Leuwi Tonjong, Wisata Garut Yang Lagi Hits

Garut yang terkenal dengan istilah Swiss Of Java memang tidak ada habisnya untuk di bicarakan, terutama tentang potensi wisatanya. Gunung dan Pantai hingga kuliner yang selalu menjadikan kota Garut sebagai tujuan para Travelers. Kali ini  admin akan memperkenalkan wisata yang lagi hits viral dan ramai di perbincangkan para travelers, wisata tersebut sedang populer dan masuk dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia 2018 dengan kategori surga tersembunyi. Penasaran kan ? Wisata tersebut ialah Leuwi Tonjong yang berlokasi di Cihurip Garut Jawa Barat.

Baca Juga : Trip Hemat Ke Pulau Tidung Hanya 150K Per Orang

Leuwi Tonjong sendiri merupakan aliran dari sungai Cihurip yang diapit dua tebing setinggi 90-210 m. Dalam bahasa Sunda Leuwi yang artinya sungai, Leuwi Tonjong sendiri merupakan aliran dari sungai Cihurip yang berlokasi di Kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut, Jawa Barat.

Yang Menarik Dari Leuwi Tonjong

Selain spot cantik untuk berfoto, di Leuwi Tonjong kamu juga bisa berenang bahkan bisa juga melakukan kegiatan aktivitas camping. Hijaunya tebing dan jernihnya air akan membuat kamu betah dan berlama-lama. Wisatawan yang datang pasti sudah tidak sabar untuk langsung berenang dan menikmati keindahan Luewi Tonjong.
Leuwi Tonjong Garut
Pemandangan Leuwi Tonjong @iki_andria

Baca Juga : Curug Cijeruk, Curug Tersembunyi Yang Jarang Di Jamah Manusia

Disana juga terdapat sebuah rakit yang bisa di manfaatkan untuk mengarungi sungai Cihurip. Mengarungi sungai dengan sebuah rakit yang terbuat dari bambu akan menciptakan pengalaman tersendiri. Musim terbaik untuk mengujungi Leuwi Tonjong adalah saat musim kemarau, dimana musim tersebut kita bisa melihat Jernih nya air yang tampak seperti kristal. Jika di musim hujan, debit air akan deras dan pemandangan yang di tawarkan jelas akan berbeda dengan di musim kemarau.

Leuwi Tonjong Garut
Berakit-rakit Ke Hulu, Berenang-renang Ke Tepian @thabetsilangit

Cara Menuju Leuwi Tonjong

untuk akses lumayan cukup sulit, tempatnya yang berada di daerah pedalaman atau pelosok yang jauh dari jalan raya dan jauh dari pusat kota Garut. Jika menggunakan transportasi umum, dari terminal Guntur naik ELF jurusan Cihurip. Sampai desa Cihurip bisa minta jasa ojek hingga sampai area parkir, dan di lanjutkan tracking selama 15-20 menit. Jika dengan kendaraan pribadi, silahkan ambil arah ke selatan menuju Pantai Pemeungpeuk.

Leuwi Tonjong Garut
Not All Those Who Wander Are Lost @gumilangagung

Baca Juga : Air Mancur Panas Abadi, Hanya Ada Satu Di Indonesia

Sekitar 2-3 jam akan ada gapura yang bertuliskan Kecamatan Cihurip. Di lanjutkan menuju Desa Jayamukti kurang lebih 1 jam. Akses menuju  Leuwi Tonjong lebih baik membawa kendaraan yang prima karena medan yang sulit dan berbatu.

Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Ada Di Leuwi Tonjong

Karena Leuwi Tonjong tergolong wisata baru, para pemuda setempat berusaha membuat berbagai macam fasilitas untuk memanjakan wisatawan. Seperti toilet, Mushola, parkir hingga selter untuk para pedagang. Sementara untuk hotel serta penginapan belum tersedia, untuk mensiasaatinya dengan cara camping dia area yang telah di sediakan. Harga tiket masuknya 15 ribu per orang.

Penduduk setempat bekerjasama dengan dinas pariwisata Kota Garut dalam mempromosikan dan menjadikan Leuwi Tanjong sebagai salah satu destinasi favorit. Jadi bagaimana ? tertarik untuk mengunjungi wisata yang masuk dalam kategori surga tersembunyi di penghargaan Ajang Pesona Indonesia 2018. Pastikan dalam setiap petualangan selalu menjaga kebersihan biar alam kita terus terjaga, salam lestari dari Leuwi Tanjong Garut.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *