Camping di pulau tidung ala backpacker

Camping di pulau tidung kecil kepulauan seribu ialah cara terbaik yang Ingin merasakan sesuatu yang berbeda ketika memilih liburan di pantai. Banyak sekali provider agen tour and travel yang melayani paket open trip di berbagai pulau di kepulauan seribu dan harganya pun bersaing,tentunya itu tidak cocok buat yang memiliki budget tipis terutama buat anak Backpacker. Bicara budget yang terbatas tentunya akan kebingungan menghilangkan rasa penasaran akan keindahan berbagai pulau di kepulauan seribu. Tapi jangan kawatir ? masih ada banyak cara yang bisa di lakukan liburan di Kepulauan Seribu tanpa menggunakan jasa Provider agen perjalanan Tour & Travel. Yaitu dengan cara camping di Pulau Tidung ala Backpacker,kerena Pulau Tidung merupaka salah satu pulau yang paling favorit di antara pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Pintu masuk Menuju P.Tidung Kecil

Jika selama ini acara liburan selalu menggunakan jasa Tour & travel,tidak ada salahnya untuk mencoba ala Backpacker dengan camping di pulau Tidung dengan modal hanya -150K untuk 2 hari 1 malam. Sebelum merivew tips camping di pulau tidung hanya modal 150K ada baiknya kita mengetahui dahulu informasi tentang pulau Tidung. Pulau Tidung ini terbagi dua yaitu,Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil yang di hubungkan dengan jembatan panjang yang dinamakan jembatan cinta oleh penduduk sekitar. Perbedaanya jika di Pulau Tidung Besar dijadikan tempat tinggal penduduk,hotel,homestay dan fasilitas lainya seperti Sekolahan setingkat SMU,kantor Polisi dan sarana lainya. Sedangkan untuk Pulau Tidung kecil ialah pulau tidak berpenduduk dan merupakan kawasan pengembangbiakan hutan mangrove,di lokasi ini lah pulau Tidung Kecil yang di jadikan spot tempat camping.

Jembatan Cinta

My Team

Untuk bisa merasakan camping di pulau Tidung kecil ala Backpacker,kita harus membawa peralatan camping seperti tenda,matras,senter dan lain-lain. Lalu bagaimana jika tidak membawa peralatan camping atau tidak punya tapi tetap ingin merasakan camping di pulau Tidung kecil. Dari pengalaman penulis pribadi tidak melihat ada jasa rental penyewaan tenda. Mungkin kalian bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau petugas penjaga pos di pintu masuk pulau Tidung kecil.

Syarat untuk bisa camping di pulau Tidung kecil ialah hanya menyerahkan 1 KTP per kelompok,mengisi daftar tamu dan mematuhi segala peraturan peraturan yang di tetapkan. Peraturan-peraturannya pun sama seperti tempat pada umumnya ialah,dilarang membawa minuman keras,berbuat asusila,merusak konservasi dll.

Berapa biaya yang di keluarkan untuk bisa camping di pulau Tidung kecil,pengalaman pribadi penulis sendiri tidak ada biaya yang di tetapkan kita hanya memberikan uang sukarela kepada petugas,jadi kita memberikan uang seihklasnya. Terjangkau bukan,cocok banget buat anak Backpacker.

camping ceria

Fasilitas disini juga jangan khawatir,disini sudah tersedia mushola,MCK,tempat cas Hp dan warung,tidak ada Alfma** dan indo** yaah disni. Untuk waktu camping di pulau Tidung kecil juga bebas tidak di batasin waktu,yang penting kita izin chek-in dan chek-out kepada petugas penjaga.

Tips buat yang mau camping di pulau tidung,bawa lotion anti nyamuk,sunblock dan usahakan bawa makanan dari luar. Persiapkan perbekelan atau makanan dari luar karena jika membeli makanan disini harganya tergolong mahal.

Total biaya

  • Penyeberangan dari Dermaga Kali Adem menuju Pulau Tidung PP 90K
  • Biaya ferron 4K
  • Penitipan motor di Dermaga kali adem 25k
  • Biaya suka rela seihklasnya camping di Pulau Tidung kecil 15K
  • jika di totalkan 135K

Rincian biaya diatas ialah buat kamu yang mengedarai kendaraan roda 2

PENTING !!!! Ketika kamu pertama tiba di Pulau Tidung,usahakan langsung mencari tiket pulang untuk keesokan harinya jangan sampai kamu tidak kebagian tiket pulang terutama saat musim liburan tiba,karena kapal yang kembali menuju dermaga Kali adem terbatas. Semoga artikel ini bermanfaat.