Catatan Perjalanan! Camping Cantik Di Taman Wisata Alam Posong, Bonusnya Golden Sunrise

Taman Wisata Alam Posong

Hai Camper’s!!! Aku punya rekomendasi tempat unik dan keren yang bisa dijadikan sebagai tempat camping cantik, tempat tersebut bernuansa romantis dan eksotis. Dijamin siapa pun yang mencoba bermalam di alam bebas seperti ini bakal nagih. Ditambah suhu udaranya masih segar dan alami, pemandangannya juga menakjubkan. Mirip seperti negri di atas awan, lokasinya tepat berada di kaki Gunung Sindoro.

Gunung Sindoro dengan tinggi 3.150 mdpl memiliki lembah yang wajib di kunjungi. Lembah tersebut bernama Taman Wisata Alam Posong yang berlokasi di Tlahap, Temanggung, Jawa Tengah. Taman wisata alam sangat unik, karena dikelilingi perkebunan tembakau dan ladang kopi dengan citra rasa yang sudah terkenal. Menurut pengakuan warga, dulunya belum sepopuler seperti sekarang. Semenjak dikelola swasta, taman wisata alam ini mulai dikenal dan bahkan bisa disandingkan dengan dataran tinggi Dieng. Berikut ulasan dan catatan perjalanan Camping Cantik di Taman Wisata Alam Posong, bonusnya Sunrise yang memukau.

Perjalanan MenujunTaman Wisata Alam Posong, Start Dari Bogor Menuju Mendolo Wonosobo

Taman Wisata Alam Posong
Terminal Mendolo (Dok : @rumilagi)

Memilih start dari Bogor karena pada waktu itu tiket bus sulit untuk didapat jika dari Jakarta. Maklum berangkat H+1 lebaran, jadi masih musim arus mudik lebaran. Harga tiket juga naik tapi masih bisa terjangkau dengan kondisi dompet yang masih full sisa THR. Bogor – Wonosobo  seharga 175K, itu pun kebagian bus dadakan Pariwisata. Keinginan naik Rosalia atau Pahala Kencana, apalah daya hanya ini yang tersisa. Intinya yang penting sampai lokasi dengan selamat.

Berangkat jam 6 sore dengan kondisi jalan lumayan padat, akhirnya jam 5 pagi sampai juga di terminal Mendolo Wonosobo. Oia, pada perjalanan kali ini ditemani 3 orang partner. Ketiga orang tersebut berasal dari Purwokerto dan Bengkulu. Masing-masing tidak saling kenal, kenal hanya sebatas di sosmed, janjian, buat acara dan trip bareng menuju Taman Wisata Alam Posong.

Baca Juga : Sendirian Camping Di Telaga Cebong

Sebelum Menuju Taman Wisata Alam Posong, Cari Tiket Pulang Dulu Untuk Keseokan Harinya

Taman Wisata Alam Posong
Ladang Tembakau (Dok : @rumilagi)

Dari terminal Mendolo tidak langsung menuju lokasi, tapi menunggu agen bus PO Sinar Jaya buka dan menunggu partner yang datang dari Purwokerto. Sekedar informasi, jika Backpacker ke suatu kota dengan moda transportasi bus umum. Usahakan pesan tiket terlebih dahulu untuk pulangnya. Jangan sampai bingung tidak kebagian tiket pulang, apalagi jika musim lebaran. 

Terminal Mendolo merupakan terminal transit para pendaki. Disini, banyak dijumpai para pendaki dari berbagai daerah, umumnya mereka akan mendaki gunung Prau di Dieng, Sumbing dan Sindoro di Temanggung.

Tiket pulang sudah ditangan, partner dari Purwokerto juga sudah datang. Jam 9 pagi langsung menuju Taman Wisata Alam Posong. Untuk sampai lokasi, menyambung bus kecil Wonosobo – Magelang dengan tarif 15K per orang. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 1 jam lamanya.

Menuju Taman Wisata Alam Posong, Dilanjutkan Dengan Naik Ojek

Taman Wisata Alam Posong
Tiket Masuk (Dok : @rumilagi)

Selama perjalanan, membandingkan kontur perbedaaan antara Wonosobo dengan Temanggung. Meskipun sama berada di kaki gunung, di Wonosobo arah Dieng akan dengan mudah melihat ladang perkebunan kentang dan carica. Kebalikannya dengan Temanggung, disini banyak sekali di jumpai ladang tembakau dan kopi. Pantas jika banyak yang bilang? Temanggung salah satu kota penghasil tembakau dan kopi terbaik di Indonesia. Aku pun penasaran dengan rasa kopi tersebut.

Sesampainya di gang menuju lokasi, langsung di serbu para tukang ojek. Jarak dari jalan raya menuju lokasi kurang lebih 3 kilo. Lumayan jauh jika jalan kaki, akhirnya kita naik ojek dengan tarif 15K per orang. Tracknya menanjak dengan jalan bebatuan, harap hati-hati jika kondisi sedang hujan. Jalannya juga sempit, hanya bisa memuat 1 jalur untuk mobil saja. Jam 10 siang, sampai juga di Taman Wisata Alam Posong.

Baca Juga : Catatan Perjalanan, Camping Di Bukit Kosakora Gunung Kidul Jogjakarta

Taman Wisata Alam Posong Terbagi 2 Bagian, Atas Dan Bawah
Taman Wisata Alam Posong
Bunga Yang Mengelilingi (Dok : @rumilagi)

Taman wisata alam ini ternyata terbagi dua, atas dan bawah. Perbedaannya hanya fasilitas dan pembangunannya saja. Jika yang atas sudah dikelola swasta, sementara yang bawah masih dikelola para pemuda setempat. Tiket masuknya 10K per orang untuk yang dibawah. Jika ingin ke atas, bayar lagi 15K per orang. Tentunya dengan banyak fasilitas dan spot foto yang lebih banyak dan beragam.

Selain itu, harga makanan jelas terasa bedanya. Dibawah masih murah, sedangkan di atas sudah lumayan mahal. Jika kamu mau ke Taman Wisata Alam Posong atas, siapkan perbekalan dari bawah. Sementara untuk camping, aku tidak melihat ada spot camping di bawah. Sedangkan untuk toilet, siapkan receh 2000 rupiah. Toiletnya tidak gratis tapi sangat bersih dan terjaga. Bayangkan jika kamu 10 x bulak balik ke toilet, berapa banyak biaya yang keluar hanya untuk toilet.

Bermalam Di Taman Wisata Alam Posong, Aku Pikir Hanya Camping Cantik, Melainkan Glamping Cantik

Saat reservasi ada beberapa paket camping yang ditawarkan. Paketnya berupa tenda, kasur, sleeping bag dan makan. Membayangkan!!! biasa camping dengan tenda gunung pada umumnya. Kali ini aku dapat tenda besar layaknya seperti paket Glamping (Glamour Camping). Semua di luar ekspektasiku, semua fasilitas dan kenyamanan benar-benar no 1 untuk para penggunjung.

Sayangnya pengunjung tidak diperkenankan membawa peralatan camping sendiri. Semua sudah dipersiapkan pengelola, tinggal boking, bayar dan bobo cantik. Menurut informasi yang aku dapatkan dari petugas piket. Siapa cepat dia dapat, jika beruntung bisa dapat tenda yang seperti aku pakai.

Sementara untuk penerangan sudah disediakan Genset, jadi tak perlu khawatir masalah penerangan. Begitupun jika lapar atau ingin dibuatkan kopi, tinggal bilang sama petugas piket. Pokoknya 1 area Taman Wisata Alam Posong serasa sudah milik pribadi, karena tidak ada pengunjung lain yang boleh masuk selain pengunjung camping.

Melewati Malam Di Taman Wisata Alam Posong, Romantis Dan Eksostis
Taman Wisata Alam Posong
Malam Yang Cantik (Dok : @yonasadityadarmawan

Siapa yang tidak mau melewati malam penuh bertabur bintang, disini saat cuaca cerah suasana terasa jadi romantis dan eksostis. Karena lokasinya berada di sisi lembah, city light kota Temanggung pun terlihat sangat indah. Meskipun suhu udaranya sangat dingin, melewati malam di Taman Wisata Alam Posong terasa bermalam di negri dongeng.

Agenda Utama, Menantikan Matahari Terbit Dari Taman Wisata Alam Posong

Detik-detik moment indah dan romantis kita nantikan, para peserta camping dari tenda lain juga sudah pada keluar dari tendanya. Begitupun gerbang utama sudah dibuka. Pengunjung dari luar sudah dipersilakan masuk. Apalagi yang dinanti selain munculnya Golden Sunrise Taman Wisata Alam Posong.

Dari sini, terlihat 7 gunung yang berjajar, yaitu Gunung Sumbing. Merbabu, Merapi, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Muria dengan latar belakang langit biru yang cerah dan perkebunan tembakau serta kopi yang menghampar luas. Memang keindahannya tidak secantik dengan penampakan matahari terbit dari Bukit Sikunir. Namun bagi siapa saja yang menyaksikannya, membuat mata terpana dan terhanyut. Keindahan dan nikmat Tuhan mana lagi yang mau didustakan. Taman Wisata Alam Posong, sisi lain menikmati matahari terbit dari dataran tinggi Temanggung.

Fasilitas, Tiket Masuk Dan Boking Camping Di Taman Wisata Alam Posong
Taman Wisata Alam Posong
Foto Ala-ala (Dok : @chinchinttya

Fasilitasnya sangat lengkap, toilet, mushola, kantin dan area parkir. Tapi sayangnya kantin tidak buka selama 24 jam. Untuk paket camping Taman Wisata Alam Posong, silahkan klik DISINI. FYI : Taman Wisata Alam ini hanya buka jam operasional dari jam 5 pagi – 5 sore. Sementara untuk camping dibuka 24 jam.

Baca Juga : Camping Di Pulau Tidung, Ala Backpacker

Alamat Dan Rute Menuju Taman Wisata Alam Posong
Taman Wisata Alam Posong
Menantikan Sunrise (Dok : Yulia)

Lokasi wisata alam Posong Temenggung Jawa Tengah ini berada di desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Dari pusat kota, lokasi tersebut berjarak sekitar 26km dan menghabiskan waktu lebih dari 1 jam.

Jika dari Semarang, langsung saja arahkan kendaraan menuju ke Magelang. Ambil ke arah kiri di perpatan Secang. Lanjutkan perjalanan sampai ke kecamatan Parakan dengan mencari pasar legi Parakan setelah sampai di alun-alun Temanggung. Setelah itu lanjutkan saja terus karena jalan bakal menanjak hingga sampai di Kecamatan Kledung.


Dari arah Jogja ambil rute Yogyakarta Semarang melewati Magelang. Dan setelah sampai perempatan Sacang sebelum Magelang, ambil kiri dan ikuti petunjuk sama seperti di atas, sampai bertemu alun-alun Temanggung dan pasar Parakan untuk menuju kecamatan Kledung.

Total cost
  • Bogor – Wonosobo 380K PP
  • Mendolo – Posong 30K PP
  • Ojek PP 30K
  • Paket Camping 30K
  • Total : 545K belum termasuk makan dan oleh-oleh

Jadi bagaimana? Tertarik mencoba camping cantik di Taman Wisata Alam Posong, Boking dan Reservasi terlebih dahulu ya!











Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *