Menikmati Air Mancur Panas Abadi Geyser Cisolok

Berendam di sumber air panas Geyser Cisolok bisa di jadikan sebagai pilihan tepat setelah seharian bermain di pantai sekitaran Sukabumi. Dengan begitu badan kembali bugar dan otak menjadi fresh di ibaratkan seperti bayi yang baru terlahir ke dunia. Gak percaya ? coba aja.

Geyser Cisolok
Air Mancur Panas

Ini adalah kelanjutan dari catatan perjalanan kita di Geopark Ciletuh. Yang belum membacanya silahkan Liburan Ke Geopark Ciletuh Yang Menyedihkan

Apa yang sobat ketahui dari kota Sukabumi selain Pantai Pelabuhan Ratu,Ujung Genteng atau yang sekarang lagi hits di kalangan traveler ialah Geopark Ciletuh. Eitsss tahan dulu,tempat-tempat tersebut memang sudah begitu familiar bukan. Baaay deee waaay apakah pernah mendengar Geyser Cisolok. Belllluuummm Bangg…!!! Berati kita sama donk. Saya juga tau tempat ini dari salah satu postingan orang no 1 kota Bandung yang sempat viral beberapa waktu yang lalu. Hingga pada akhirnya saya berkesempatan bersama partner trip kali ini  berkunjung ke Geyser Cisolok Sukabumi. Sekedar memenuhi hasrat rasa penasaran saya untuk melihat putri duyung air mancur panas yang keluar langsung dari perut bumi

“Ada penampakan putri duyung yang terdampar ngajoleprak manjah kata bang Ridwan Kamil”

ITU PUTRI DUYUNG BENERAN BUKAN BANG ??

Coba perhatikan seksama dari foto itu. Dimana-mana yang namanya putri duyung memakai peralatan snorkling biar lebih leluasa berenang di dalam laut. Ini kok tidak ada ? Sejak kapan bang,putri duyung menyelam di bantu pakai peralatan snorkeling ??? Kok jadi bahas ini,kita tunggu pernyataan dari bang Ridwan Kamil aja. Itu putri duyung atau ikan julung-julung.

Geyser Cisolok
Air Yang Bermuncratan Dari Perut Bumi

ITU YANG BERMUNCRATAN APAAN ??

Itu air mancur panas abadi !!! Salah satu air mancur panas di dunia dan satu-satunya di Indonesia. Menarik bukan,salah satu fenomena alam yang langka di dunia dan menurut ilmu Geologi,fenomena itu di sebut Geyser.  Geyser tersebut berada di Cisolok Sukabumi Jawa Barat.

Geyser Cisolok
Air Yang Mengalir Dari Atas Sungai

GEYSER ITU APAAAH ??

Saya kutip dari Wikipedia aja ya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Geyser adalah sejenis mata air yang menyembur secara periodic,mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Pembentukan Geyser bergantung kepada keadaan Hidrogeologi tertentu yang hanya terdapat di beberapa tempat di bumi,dan karena itu Geyser adalah fenomena yang jarang di temui.

TERUS ISTIMEWANYA APAAH ??

Selain melihat fenomena ajaib tersebut,sobat juga bisa mandi ataupun berenang di alam terbuka. Pihak pengelola juga menyediakan kolom renang khusus untuk memanjakan para pengunjung. Sumber air nya juga langsung di ambil dari sumber air panas tersebut.

Geyser Cisolok
Menikmati Uap Yang Keluar Langsung

Uniknya lagi,sumber air panas Geyser Cisolok letaknya di daerah pantai dan tidak berada di pegunungan seperti kebanyakan sumber air panas pada umumnya. Para pengunjung juga bisa melihat langsung sumber air yang menyembur ke atas dengan ketinggian rata-rata 2-3 meter dari celah bebatuan di tengah sungai selama 24 jam tanpa henti.

Geyser Cisolok
The Suad

Baca Juga : Solo Traveling Ke Joga

Air mancur panas tersebut keluar dari kerak bumi dimana tekanan dari dalam perut bumi sangatlah besar,sehingga menyebabkan air tanah bersuhu tinggi dan air panas tersebut menyembur keluar. Karena sumber mata airnya berasal dari Geyser,maka air panas ini tidak mengandung belerang. Tidak usah khawtir karena kandungan mineral yang tinggi,mampu meyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal atapun rematik.

“Hayoo yang korengan ngacuuunngg….!!!”

Disini ada tiga titik sumber air panas yang keluar dengan suhu berkisar 80 derajat celcius. Dilarang keras untuk memegang atau menyentuh air mancur panas tersebut kalau tidak mau tangan melepuh. Cukup berendam di aliran sungai saja atau bisa berendam/berenang di kolom yang sudah di sediakan.

Geyser Cisolok
Kita : Santai Kaya Di Pantai

TERUS LOKASINYA GEYSER CISOLOK DIMANA ???

Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 15 Km dari pantai Pelabuhan Ratu. Lokasinya pun sangat mudah di akses. Jika dari arah Pelabuhan Ratu ikuti jalan terus sampai di pertigaan Cisolok,setelah sampai di pertigaan Cisolok belok kanan. Lurus terus hingga ketemu papan petunjuk pemandian air panas Cisolok. Belok kiri ikuti jalan hingga sampi tiba di tujuan,kalau masih bingung bisa gunakan GPS.

TIKET MASUK GEYSER CISOLOK BERAPA BANG ???

Kemarin sih kita cuma di pinta membayar 30 ribu untuk satu kendaraan Mobil (retribusi) dan parkir 5000. Sementara untuk melihat fenemona tersebut kita tidak ada biaya tambahan. Pas kita berenang aja di kolom renang air panas yang disediakan pengelola kena biaya tambahan 2500 perorang. Mungkin jika sobat menggunkan motor,helf,bus otomatis harganya berebeda untuk retribusi.

“For Your Information : Sumber panas Geyser Cisolok masih satu kawasan yang di kelola oleh Goepark Ciletuh Sukabumi”

FASILITASNYA ADA APA AJA BANG ??

Tidak jauh berebeda dari tempat pemandian air panas pada umumnya. Sudah tersedia toilet,kamar ganti,parkir luas,mushola dan warung makan. Kalau mau rasakan sensasi berbeda,sobat bisa memakai jasa pijat khusus dari ahli terapi yang siap memanjakan para pegunjung. Biayanya pun tergantung negosiasi.

“Bukan pijat plus-plus ya…!!!”

 TIPS BERLIBUR DI AIR PANAS CISOLOK

  • Bawa handuk dan pakaian ganti
  • Perbanyak minum air putih,efeknya jika berlama-lama berendam di sini bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Jangan buang sampah sembarang

Baca Juga : Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menawan

Saya pun coba membandingkan beberapa Geyser di dunia yang saya cari di Instagram dengan hastag #Geyser.

Golden Circle tour in Iceland with #gotojoyiceland tours #geyser

A post shared by David Tomlinson (@david.tomlinson88) on

Dari ketiga video yang saya ambil dari Instagram dengan hastag #geyser. Geyser Cisolok lah yang paling menonjol. Tidak ada jeda henti,terus menyemburkan air selama 24 jam. Lalu kapan Geyser tersebut mengentikan aktivitasnya dengan tidak menyemburkan air lagi. Entahlan,mungkin hanya fenomen alam yang bisa menghentikannya. Mungkin juga ulah jahil manusia yang bisa merusak fenomena tersebut. Kita yang diberikan fenomena tersebut oleh sang kuasa harus bisa menjaga dan merawatnya.

“Tapi kok disana tidak ada yang berendam kaya kita-kita ya bang……”

Buat saya pribadi,melihat langsung fenomena air mancur panas tersebut merupakan sebuah moment langka yang jarang di temui. Kita sengaja memasukan wisata ini sebagai itinerary tambahan setelah seharian bermain di pantai,dengan begitu badan kembali fresh dan segar. Sayangnya lokasi pemandian air panas tersebut begitu memperihatinkan. Jangan di bandingkan dengan tempat pemandian air panas di daerah lain yang lebih maju. Tapi kalau punya tujuan untuk melihat sebuah fenomena langka,ini adalah pilihan yang terbaik.

Mungkin karena beberapa faktor yang menyebakan pemandian air panas Cisolok kurang begitu populer di bandingkan dengan wisata lain di Sukabumi. Semoga kedepannya pihak pengelola bisa lebih memperbaiki lagi atau menambah berbagai macam fasiltas tambahan untuk memanjakan pengunjung.

Baca Juga : Jatuh Cinta sama Bluefire Kawah Ijen

Jadi ingat salah satu fenomena alam yang hanya ada dua di dunia,dan satunya di Indonesia Bluefire Kawah Ijen Banyuwangi. Kawah Ijen sudah begitu popular bahkan sudah mendunia. Banyak turis yang sudah menyaksikan langsung fenomena tersebut. Semoga saja fenomena langka yang hanya satu-satunya di Indonesia seperti Geyser Cisolok bisa mengejar kepopuleran Bluefire Kawah Ijen.

Bagaimana,apakah tertarik untuk berendam di air mancur panas abadi Geyser Cisolok.

27 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *