Catatan Perjalanan – Pendakian Gunung Gede Pangrango Karena Rindu

Pendakian Gunung Gede Pangrango atau TNGGP adalah salah satu gunung terfavorit di Jawa Barat. Pada umumnya mereka yang mendaki Gunung Gede Pangrango ialah mereka para pendaki yang sudah berkali-kali mendaki gunung tersebut. Entah sudah berapa kali ? Yang jelas mendaki gunung tersebut menyimpan kerinduan yang amat mendalam. Apalagi Gunung Gede Pangrango lokasinya dekat dari ibukota dan mudah di akses.

PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO HARUS BOKING TERLEBIH DAHULU

Sudah banyak yang mengulas tentang Pendakian Gunung Gede Pangrango. Mulai dari rute,transportasi menuju ataupun cara boking Online. Yang perlu wajib di ketahui, mendaki Gunung Gede Pangrango harus boking terlebih dahulu minimal 2 minggu sebelum hari H dengan berbagai macam persyaratan. Itupun jika kuota Pendakian masih tersisa, biasanya saat musim liburan tiba. Pendakian Gunung Gede Pangrango selalu full boking dari 2 jalur favorit seperti jalur Putri dan Cibodas. 1 jalur lagi bernama Salabintana, namun jalur tersebut sepi peminat di karenakan banyak yang bilang jalur Salabintana masih liar,lembab dan jarang di jamah manusia.

Untuk informasi dan boking Pendakian Gunung Gede Pangrango KLIK DISINI

BANYAK JUGA YANG MELAKUKAN PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO VIA CALO

Calo yang di maksud ialah warga atau masyarakat yang siap membantu para pendaki jika kuota Pendakian Gunung Gede Pangrango penuh. Syaratnya juga mudah, hanya dengan membawa foto copy KTP dan  tarifnya sendiri tergantung negosiasi. Selain membantu mengurus izin pendakian, pihak calo juga menawarkan jasa porter dan pemandu.

Baca Juga : Mau Ke Suku Pedalaman Baduy !!! Baca Dulu

Calo tersebut banyak yang mengaku sebagai  petugas TNGGP. Benar atau tidaknya kita percaya saja, karena berkat jasa mereka para pendaki bisa dengan mudah mengurus surat izin Pendakian Gunung Gede Pangrango tanpa harus ribet. Dengan demikian para pendaki juga ikut membantu perekonomian mereka.

Mereka para calo bisa sangat mudah di temui. Mereka biasa stand by di warung warung makan sebelum pintu masuk Pendakian Gunung Gede Pangrango jalur Cibodas. Namun cara tersebut tidak di anjurkan, lebih baik boking resmi dengan petugasnya langsung. Terkecuali jika kepepet karena kehabisan kuota. Kuotanya sendiri maksimal 500 orang per hari. Itu pun di bagi dengan 3 jalur resmi. 200 untuk jalur Putri, 200 untuk jalur Cibodas dan 100 untuk jalur Salabintana.

CATATAN PERJALANAN – PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO KARENA RINDU

Siapapun yang pernah mendaki Gunung Gede Pangrango pastilah rindu untuk mendakinya lagi. Apapun alasannya yang jelas gunung ini tak akan pernah bosan untuk dicumbu. Pada Pendakian kali ini,saya memilih jalur Putri ketimbang Cibodas dan Salabintana. Jalur Putri adalah jalur tersingkat dengan estimasi waktu normal 6 jam. Meskipun singkat, track yang di tawarkan via Putri berupa tanjakan yang tidak ada bonusnya.
Pendakian Gunung Gede Pangrango
Peluk Aku Jangan Kau Lepaskan !!!

Jika ingin mengejar waktu, pilihlan jalur via Putri. Jika ingin berwisata terlebih dahulu, pilihlan jalur via Cibodas. Bisa juga naik Putri turun Cibodas, atau mau sebaliknya naik Cibodas turun Putri. Jika punya nyali besar dan suka tantangan, pilihlah jalur via Salabintana.

PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO VIA PUTRI BANYAK WARUNG JAJANAN

Jaman sekarang, yang namanya mendaki tak perlu ribet membawa logistik yang banyak terutama urusan makanan. Cukup membawa dompet yang tebal, karena jaman sekarang. Gunung-gunung favorit di pulau Jawa banyak sekali warung-warung jajanan yang siap menjamu para pendaki.

Pada Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Putri, ada saja warung jajanan di setiap posnya. Bahkan hadirnya warung tersebut sampai di persimpangan Alun-Alun Surya Kencana. Saya menyebutnya ini sebagai warung tertinggi di Pulau Jawa yang pernah saya temui.

Pendakian Gunung Gede Pangrango
Disamping Warung !!

Memang hadirnya mereka sangat membantu para pendaki, terutama para pendaki yang minim logistik dan malas memasak. Para pendaki juga ikut membantu perekonomian mereka. Namun, jika di lihat dari sisi berbeda. Hadirnya mereka sangat mengganggu terutama buat pendaki yang benar-benar ingin merasakan alam yang benar benar alam. Bukan gunung yang di penuhi para pedagang. Kita ambil positifnya saja.

PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO VIA PUTRI, ALUN-ALUN SURYA KENCANA SELALU  MENJADI PRIMADONA
Salah satu keunggulan dan di incar para pendaki via Putri ialah Alun-alun Surya Kencana. Alun-alun Surya Kencana selalu menjadi spot primadona. Sebelum sumit Attack ke puncak Gunung Gede. Mereka para pendaki pada umumnya menjadikan tempat tersebut untuk ngecamp.
Pendakian Gunung Gede Pangrango
Sejauh Mata Memandang….

Menurut sejarah, Alun-alun Surya Kencana dahulu merupakan tempat kerajaan. Banyak juga pendaki yang sering mendengar suara kaki kuda. Menurut mitologi penduduk sekitar, suara tersebut menandakan Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun tersebut di kawal prajuritnya namun tidak terlihat wujudnya.

Pangeran Surya Kencana merupakan nama seorang Pangeran Aria Wiratanudatar pendiri kota Cianjur yang beristri putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra, yakni Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi. Adapun kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana.

Baca Juga : Pengalaman Pait, Tersesat & Kesurupan Di Surya Kencana

Petilasan singgasana Pengeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun dan disebut Batu Dongdang. Sumber air di tengah alun-alun dipercaya dulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi.

Pendakian Gunung Gede Pangrango
Team Pemburu Sunrise….

Dalam hutan yang mengitari alun-alun Suraya Kencana ini terdapat sebuah situs kuburan kuno yang konon dipercaya sebagai tempat bersemanyam Prabu Siliwangi.

Meskipun menyimpan cerita mistis, Alun-alun Surya Kecana tidak pernah sepi dan selalu menjadi primadona. Alasan utamanya ialah hamparan savana atau padang bunga Edelweis yang bertebaran dimana-mana. Tak heran, jika Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Putri banyak yang mengincar untuk ngecamp di Alun-alun Surya Kencana.
NGECAMP DI ALUN-ALUN SURYA KENCANA, PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO JADI MALAM YANG INDAH
Melewati malam dengan ngecap di alun-alun Surya Kencana akan jadi malam yang terindah. Kenapa ? Kita bisa melihat kerlap-kerlip dengan jelas penampakan bintang di langit. Pas sekali, kedatangan saya dan rombongan waktu itu cuaca lagi bagus-bagusnya.
Pendakian Gunung Gede Pangrango
Indahnya Kebersamaan…

Sambil menunggu pagi dini hari untuk mengejar sunrise,kita lewati malam dengan penuh rasa kenikmatan dan rasa syukur akan keindahan yang telah di berikan.

SUMMIT ATTACK, PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO DARI SURYA KENCANA KE PUNCAK GEDE
Selain malam yang indah dan hamparan bunga Edelweiss yang menjadi bonus pemandangan menakjubkan. Berburu sunrise di puncak Gunung Gede juga menjadi target para pendaki. Biasanya dimulai jam 3 pagi untuk menuju puncak. Bukan hanya sunrise, di puncak Gunung Gede bisa juga melihat dengan jelas kota Bogor, Cianjur bahkan kota Jakarta jika cuaca sedang cerah.
Pendakian Gunung Gede Pangrango
Sunrise Via Gunung Gede !!

Sementara sebelah selatan tampak gagah berdiri Gunung Pangrango. Tenda-tenda yang berdiri di alun-alun Surya Kencana juga kelihatan dari puncak Gunung Gede.

WAKTU TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO
Yang perlu di ketahui, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional yang wajib di lindungi dan di lestarikan. TNGGP juga sering di jadikan tempat penelitian oleh para peneliti baik dari luar maupun dalam negri. Banyak sekali hewan dan tumbuhan langka yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jangan heran jika Pendakian Gunung Gede Pangrango sering buka tutup demi menjadi kelestarian ekosistem. Kecuali wisata untuk air terjun yang berada di jalur Cibodas. Wisata tersebut selalu di buka untuk wisatawan.

Baca Juga : Catatan Perjalanan, Di Terjang Badai Pasir Di Puncak Gunung Prau

Waktu terbaik untuk Pendakian Gunung Gede Pangrango ialah di bulan April hingga Juli. Pada waktu tersebut, kita bisa melihat bunga Edelweiss saat lagi mekar-mekarnya.

TIPS UNTUK PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO
Segala peraturan yang di berikan oleh petugas TNGGP wajib di patuhi. Seperti dilarang membawa barang yang bersifat kimia, contohnya : Sabun,odol,sampo dan zat terlarang seperti obat-obatan terlarang dan minuman keras.
Dilarang keras memetik atau merusak segala jenis pepohonan terutama bunga Edelweiss. Akan ada sangsi yang di berikan jika tertangkap melakukan hal tersebut. Termasuk wajib membawa kembali sampah dari logistik yang di bawa.
Pendakian Gunung Gede Pangrango
The All Team

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sangat ketat, para pendaki akan di cek kembali saat mendaki atau turun. Pengecekan tersebut di lakukan  di Pos Gede Pangrango Operation (GPO) baik jalur Putri, Cibodas maupun Salabintana. Jadi jangan sesekali melanggar peraturan yang telah di tetapkan.

Sepulang dari Pendakian Gunung Gede Pangrango pasti rindu untuk kembali lagi. Mungkin nanti akan mengajak anak dan istri untuk bisa melihat kembali taman Edelweis seindah ini.
19 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *