Explore Situ Gunung Sukabumi Ada Apa Saja? Catatan Perjalanan

explore-situ-gunung-sukabumi.jpg

Bagi kalangan travelers pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata alam Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat. Dahulunya, tempat wisata tersebut hanya berupa situ dan air terjun. Semenjak diresmikan oleh Mentri Luhut Binsar Panjaitan (9 Maret 2019) yang lalu, kini kian populer dengan diresmikannya jembatan gantung. Banyak yang bilang jika jembatan gantung tersebut merupakan yang pertama tertinggi dan terpanjang di Indonesia. Bukan hanya itu, di klaim juga yang terpanjang di Asia Tenggara. Waaaaawwwww…..!!! Karena penasaran? Kami para Rangger’s coba untuk mengeksplorenya. Ada apa saja disana? Simak catatan perjalanan dan ulasannya berikut ini.

For Your Information Jembatan gantung Situ gunung termasuk bagian dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Jembata ini dibangun atas kerja sama Balai Besar TNGGP dengan PT Fontis Aqua Vivam sejak Mei 2017.

Perjalanan Menuju Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat

Petualangan kali ini hanya 4 Rangger’s (Merah ‘Dodi’, Biru ‘Desti’, Putih ‘Suryani’ dan Gue si Rangger Pink). Memulai start 06.30 pagi dari basecamp (Bekasi), kurang lebih jam 9.30 sudah sampai pintu masuk lokasi. Untuk mencari lokasinya sangat mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Masuk tol Jagorawi – Bocimi – keluar di Cigombong lalu diarahkan menujua Kudadumpit. Estimasinya dalam keadaan lancar kurang lebih 2.5 jam dari Jakarta. Dekatkan tidak terlalu jauh, sangat rekomded Explore Situ Gunung Sukabumi One Day One Trip.

Baca Juga : Dekat Jakarta, 5 Gunung Ini Bisa Di Daki Dalam Waktu Singkat

Masuk Situ Gunung Sukabumi 50 Ribu Per Orang, Bonus Makanan Minuman Dan Alunan Musik Tradisional

Kejutan yang tak dikira para Rangger’s, jika mau ke air terjun harus melewati jembatan gantung terlebih dahulu dengan membayar 50 ribu per orang. Tidak ada jalan lain masa harus nyisir hutan terlebih dahulu. Gue pikir? harga 50 ribu termasuk mahal bro…! hanya untuk mendapatkan foto cantik di jembatan. Sayang juga sih, sudah jauh-jauh dari rumah masa balik lagi. Oke lanjut agar rasa penasaran itu hilang dan tidak menyeseal di kemudian hari.

Setelah membayar, para Rangger’s diberi tiket masuk yang bentuknya sangat unik. Tiket tersebut berbentuk panjang yang menyerupai gelang tangan. Menariknya lagi, harga 50 ribu include welcome drink (Teh dan kopi) aneka rebus (Singkong, Ubi, Pisang dan Kripik) plus diiringi alunan musik tradisional khas Sunda. Sungguh kreatif, menyematkan makanan minuman dan musik tradisional dalam satu tempat. Walaupun sedarhana, tapi buat para Rangger’s ini istimewa.

Melewati Jembatang Gantung Situ Gunung Sukabumi, Realitanya Melebihi Ekspetasi

Explore Situ Gunung Sukabumi Ada Apa Saja
Rangger’s Putih & Rangger’s Pink

Sebagai Rangger’s Pink kurang terlalu suka dengan wisata buatan seperti ini, alasannya……??? Ini hanya cocok untuk para pecinta selfie. Sementara gue lebih suka wisata alam yang masih terkesan natural. Dari pada jadi bangke membusuk dikamar jadi gila liburan tidak keluar istana, yasyuuuddaahhh… ikut saja rayuan si Rangger Merah. Sedangkan Rangger’s lainnya sudah tak sabar merasakan sensasi melewati jembatan gantung yang lagi hits itu.

Sebelum memasuki jembatan, semua pengunjung diwajibkan memakai safety belt yang diberikan petugas. Gunanya untuk meminimalisir dari kejadian yang tidak diinginkan. Seperti tali jembatan putus, atau pasangan yang hubungannya digantung, putus, gila lalu lompat ke jurang. Ekspetasi gue sih biasa saja, toh hanya jembatan yang digantung sama halnya dengan perasaan yang digantung pada umumnya. Ternyata salah dugaan!!! Keren bro……hubungan digantung saat melewati jembatan gantung dan gue ikut menikmati iramanya.

explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Rangger’s Putih, Hitzz Abizz!

Agar lebih meresapinya pakai jurus keong, jalannya lelet jangan buru-buru. Kalau buru-buru ntar tidak  merasakan sensasinya. Melewati jembatan ini lebih keren dokumentasi dengan drone atau Action Cam. Pokoknya harus coba, ajak pacar lo gantung dah disana. Bagi orang hubungan digantung itu tidak enak. Tetapi sensasi melewati jembatan gantung Situ Gunung, lo bisa merasakan perbedaanya. Jelas bedalah!!!!

Baca Juga : Explore Kulon Progo Jangan Lewatkan Camping Di Waduk Sermo

Berapakah Panjang, Lebar, Dan Tinggi Dari Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi
Explore Situ Gunung Sukabumi Ada Apa Saja
Rangger’s Biru & Rangger’s Merah

Jembatan gantung ini panjangnya lumayan, tapi buat gua pribadi masih kurang. Panjangnya 243 meter, lebar 1.2 meter dan tinggi sekitar 107 meter. Sambil membayangkan jika jembatan model ini dibangun meyambungkan 2 gunung legendaris, Gunung Gede dan Pangrango pasti akan menjadi top destinasi dunia. Tapi kapan ya? Sabar tunggu gue jadi investor tajir dahulu, makanya doain biar mimpi terlaksana.

Bagi yang takut ketinggian tak perlu khawatir, banyak petugas yang sigap memantau. Pengunjung tidak boleh berlama-lama walau hanya sekedar mengambil gambar. Sebagai alternatif, datang saat weekday dan pagi hari. Saat pagi hari, kabut tipis yang menyelimuti perbukitan tampat terlihat romantis dan dramatis.

Di Situ Gunung Sukabumi, Ada Paket Glamping Juga!!!
explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Area Glamping Ground Situ Gunung

Glamping atau Glamour Camping adalah aktivitas alam bebas para si kantong tebal. Disini lo bisa melihat Glamping Ground yang masih dalam proses pembangunan. Menurut petugas, bakal diresmikan setelah lebaran nanti. Tarifnya masih rahasia, untuk boking dan reservasi baru melayani via situsnya langsung. Setelah melihat-lihat dan dizinikan masuk, jadi punya rencana indah. Keren juga! 1 bangunan Glamping bisa menampung 10 orang.

Walaupun masih rencana yang belum pasti indah, kebiasaan…… Para Rangger’s langsung membayangkan nanti jika sudah diresmikan kesini ya ajak Rangger’s yang lainnya. Pokoknya setelah pulang kita ceritakan ke mereka harus menjajal Glamping di Situ Gunung Sukabumi.

Baca Juga : Cobain Yuk! River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta

Selain Jembatang Gantung Situ Gunung, Ada Air Terjun Yang Bernama Curug Sawer

Flashback!!! Sebelum ada jembatan, Curug Sawer sudah popoler terlebih dahulu. Untuk mengaksesnya butuh perjuangan karena letaknya masih di dalam hutan. Nah akhirnya para Rangger’s sadar, fungsi lain dari jembatan gantung tersebut ialah untuk mempermudah akses menuju air terjun. Tingginya curugnya mencapai 35 meter yang berlokasi diketinggian 1025 mdpl, udara yang dihasilkan menjadi sangat sejuk dan alami. Sayangnya demi keselamatan, pengunjung tidak diizinkan berenang dari jarak dekat.

Selain indah, Curug Sawer juga menyimpan cerita mistis. Pada jaman dahulu, curug ini kerap dijadikan sebagai tempat ritual mistis. Menurut cerita, rangkaian dari Curug Sawer tercipta setelah seseorang yang sakti tinggal di kaki Gunung Cermai meyelenggarakan upacara saweran di sungai Cipada untuk mendapatkan berkah bagi dirinya dan keturunannya. Ia bertapa selama bertahun-tahun hingga wafat. Jasad pertapa itu tidak hancur, melainkan sekarang menjelma menjadi ular raksasa yang hidup secara ghaib (Source : tempat.me)

explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Cantiknya Bukan Mitos!

Itulah Indonesia, mau destinasi manapun masih menyimpan cerita mistis tersendiri. Apakah harus mempercayainya? Terserah, yang penting tetap terus menjaga agar alam yang indah dan kaya ini tetap terus terjaga kelestarianya.

Menuju Danau Situ Gunung Sukabumi, Danau Keren Mirip Ranukumbolo Kawe!
explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Menikmati Danau,

Puas bermain air, dilanjutkan menuju danau. Untuk mencapai lokasinya kembali melewati jembatan gantung tersebut. Jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih 1 km dari pintu masuk. Kalau jalan kaki ya terasa jauh kali ya, disarankan membawa kendaraan pribadi menuju area parkir atau bisa dengan sewa jasa ojek. Tarif wisata alam danau sudah termasuk tiket masuk Balai Besar TNGGP resort Situ Gunung.

Perjalanan menuju danau kondisi jalan sangat mulus karena sudah di aspal. Akan tetapi kendaraan pribadi tidak boleh masuk sampai area danau, sudah ada area parkir khusus yang disediakan. Disini lo bisa liat danau yang dikelilingi hutan pinus mirip seperti Ranukimbolo lah kalau kata gua. Danau ini berada di ketinggian 850 mdpl dan berada di kaki gunung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Banyaknya hutan pinus yang mengelilingi danau, pemandangan yang disajikan terasa sejuk.

explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Tak Terpisahkan Oleh Waktu!

Katanya, waktu terbaik mengunjungi danau ini ialah saat pagi hari. Kabut tipis yang menyelimuti danau menjadikan suasana terkesan lebih dramatis. Selain menikmati pemandangan danau, pengunjung bisa mengelilinginya dengan menggunakan jasa perahu atau perahu getek biar terkesan lebih tradisional. Jika ingin berkemah, sepertinya tidak di izinkan. Biar lebih jelas bisa tanyakan petugasnya langsung.

Explore Situ Gunung Sukabumi, Ada Apa Saja. Catatan Perjalanan
explore-situ-gunung-sukabumi.jpg
Sedang Asyik Ngomongin Gue…

Ada Jembatan Gantung yang lagi hits, Area Glamping Ground, Air Terjun keren yang bernama Curug Sawer dan Danau cantik yang membuat hati terasa damai. Bukan hanya itu saja, sepertinya ada paket rafting disekitar area. Ketika para Rangger’s sampai lokasi, melihat banyak team yang memakai helm dan life jacket. Entah lokasi raftingnya dimana yang jelas banyak yang memakai perlengkapan seperti itu.

Di Lokasi ini terdapat 6 buah camping ground untuk berkemah. Harendong, Arben, Tepus, Bagedor, Bungbuay atau Calliandra Camping Ground. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mengexplore Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat.

5 thoughts on “Explore Situ Gunung Sukabumi Ada Apa Saja? Catatan Perjalanan

  1. wahh saya tertarik banget nih pengen menjelajahi daerah itu.
    Pasti bakalan seru banget camping disana sambil menikmati malam bersama kawan-kawan.
    Paginya langsung jadi anak indie yang bermain diantara kabut dan kopi. Ahoy!

  2. Situ Gunung ini mulai terlihat geliatnya. Tahun 2018 banyak teman blogger yang main ke sana. Saya sendiri malah belum pernah jelajah Jawa Barat. Hanya main-main ketika ada waktu luang dari kerjaan. Menarik untuk menjelajah ke sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *