Liburan ke Geopark Ciletuh Yang Menyedihkan

Mana nih orang Jawa Barat suaranya ? Pernah mendengar nama Geopark Ciletuh. Tempat wisata ini lagi gencar-gencarnya di promosikan oleh pemerintah Jawa Barat. Pemerintah dan masyarakat terus berupaya menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di Sukabumi khususnya. Bahkan UNESCO sendiri terlibat di dalamnya guna untuk mengembangkan kawasan konservasi,peningkatan kesejahteraan masyarakat dan untuk edukasi.

“For Your Information : UNESCO telah menetapkan Geopark Cilteuh sebagai salah satu warisan dunia. Tempat ini juga di kenal sebagai taman batu tertua di pulau Jawa”

Gara-gara video yang di sebarluaskan Pemprov Jawa Barat dalam mempromosikan wisata tersebut. Kita pun tergoda untuk membuktikannya secara langsung,kira-kira sesuai gak nih dengan apa yang kita liat di video tersebut. Yang belum liat videonya silahkan simak ! video ini saya comot langsung dari Chanel pemprov Jawa Barat di YouTube.

Di dalam video tersebut,kita di perkenalkan dengan rute yang baru saja di resmikan. Rute ini lebih cepat memangkas waktu di banding rute yang lama.

“Bagaimana ? Setelah melihat video itu,makin penasarankan….??”

Pada liburan kali ini,saya di ajak oleh Dedi-Desti-Angga-Rima-Triyadi-Rahmat dan Tanti,kita memulai start perjalanan dari Bekasi dengan estimasi waktu perjalanan kurang lebih 6 jam.

BAGAIMANA RUTENYA BANG,KEREN GAK KOK JUDULNYA KECEWA ???

Eits,sabar donk…. !!! Pelan-pelan semua kebagian,makanya di simak yah ? Karena kita berangkatnya malam dan sampai sana pagi,kita tidak langsung menuju Geopark Ciletuh,melainkan kita langsung menuju homestay di daerah Cisolok Sukabumi.

Baca Juga : Camping Di Pulau Tidung Ala Backpacker

Kenapa kita menyewa homestay di daerah Cisolok,karena kita ada itinerary selanjutnya yaitu berendam di air panas Geyser Cisolok yang akan saya ceritakan nanti pada episode selanjutnya.

OKE BANG SAYA SIAP MENDENGARKAN CERITA ABANG !

Nah gitu donk duduk manis dan jangan rebutan !!! Oke kita langsung saja. Perjalanan dari homestay menuju Ciletuh kurang lebih 3 sampai 4 jam Jauh juga ya bang !!! iya jauh karena Sukabumi itu ya Allah luasnya. Butuh waktu 4 hari mungkin untuk bisa mengeksplore tuntas kota Sukabumi. Untung saja kondisi lalin saat itu terbilang lancar,rute yang kita ambil adalah Pelabuhan Ratu-Loji-Puncak Dharma-Ciletuh Jalur baru donk yang akan kita lalui untuk mempersingkat waktu.

KONDISI JALUR YANG ADUHAI

Buat sobat yang suka touring,jalur ini wajib banget di coba. Kita yang mengendarai mobil pribadi pun terasa jantung berdebar-debar.

Gaya Dulu

Kondisi jalur yang naik turun dan beliku menjadikannya sebuah pengalaman yang tidak terduga berkat perpaduan pemandangan bukit di sisi kiri dan pantai/laut di sebelah kanan. Siapa pun yang melewati jalur ini pasti akan bedecak kagum.

ADA KUIL LOH….!!!

Awal memasuki jalur ini,kita akan melewati sebuah perkampungan dan persawahan milik para penduduk.Setelah melewati perkampungan,kita menemui sebuah vihara yang menurut sejarah baru selesai di bangun tahun 2000 yang lalu. Vihara tersebut bernama Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa atau penduduk lokal menyebutnya dengan Kuil Dewi Kwan Im. Selain sebagai tempat ibadah,kuil ini juga di jadikan tempat wisata. Karena lokasi kuil berada di atas bukit yang menjadikan kuil ini memiliki pemandangan laut yang indah dan eksotis.

Penampakan Puncak Kuil,Pict By : JelajahSukabumi.wordpress.com

“Sayangnya Kuil ini tidak masuk dalam itinerary kita,jadi kita hanya melewatkannya begitu saja”

Info yang saya dapat dari penduduk lokal. Sebelum jalur ini dibuat,jalur ini berakhir sampai di Kuil saja,selebihnya buntu/tidak ada jalur lagi,masyarakat pun masih menggunakan kapal/perahu. Bahkan masyarakat disini masih banyak yang terisolir dan tanpa ada bantuan listrik. Sekarang perlahan-lahan semua berubah berkat bantuan dari pemerintah. Uniknya lagi,tidak ada pembebasan lahan yang di beli dari masyrakat. Mereka menghibahkannya langsung kepada pemerintah,karena mereka ingin ada jalan disini guna membantu perekonomian terutama sektor pariwisata.

“Bentuk kerja sama antara pemerintah dan masyarakat yang wajib kita apresiasi”

BANYAK SPOT CANTIK UNTUK FOTO-FOTO

Jalur yang mulus dan berliku di tambah sebelah sisi kanan ialah pantai,bagi siapa saja yang melihatnya pasti ingin berhenti sejenak untuk mengabadikan moment tersebut. Menurut saya,karena merupakan jalur baru dan belum ada investor yang mendirikan usaha wisata disini. Pasti tidak lama lagi bakal banyak investor yang tertarik untuk mendirikan bangunan seperti hotel,villa,rumah makan/resto dll yang tentu saja akan menjadikannya lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat setempat. Terbukti dari sekian banyak spot foto disini,masih di kelola apa adanya oleh masyarakat.

Liburan Ke Geopark Ciletuh Yang meyedihkan
Puncak Gebang (Dody & Desti)
Pick By : Angga & Rima
Liburan Ke Geopark Ciletuh Yang meyedihkan
Pict By : @epiialviyan
Tanjakan Blewer,Tanjakan Paling Terjal. Pict By ; @Dya_Iagnov

PUNCAK DARMA JADI REBUTAN

Sesampainya di Puncak Darma sayang sekali kita tidak beruntung karena sudah penuh oleh pengunjung lain. Padahal tempat terbaik untuk menikmati Goepark Ciletuh ialah di Puncak Dharma. Sebenarnya di puncak ini kita bisa melihat langsung lautan lepas,pulau-pulau kecil seperti pulau Kunti,pantai Palangpang,area persawahan dan curug-curug yang terlihat dari kejahuan yang sungguh menyegarkan mata. Tidak heran kalau Puncak Darma jadi spot primadona disini. Dengan berat hati kita pun merelakan Puncak Darma jadi rebutan pengunjung lain

Pict By : @avrieyanie

LUPA SAMA BUKIT PANENJOAN

Mungkin kita sudah teralu asik menikmati pemandangan disini yang membuat kita lupa sama yang namanya Bukit Panenjoan. Bukit ini juga merupakan spot terbaik selain Puncak Darma. Dengan ketinggian kira-kira 250 MDPL disini sobat bisa melihat pemandangan perbukitan yang mirip kaya serial televisi Bukit Teletubis. Tempat ini juga merupakan gerbang masuk menuju area Geopark Ciletuh.

Bukit Panenjon Pict By : Travelingyuk.com

JALUR KEMBALI MENANTANG

Jika di awal kita memasuki jalur tersebut dengan kondisi track aspal yang mulus hingga puncak Darma,namun terasa berbeda jika kita turun ke bawah menuju pusatnya Geopark Ciletuh.Jalur yang kita lalui bener-bener rusak dan berlubang bahkan lebih ektrem dan banyak di temui jalur dengan tanjakan terjal. Di sini skill pengemudi bener-bener teruji,terlihat banyak sekali kendaraan yang tidak kuat menanjak.

HUJAN TAK DI UNDANG GAGAL EKSPLORE CURUG

Hujan yang tidak pernah kita harapkan tiba-tiba hadir menemani perjalanan kita saat itu,rencana kita yang ingin mengekslore lebih dalam lagi tentang wisata ini buyar di karenakan hujan. Harap berhati-hati jika dalam kondisi hujan di karenakan jalur berubah menjadi licin.

Baca Juga : Solo Traveling Ke Jogja

Bay The Way apa sobat tahu kalau di Geopark Ciletuh bukan hanya perbukitan dan pantai saja,tetapi ada juga berbagai Curug yang menjadikan tempat wisata ini lengkap dan layak untuk di kunjungi. Berikut Daftar Curug/Air Terjun yang berada di wilayah Geopark.

Curug Awang

Curug Awang Pict By : Travelingyuk.com

Curug Awang ini juga disebut sebagai Niagara mininya Indonesia.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung Pict By : @julsotoy

Curug inilah yang akan pertama sobat temui ketika melangkahkan kaki menuju pusat Geopark. Curug ini berada di samping jalan dan sangat mudah untuk mengaksesnya.

Curug Sodong

Curug Sodong Pict By : @adhehemavvan

Curug Sodong merupakan curug yang paling mudah di jangkau,sobat juga bisa memakirkan kendaraan persis depan Curug tersebut.

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh Pict By : @dewi_lestari686

Ini dia buat yang pecinta Hiking/Tracking,untuk bisa menikmati Curug Cikanteh,sobat harus melewati jembatan untuk menyebrangi sungai,juga akan melewati batuan licin. Sobat harus bisa menaklukan tanjakan sebelum akhirnya disambut pemandangan Curug Cikanteh yang menyegarkan pikiran.

Curug Tengah

Curug Tengah Pict By : @gumilarmaulana

Curug Tegah ini masih satu bagian dari Curug Awang,diberi nama Curug Tengah karena lokasinya yang di apit oleh dua Curug lainnya.

“Sayangnya dengan kondisi hujan yang turun,dengan begitu menambah kesedihan kita karena benar-benar tidak puas menikmati berbagai macam Curug yang berada di sana”

PANTAI PALAMPANG TAK SEBERSIH PANTAI PELABUHAN RATU

Jujur itu yang kita rasakan ketika baru tiba di pantai tersebut. Pantai Palampang juga disebut sebagai teluk Ciletuh. Tidak berbeda dengan  pantai pada umumnya,kita bisa menikmati demburan ombak kecil,bermain pasir atau sekedar foto-foto. Namun ada yang menarik,yaitu di pantai ini kita bisa melihat penampakan Air Tejun dari kejauhan. Sumpah ini baru pertama kali bagi kita bisa melihat langsung penampakan sebuah Air Terjun  dari pantai.

Penampakan Air Terjun Pict By : travelingyuk.com
The Squad…
Saya dan Rima

Saya pun berasumsi kenapa kondisi air di Palampang keruh,mungkin karena disini juga bermuaranya sungai entah apa nama sungai itu di tambah kondisi hujan yang menyebabkan warna air sungai keruh dan berlebur menjadi satu dengan air pantai.

Untuk fasilitas juga disini tersedia parkir kendaraan yang luas,Mushola,Toilet dan Warung makan. Tiket masuk juga gratis,termasuk parkir juga gratis.

TIPS YANG INGIN BERKUNJUNG KESINI

Kondisi kendaraan yang prima adalah kunci untuk bisa menikmati pesona Goepark Ciletuh,cek kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan. Disini tidak ada transportasi umum,bagi yang ingin ala Backpacker,bisa menyewa angkot dari Pelabuhan Ratu.

Liburan Ke Geoprak Ciletuh Yang Menyedihkan
Pinjem Tendanya Ya Om !!!

Yang saya amati selama perjalanan,banyak sekali pengunjung yang membawa tenda/camping di bibir pantai. Itu pilihan terbaik untuk menghemat biaya dari pada harus menyewa homestay. Homestay disana juga masih terhitung jari mungkin faktor belum banyaknya investor yang mendirikan usaha wisatanya disini.

Informasi tambahan ! Katanya pemerintah akan memperbaiki jalur dan akan menambah/membangun rute tambahan hingga tembus Pantai Ujung Penting.

A post shared by kemana-lagi (@rumilagi) on

Dari judul yang saya tulis Liburan Ke Geopark Ciletuh yang menyedihkan karena ada beberapa faktor salah satunya ialah hujan datang disaat yang tidak tepat dengan begitu kesempatan kita untuk mengabadikan gambar di lensa kamera kita terbuang begitu saja. Tapi,rasa penasaran kita dengan jalur baru yang menantang,banyak spot foto yang keren,pesona alam yang luar biasa membuat kita suatu saat nanti akan kembali menginjakan kaki disini.

Tidak berlama-lama kita bermain disini karena kita punya itinerary lain yaitu, Menikmati Air Mancur Panas Abadi. Yang penting kita sudah membuktikannya ,apa yang kita liat dari video yang di sebarkan pemprov Jawa Barat benar-benar kereeeeennnnn…….!!!

Bagaimana dengan sobat,tertarik mencoba rute baru yang baru saja di resmikan. Semoga liburan sobat tidak menyedihkan seperti yang kita rasakan.