Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan

Disini saya akan mengulas tentang wisata umbul pongok,harga tiket masuk,lokasi Umbul Ponggok,rute dan alamat Umbul Ponggok dan masih banyak lagi yang akan saya ulas. Pasti bikin ngiler setelah membaca tulisan ini.

Hari ini adalah hari terakhir liburan saya solo traveling di Jogja dan saya memasukan Umbul Ponggok Klaten di itinerary terakhir saya. Nama tempat wisata ini buat saya agak terasa aneh lalu saya mencari tahu arti Umbul Ponggok,dalam KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika di artikan menurut KBBI : Umbul artinya Mata air dan Ponggok artinya buntung ekor; pokeng;kuntul:ayam. Jika di gabungkan berarti Umbul ponggok itu Mata Air Ekor Buntung. Nah loh….. kok gak nyambung ? Sepertinya saya salah mentafsirkan.

Saking penasarannya gara-gara liat postingan orang-orang pada selfie under water di tempat tersebut,membuat saya harus bisa berkunjung kesini. Setelah saya menceritakan itinerary selanjutnya kepada pemilik homestay. Malah pemilik homestay tidak tau kalau ada tempat wisata sekeren ini,padahal ia asli pribumi Klaten. Sambil saya perlihatkan beberapa foto dan video tentang Umbul Ponggok di Youtube,pemilik homestay makin penasaran dan menawarkan diri untuk mengantarkan saya kesana. Dengan berat hati saya katakan Okelah kalo begitu,jadi saya tidak usah pusing lagi untuk menyewa motor kesana.

“Ini moment tidak terduga lagi,serunya solo traveling itu selalu di pertemukan dengan orang-orang baik seperti mereka”

Jadi Pemilik homestay mengajak keluarganya istri,anak,beserta adiknya. Dengan dua motor saya berboncengan dengan adiknya semantara dia berbonceng dengan anak dan istrinya. Pas banget mereka asli orang Klaten,jadi saya bisa andalkan untuk menjadi petunjuk jalan menuju Umbul Ponggok,yaaah walaupun sebenarnya kita masih mengandalkan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar).

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten

Informasi Tentang Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok adalah wisata air tawar yang terletak di desa Ponggok Klaten Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan mata air yang biasa di manfaatkan sebagai pemandian dan snorkeling,kolom ini berukuran panjang 70 meter dan lebar 40 meter. Mata air terletak pada dasar kolam dan terus mengalirkan air sehingga kolam Umbul Ponggok kerap di gunakan sebagai lokasi foto bawah air (sumber : Wikipedia)

“Recommend banget untuk foto preweed under water”

Alamat Umbul Ponggok Klaten

Wisata air tawar Umbul Ponggok berada di desa Ponggok yang lokasinya lumayan jauh dari jalan raya. Untuk bisa sampai kesana saya sarankan membawa kendaraan pribadi atau jika sobat ingin dengan cara backpacker disarankan menyewa motor atau mobil,karena saya tidak melihat ada kendaraan umum yang lewat sini. Akses kesana juga cukup mudah karena sudah banyak petunjuk jalan untuk sampai lokasi.

“Jangan sampai salah ya sob,karena di Klaten ada banyak wisata mata air selain Umbul Ponggok”

Tiket Masuk Umbul Ponggok

Tiket masuk disini murah banget hanya 5000 orang dan parkir 2000 per motor. Lagi-lagi saya dapat keberuntungan,semua tiket masuk dan pakir di traktir oleh mereka. Sebenarnya gak enak sih ?? tapi apa boleh buat dan saya tidak bisa menolak. Dari rencana saya yang ingin mentraktir mereka karena sudah baik dan mau mengantarkan saya sampai Umbul Ponggok eh malah kebalikannya.

“Ya sudah gak apa-apa,next kalau mereka main ke Jakarta,saya akan traktir mereka berendam di sungai Ciliwung”

Baca Juga : Solo Traveling Ke Jogja

Di sini juga menyediakan peralatan snorkel untuk menyelam seharga 35K sepuasnya dengan jaminan KTP. Jujur saja kalau saya ini tidak bisa berenang tapi ngotot pengen kesini,dan ternyata apa yang saya takutkan terjadi. Saya kelabakan pas pertama nyemplung disini.

“Bikin malu aja,ngaku anak traveler tapi tidak bisa berenang…”

Semua malu saya terobati dengan air yang jernih,ikan yang warna-warni,property yang keren-keren,airnya juga dingin banget mungkin karena ini mata air kali ya,jadi terasa dingin syeeekkaallii. Biar rasa wibawa saya tidak hilang karena tidak bisa berenang lalu saya menyewa alat snorkel biar bisa seperti mereka.

“Liat anak kecil pada jago berenang masa saya cuma di pinggiran aja,padahal kan saya pakai pelampung”

Dan akhirnya saya di bantu oleh pemilik homestay demi mendapatkan foto underwater.

Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Menyelam aja di tuntun segala 🙂

Baru kali ini saya berenang di dampingi langsung,ini kolam loh bukan laut kenapa saya takut. Sumpah nyesel banget kenapa saya di takdirkan untuk saat ini tidak bisa berenang. Padahal saya pengen banget punya foto keren seperti ini yang saya ambil dari berbagai media social Instagram Umbul Ponggok

Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Naik Speed Boat Di Dalam Air
Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Merayakan Kelulusan Dalam Air
Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Camping Dalam Air
Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Jadi Astronot di Dalam Air
Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan
Pacaran Di Dalam Air

Bagaimana setelah melihat foto-foto diatas,pasti bikin iri dan segera angkat ransel untuk segara menuju lokasi Umbul Ponggok Klaten,itu yang saya rasakan ketika pas kali pertama melihat foto-foto pesona Umbul Ponggok Klaten yang menawan di berbagai media social. Banyak property disana seperti becak, motor, sepeda, gerobak, kursi dll. Kalau mau unik lagi sobat bisa membeli makanan ikan dan memberikannya langsung dari dalam air. Ikan-ikan disini juga berperilaku baik dan tidak berbahaya untuk pengunjung.

Fasilitas yang ada di Umbul Ponggok Klaten

Selain peralatan snorkel,pengelola juga menyewakan camera Under water seharga 60K untuk setengah jam dan 100K untuk satu jamnya. Jika sobat tidak mempunyai camera under water dan ingin punya foto under water yang badaaaayyyy,sobat bisa menyewanya. Di Umbul Ponggok juga menyediakan jasa pre weed Cuma saya gak tahu berapa tarifnya. Mushola,tempat ganti baju,cafeteria dll semua sudah tersaji lengkap di umbul Ponggok Klaten.

Umbul Ponggok Klaten
Gak berani ke tengah,tuh..liat aja keliatan ada tangga,tandanya cuma berani di pinggir 🙂

Liburan kali ini kurang berkesan buat saya dengan alasan saya tidak bisa berenang. Tapi saya terpukau dengan keindahan mata air tawar tersebut,bahkan kalau di banding-bandingkan mungkin Bhunaken kalah keren jika di bandingkan dengan Umbul Ponggok.

Baca Juga : Menikmati Air Mancur Teridah Se Asia Tenggara

Tips menyelam di Umbul Ponggok

  • Bisa berenang,jangan kaya saya
  • Bawa baju ganti
  • Kerokan dahulu buat yang suka masuk angin
  • Semakin ketengah menyelamnya semakin keren keindahanya
  • Waktu terbaik untuk datang kesini ialah pagi hari saat pengunjung masih sepi,kalau siang tahu sendiri !!!!! rameeeeee…
  • Bawa Camera Under Water atau Action Camera juga okeeehh
  • Sarapan dahulu sebelum melompat ke kolam
  • Bawa uang !!!
  • Dan yang utama jangan pipis di dalam kolam

 

Tidak kuat buat saya berlama-lama di kolam karena airnya yang sangat dingin,akhinya saya putuskan untuk mencoba cicipi kuliner di lokasi tersebut. Menu yang di hidangkan juga masih standart seperti menu tempat wisata pada umumnya seperti bakso, mie ayam, nasi goreng, aneka jenis gorengan dll untuk harganya juga masih standart.

Baca Juga : Ke Jogja dan Banyuwangi dengan Open trip

Menjelang sore saya putuskan untuk kembali ke terminal Giwangan Jogjakarta untuk kembali pulang ke Jakarta. Lagi-lagi keberuntungan berpihak pada saya,perjalanan saya kembali ke terminal Giwangan Jogjakarta di antarkan kembali oleh keluarga pemilik homestay. Padahal jarak dari umbul Ponggok Klaten ke terminal Giwangan lumayan jauh,tapi mereka rela mengantarkan saya hingga sampai terminal Giwangan. Mungkin saya tamu teristimewa kali yah. Next time saya akan mengajak teman-teman saya ke Umbul Ponggok Klaten untuk menyaksikannya sendiri,belum ada kolom mata air tawar seindah ini. Sobat juga harus meluangkan waktu untuk menyaksikannya sendiri,lebih keren mana Bhunaken atau kolom air tawar Umbul Ponggok.

17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *