Catatan Perjalanan, Camping Di Bukit Kosakora Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Jogja lagi Jogja lagi, ya begitulah memang jika berkunjung ke kota satu ini. Tak pernah ada kata bosan untuk menjamah tiap sudut wisata kota Jogja. Di jamin ? siapapun yang pernah menginjakan kaki di kota ini pasti akan rindu untuk menaklukannya kembali. Begitupun dengan saya yang selalu rindu dengan ramah tamah warga lokalnya.

Namun pada edisi trip kali ini, mencoba untuk melakukan ritual berbeda. Berbeda dengan seperti biasanya, yaitu camping di pantai Gunung Kidul dan memilih Puncak Bukit Kosakora sebagai lokasi camping. Katanya? tempat tersebut merupakan spot terbaik menikmati sunset dari atas bukit. Bahkan saat akhir pekan dan libur panjang ataupun libur tahun baru. Puncak Bukit Kosakora selalu di penuhi para pecinta camping.

For Your Information : Puncak Kosakora ialah sebuah bukit setinggi 50 meter yang berlokasi di sebelah Pantai Ngrumput. Puncak Kosakora terkenal karena sering di jadikan spot camping dengan bonus pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan.

Bukan Hanya Camping Di Bukit Kosakora. Explore Wisata Kota Jogja Juga Masuk Itinerary

Itinerary sudah di buat dengan matang, bukan hanya Puncak Bukit Kosakora saja. Tetapi beberapa wisata di kota Jogja menjadi target yang akan di explore. Perjalanan dimulai dari kostan di Bogor dan di temani partner trip baru. Hanya berdua saja layaknya seperti orang yang sedang berbulan madu. Dengan membawa tenda mesra dan modal secukupnya. Eeeiittsss jangan pikir yang aneh-aneh, perjalanan dimulai ala Backpacker dengan Bus umum.

Camping Bukit Kosakora
Pemandangan Dari Bukit Kosakora Dok : Pribadi

Rencananya mengambil rute Bogor -Terminal Wonosari karena alasannya lebih dekat dengan Pantai di Gunung Kidul.  Namun setelah riset sana sini dan curhat di berbagi forum grup Backpacker tidak menemukan titik terang. Maksudnya saya sedang mencari informasi tentang jasa rental motor di area Wonosari. Tetapi tidak menemukan dan di sarankan untuk menyewanya di Jogja kota.

Camping Di Bukit Kosakora
Menantikan Sunset Dok : Pribadi

Hingga akhirnya mencari rental motor di area Jogja terutama yang bisa free delivery ke Terminal Giwangan. Setelah dapat jasa rental motor yang bisa antar ke lokasi, lalu memutuskan untuk ubah haluan menjadi Bogor – Terminal Giwangan. Motor tersebut akan digunakan untuk mempermudah menuju Puncak Bukit Kosakora.

Camping Di Bukit Kosakora
Menikmati Sore Dok : Probadi

Jam 14.30 Bus menuju Terminal Giwangan dan Tepat jam 7 pagi, sampai juga di lokasi. Itinerary selanjutnya ialah istirahat sambil mencari tiket pulang untuk hari esok. Sayangnya kita mendapatkan tiket pulang jam 14.30, mau tidak mau beberapa itinerary yang telah di susun harus di ubah. Padahal jika mendapatkan tiket jam 5 sore, bisa leluasa untuk mengeksplore WISATA JOGJA. Malioboro ataupun mampir ke alun-alun Keraton sambil berburu oleh-oleh dengan menaiki TransJogja.

Baca Juga : Cobain !!! Solo Traveling Ke Jogja

Alasannya jika kembali ke Bogor sore hari, akan ada waktu banyak tersisa. Hingga akhirnya Itinerary yang telah disusun harus di rubah. Setelah tiket pulang esok hari di tangan, langsung menghubungi pihak agen rental motor agar langsung mengantarkan motor yang akan disewa. Kita menyewanya dengan tarif 85 ribu selama 24 jam.

Perjalanan Menuju Bukit Kosakora

Beruntung di era digital saat ini semua bisa dengan mudah di akses. Perjalanan menuju lokasi mengandalkan Google Maps meskipun sedikit drama tersesat. Kurang lebih waktu yang di tempuh dari Terminal Giwangan sampai lokasi hanya 1 jam 30 menit. Kondisi jalan sangat mulus dan banyak tanjakan serta tikungan tajam layaknya jalan di pegunungan. Hijaunya perbukitan menjadi pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Sepanjang jalan banyak wisata yang di lalui seperti Bukit Bintang dan Goa Pindul. Sementara arah pantai banyak pantai yang di lewati seperti Kukup, Baron, Drini dan masih banyak lagi. Saya kira, pemandangan yang di tawarkan mirip seperti kondisi di jalur Geopark Ciletuh Sukabumi. Namun dugaan salah dan jelas sangat berbeda. Meskipun sama-sama di sebut Geopark, pesona keindahan Geopark Gunung Kidul tak kalah indah dengan pesona kecantikan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Camping Di Bukit Kosakora, Spot Terbaik Menikmati Sunset

Layaknya seperti bukit milik sendiri tidak ada yang lain selain kita. Yah, kedatangan pada waktu itu bukan bertepatan saat weekend. Beruntung sekali bisa mendapatkan moment seperti ini. Cuaca juga sangat mendukung, padahal dari rumah sudah wanti-wanti takut turun hujan. Akhirnya yang kuasa mendengarkan doa dan cuaca saat itu bener-bener sempurna.

Semakin sore cakrawala di langit makin menampakan keindahannya. Belum pernah sebelumnya melihat langit jingga seindah ini. Pantas jika spot di Bukit Kosakora salah satu spot terbaik melihat sunset. Deburan suara ombak dan hembusan angin membuat suasana menjadi romantis dan eksotis. Pokoknya buat pemburu senja harus memasukan Bukit Kosakora kedalam agenda liburan.

Mampir Sejenak Di Bukit Bintang

Pagi tiba setelah semalaman ditemani langit cerah dengan bintang-bintang. Tak terasa harus siap-siap dan meninggalkan tempat tersebut dan kembali pulang. Puas menikmati keindahan Bukit Kosakora dan Pantai Ngrumput, masih ada itinerary lanjutan yang sudah dirubah sebelumnya. Saat berangkat, melihat banyak sekali penjual yang menjual makanan tradisional Welang Goreng. Penasaran ingin tahu rasanya seperti apa, tapi sayangnya tidak menemukan penjual tersebut. Mungkin terlalu pagi atau rute pulang yang di lalui berbeda dengan rute ketika berangkat.

Camping Di Bukit Kosakora
Santai Di Bukit Bintang Dok : Pribadi

Hingga akhirnya di putuskan berhenti di Bukit Bintang, entah dari mana asal muasal nama tempat tersebut. Yang jelas spotnya mirip seperti di Puncak Bogor. Buat travaler yang merencanakan liburan ke Gunung Kidul, jangan sampai lewatkan mencicipi Welang Goreng. Menurut pengakuan warga lokal, makanan tersebut memang jadi makanan khas dan sering di jadikan oleh-oleh.

Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Ada Di Bukit Kosakora

Tiket masuk bukit Kosakora sangat murah hanya 2 ribu per orang. Sementara untuk camping dikenakan biaya kebersihan 15 ribu per tenda. Sedangkan fasilitas sudah banyak warung yang berdiri selama 24 jam terutama di bibir Pantai Ngrumput. Jangan khawatir masalah toilet mushola ataupun tempat untuk menyediakan colokan listrik.

Camping Di Bukit Kosakora
Camping Di Bukit Kosakora Dok : Pribadi

Meskipun masih banyak spot camping di Pantai Gunung Kidul yang masih belum banyak di jamah. Belum tentu tempat tersebut tersedia fasilitas secukupnya. Alasan memilih camping di Bukit Kosakora adalah pilihan tepat. Selain itu, banyak warung yang meyediakan peralatan camping dengan harga sesuai kapasitas tenda. Jadi tidak perlu ribet membawa peralatan camping dari rumah.

Cara Menuju Bukit Kosakora

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan rute Terminal Giwangan – Naik Bus Jurusan Wonosari – Turun terminal Wonosari – Naik Minibus jurusan Kemendang – Turun di Kemendang – Naik Ojek Menuju Lokasi.

Baca Juga : Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng Dieng Di Terjang Badai Pasir

Sementara dengan kendaraan pribadi dari  Yogyakarta bisa lalui Piyungan – Pathuk – Gading – Wonosari – Jl. Baron – Kukup – Pantai Drini – Puncak Kosakora. Atau Yogyakarta – Bantul – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Jl. Baron – Kukup – Pantai Drini – Puncak Kosakora.
Dari arah Solo bisa lalui Jl. Solo – Jogja – Cawas – Candirejo – Semanu – Sidoharjo – Ngastirejo – Jl. Pantai Selatan Jawa – Jl. Pantai Drini – Puncak Kosakora.
Camping Di Bukit Kosakora
Pantai Ngrumput. Penampakan Dari Atas Bukit Kosakora Dok : @nuril.huda_

Banyak info yang beredar jika ingin menikmati Sunset atau camping di Bukit Kosakora harus parkirkan kendaraan di Pantai Drini. Lalu di lanjutkan menyusuri perbukitan dan ladang persawahan selama 30 menit. Memang lolasinya tersembunyi di belakang bukit. Sebenarnya itu informasi lama dan disarankan jangan parkir di Pantai Drini.

Camping Di Bukit Kosakora
Indahnya Pemandangan Pantai Ngrumput Dok : Pribadi

Traveler bisa lurus ke arah selatan setelah Pantai Drini sejauh kurang lebih 500 meter lagi. Nanti akan menemukan petunjuk langsung menuju Bukit Kosakora. Sudah ada lahan lahan parkir dan penitipan motor dan mobil 24 jam. Dari pintu masuk tersebut bisa memangkas waktu karena lebih dekat dengan lokasi.

Tips Camping Di Bukit Kosakora

Sebelum memutuskan untuk camping di Bukit Kosakora perhatian tips sebagai berikut :

  • Puncak Bukit Kosakora bisa menampung kurang lebih sampai 20 tenda. Sebelum mendirikan tenda, perhatikan pergerakan angin laut.
  • Datang lebih awal lebih baik, biasanya penikmat camping akan berebutan spot terbaik mendirikan tenda.
  • Jika tidak kebagian lahan, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di Pantai Ngrumput.
  • Jangan buang sampah sembarangan

Jadi bagaimana? Tertarik untuk camping sambil menikmati matahari terbenam di Puncak Bukit Kosakora.

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *