dengan menaiki kuda.

Sekarang waktunya berkemas dan menyusun itinenary,baik dari pesisir utara ataupun pesisir selatan Pulau Jawa. Destinasi wisata pantai di Jawa Tengah tidak boleh di lewatkan begitu saja.

Baca Juga : Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta

Setelah membahas wisata alam di provinsi Jawa Tengah,selanjutnya ialah membahas wisata paling instagrammble di Jawa Tengah yang paling sering di buru oleh wisatawan pecinta fotografi.

Ada banyak sekali Destinasi Wisata Di Jawa Tengah yang dijadikan background foto untuk di bagikan ke berbagai social media,diantaranya ;

  1. Candi Borobudur di Magelang
  2. Candi Prambanan di Klaten
  3. Batu Ratapan Angin Dieng Wonosobo
  4. Kebun Bunga Bandungan di Semarang
  5. Umbul Ponggok di Klaten
  6. Candi Cetho di Karang Anyar
  7. Puncak Gunung Prau Dieng di Wonosobo
  8. Puncak Sikunir Dieng di Bajarnegara
  9. Bantir Hills di Semarang
  10. Kota Lama di Semarang
  11. Lawang Sewu di Semarang
  12. Kampung Warna-Warni di Semarang
  13. Brown Canyon di Semarang
  14. Pantai Ayah di Kebumen

Dari sekian Destinasi Wisata Di Jawa Tengah yang begitu istagrammeble,mana yang pernah kalian kunjungi.

Sekarang saatnya membahas wisata religi yang ada di Jawa Tengah. Buat wisatawan beragama muslim pasti sudah tau sepak terjang penyebar agama Islam (Wali Songgo) di Pulau Jawa. Dengan berkunjung atau ziarah ke makam penyebar agama Islam tersebut bisa menambah keimanan dan pengetahuan bagaimana para tokoh tersebut melakukan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

  1. Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan sosok yang paling berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa terutama di Jawa Tengah. Lokasi makam Sunan Kalijaga berada di Kota Demak. Di sekitar komplek makam terdapat banyak situs peninggalan kerajaan Islam yang tentunya bisa menambah wawasan.

  1. Makam Sunan Kudus

Berada di kota Kudus,makam Sunan Kudus tidak pernah sepi dari para ziarah atau wisatawan. Makam tersebut menyatu dengan komplek masjid yang arsiteknya sangat khas. Menara masjid tersebut bentuknya mirip dengan aritektur candi umat Hindu.

  1. Makam Sunan Muria

Sunan Muria ialah anggota terakhir Wali Songgo yang di makamkan di Jawa Tengah.  Lokasi makam Sunan Muria termasuk unik,makam tersebut berada di puncak Gunung Muria di Jepara.

Selain berziarah ke 3 makam Sunan (Wali Songgo),ada beberapa Masjid di Jawa Tengah yang wajib di kunjungi. Masjid tersebut memiliki cerita sejarah amat panjang yang bertahan hingga sekarang.

  • Masjid Agung Kauman Semarang
  • Masjid Masjid Al Aqsa Menara Kudus
  • Masjid Agung Demak

Sementara untuk beragama Non Muslim,ada beberapa tempat keagamaan yang dijadikan sebagai tempat beribadah ataupun tempat wisata. Dengan arsitektur yang menawan pantas saja jika tidak pernah sepi dari para wisatawan.

  • Gereja Bledug Semarang untuk umat Kristen
  • Klenteng Sam Po Kong Semarang untuk umat keturunan Tiong Kok
  • Vihara Buddagaya Watugong Semarang untuk umat Budha
  • Pura Giri Natha Semarang untuk umat Hindu

Tempat tersebut selalu ramai dari dikujungi wisatawan dari berbagai suku,ras dan agama. Mereka senantiasa ikut menjaga dan melastarikan sejarah dan budaya leluhur mereka.

Satu lagi Destinasi Wisata Di Jawah Tengah yang lagi hits,wisata kreatif yang saat ini sedang ramai di bicarakan oleh para traveler. Wisata kreatif yang di maksud ialah Pasar Karetan yang berlokasi di Dusun Segrumung,Desa Mateseh Kecamatan Koja Kabupaten Kendal. Pasar unik ini bernuansa tradisional dan baru di resmikan akhir Oktober 2017 yang lalu. Menariknya,untuk jajan di pasar tersebut wisatawan di wajibkan menukar uang pecahan 2.500,5.000 – 10.000. Uang tersebut hanya berlaku di kawasan Pasar Karetan saja. Jika uang itu tidak habis,bisa di tukarkan kembali dengan uang asli (Rupiah). Sebuah konsep wisata yang begitu menarik. Selaian jajanan tradisional dan tempo dulu,para pedagang juga mengenakan pakaian khas tradisional Jawa. Bukan hanya konsep tradisional saja yang memanjakan pengunjung,disini juga menyediakan banyak spot foto dan panggung hiburan khas Jawa.

Baca Juga : Solo Backpacker Ke Semarang

Dari sekian banyak pesona Destinasi Wisata Di Jawa Tengah yang begitu mempesona. Pemerintah tingkat provinsi beserta tingkat kota/kabupeten di Jawa Tengah bekerja sama dengan para seniman,masyarakat,berbagai komunitas dan sponsor senantiasa mengadakan event atau festival yang sudah bertaraf internasional. Agenda tersebut tentunya mempromosikan sekaligus menargetkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang dan menyaksikannya secara langsung. Diantaranya :

  • Festival Grebeg Sudiro di Kota Solo

Perayaan Tahun Baru Imlek (8 Feb 2018 – 15 Feb 2018 )

Festival Grebeg adalah perayaan tahunan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek. Dari berbagai komunitas etnis China-Jawa berkumpul sambil merayakannya bersama di kawasan Pasar Gede Pecinaan Solo. Daerah tersebut akan menyala dengan ratusan lentera yang menghiasi sepanjang jalan Pecinaan Solo.

  • Perayaan Waisak 2018 di Candi Borobudur Magelang

Upacara adat dan ritual yang banyak mengundang turis lokal dan mancanegara (27 May 2018 – 29 May 2018)

Seluruh umat Budha dari pelosok negri akan berkumpul di Candi Borobudur dengan merayakan hari raya Waisak. Puncak ritual waisak diselengarakan pada tanggal 29 May dan di mulai di Vihara Githa. Kemudian para Bhakta di lanjutkan dengan Pradaksina atau ritual sembayang mengelilingi Candi Borobudur sebanyak 3 kali.

  • Cheng Ho Festival 2018 di Kota Semarang

Memperingati Perjalanan Laksamana Cheng Ho (29 Juli 2018 )

Pemerintah Jawa Tengah bekerja sama dengan para pemimpin Klenteng Tay Kak Sie guna menghidupkan kembali kenangan pelayaran Laksamana Cheng Ho dari China ke perairan Indonesia. Ribuan orang akan mengikuti parade budaya sejauh 6 km dengan membawa patung Laksamana Cheng Ho dengan diringi doa dan ritual.

  • Dieng Culture Festival 2018 di Banjarnegara

Budaya ritual mencukur rambut anak dewa (3 Agustus 2018 – 5 Agustus 2018)

Dieng Culture Festival merupakan agenda rutin tahunan dimana agenda tersebut sangat di nantikan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemerintah sendiri menargetkan dengan 100.000 wisatawan. Agenda tersebut menampilkan festival music Jazz di atas awan,pameraan seni dan budaya,ritual mencukur anak-anak berambut gimbal dan pelepasan ribuan lampion di puncak acara. Acara tersebut berpusat di komplek Candi Arjuna Dieng Kabupaten Banjarnegara. Yang unik dari acara tersebut ialah ritual mencukur anak-anak kecil berambut gimbal. Anak kecil yang berambut gimbal di dataran tinggi Dieng begitu unik. Menurut kepercayaan lokal,mereka di pilih oleh nenek moyang mereka. Upacara di mulai dari prosesi mengarak mereka mengelilingi desa dengan mengendarai kereta kuda tradisional Jawa. Selanjutnya,rambut yang telah di cukur akan di bawa ke danau dan terendam sebagai symbol mengembalikan rambut kembali ke nenek moyang mereka.

Itulah daftar event dan festival Destinasi Wisata di Jawa tengah diantara event dan festival lainnya yang sudah Go Internasional dan wajib untuk di kunjungi. Berdasarkan data Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Tengah,potensi wisata di 35 kota/kabupaten saat ini tercatat 417 lokasi yang terdiri dari 132 lokasi wisata alam,88 lokasi wisata budaya,105 wisata buatan,21 wisata minat khusus,dan wisata lain-lain sebanyak 71 lokasi.

Dari semua Destinasi Wisata Di Jawa Tengah,destinasi mana yang ingin sekali kamu kunjungi ???

 

 

 

Nb : Arikel ini di ikut sertakan dalam Writting Contest yang di selenggarakan oleh Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *