Ulasan Singkat! Camping di Rawa Gede Sukamakmur, Catatan Perjalanan.

situ_rawa_gede.jpg

Hallo camper’s mania, masih bingung mencari tempat camping dengan landscape pemandangan spektakuler. Kali ini gua menjajal sebuah destinasi yang lagi hits di media sosial. Lokasinya berada di kota dengan iklim sejuk dan asri, tepatnya berada di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Namanya Situ Rawa Gede.

Sebagai penggiat alam, jatuh cinta dengan yang namanya camping atau berkemah. Menyatu dengan alam bebas ialah sebuah keharusan, kebetulan sudah lama tidak menggelar tenda di alam terbuka. Pas banget! Lokasinya bisa dijadikan sebagai tempat camping. Tanpa pikir panjang dengan itinerary dadakan, langsung berangkat menuju lokasi.

Rawa Gede ialah sebuah danau dan objek wisata yang berlokasi di desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Bogor Jawa Barat. Selain sebagai objek wisata, danau ini kerap dijadikan sebagai tempat favorit memancing. Lokasinya yang berada di ketinggian, hawa yang dirasakan begitu sejuk dan alami. Cocok sekali yang sedang merindukan suasana alam pegunungan dan lokasinya tidak jauh dari Jakarta, camping di Rawa Gede bisa dijadikan sebagai alternatif liburan.

Banyak Yang Bilang! Situ Rawa Gede Ranukumbolonya Jawa Barat

situ_rawa_gede.jpg
dok by : @sukamakmur_

Entah dari mana dasarnya banyak yang bilang jika danau ini mirip dengan iconnya Gunung Sumeru (Ranukumbolo). Jika tidak melihatnya langsung memang sulit di percaya. Akan tetapi jika sudah membuktikannya sendiri ada sedikit kemiripan. Saat pagi hari, kabut tipis yang mengelilinginya seakan membawa kita ke suasana alam Ranukumbolo, ditambah lagi hadirnya bukit-bukit yang mengelilinginya. Namun keindahan nyata Ranukumbolo tidak bisa disandingkan dengan Situ Rawa Gede.

Lokasinya cocok banget untuk camping ceria, lahannya lumayan luas bisa menampung banyak tenda. Pemandangannya juga lumayan cakep, pokoknya kamu para camper’s mania, destinasi ini harus masuk list liburan berkemah selanjutnya.

Baca Juga : Kawah Wurung, Kawah Tidak Jadi Yang Mirip Bukit Teletubbies

Camping Di Rawa Gede, Sugest Sama Suara Hewan-hewan Yang Bikin Jantung Deg-degan!

situ_rawa_gede.jpg
dok by : elsanovianty21

Cuaca saat itu baru saja dilanda hujan, gue pikir suhu udara malam hari bikin gerah. Ternyata diluar perkiraan, suhu udara saat malam hari sama seperti di gunung umumnya. Kesalahan gue kenapa tidak membawa sleeping bag, hanya membawa peralatan seadanya. Malam itu melaluinya sambil menahan dingin didalam tenda, mana habis hujan lagi!!!

Semakin malam semakin sunyi, tidak lagi terdengar suara aktivitas para penduduk. Kebetulan saat itu hanya berdiri beberapa tenda saja, entah kenapa saat itu tidak ada rombongan lain. Menurut pengakuan warga, tiap malam minggu selalu ramai anak muda yang camping disini, tapi tidak untuk malam ini. Anggap saja Situ Rawa Gede serasa milik pribadi.

Semakin malam semakin mencekam, entah suara hewan apa itu bikin jantung merinding. Terdengar sangat jelas dari arah belakang tenda seperti hewan yang sedang mengendus mencari makan. Pikiran tak karuan, mau keluar pun tak berani. Jangan-jangan harimau atau macan kumbang, ah masa ditempat seperti ini muncul hewan seperti itu. Tapi disinilah seninya, sensasi bermalam di alam bebas bakal menemukan hal-hal yang tidak diduga sebelumnya.

Baca Juga : Tips Pertama Kali Ikut Open Trip

Camping Di Rawa Gede Sambil Mancing, Pasti Lebih Seru!!!

situ_rawa_gede.jpg
dok by : @denisyuliandi

Kegiatan berkemah sambil memancing jelas pasti lebih seru, apa lagi jika mendapatkan hasil pancing yang banyak. Disini, banyak yang berkemah sambil memancing. Ikannya berbagai macam jenis dan ukuran. Ada ikan mas, nila, mujair dan gabus. Hasil dari pancingan tersebut akan terasa lebih nikmat disantap bersama-sama.

Persiapkan Logistik Yang Cukup, Sebelum Memutuskan Camping di Rawa Gede
situ_rawa_gede.jpg
dok by : @lenkanny20

Meskipun disini banyak warung, namun tidak semua buka hingga 24 jam. Hanya beberapa saja, itu juga tidak lengkap jika mencari makanan dan keperluan lainnya. Disaraankan membawa semua kebutuhan dari rumah. Begitupun peralatan, tidak ada penyewaan alat camping, jadi harus mempersiapkannya semuanya sendiri.

Aktivitas Selain Camping Di Rawa Gede
situ_rawa_gede.jpg
dok by : @rumilagi

Selain untuk berfoto ria dan tempat camping, pengelola menyediakan kolam besar untuk berenang. Sebelah kolam renang, ada kolam kecil yang berisi ikan Garra Rufa atau biasa disebut ikan terapi. Fasilitas tersebut bisa dinikmati gratis yang sudah termasuk tiket masuk. Sayangnya kebersihan kolam untuk berenang kurang bersih dan terjaga.

Jika ingin mengelilingi danau, pengunjung bisa menyewa perahu atau bisa juga dengan menyewa sepeda air, tarifnya 30K per orang. Ada yang unik, terdapat sebuah air terjun yang berukuran mungil. Airnya masih sangat alami dan segar, dibawahnya terdapat sebuah kolam kecil yang menampung air dari air terjun tersebut. Pengunjung bisa menikmatinya sambil berendam.

Tiket Masuk Dan Fasilitas Lain di Situ Rawa Gede

Destinasi ini murah meriah karena sebagian masih dikelola oleh para pemuda setempat. Tiket masuknya hanya 10 ribu per orang dan 5 ribu untuk biaya parkir. Sementara jika ingin berkemah, kena biaya tambahan sebesar 15 ribu per tenda. Untuk fasilitasnya cukup lengkap termasuk musholla, kantin dan toilet. Jam operasional dibuka dari jam 07.00 – 17.00, sementara untuk yang berkemah dibuka 24 jam.

Rute Menuju Situ Rawa Gede

Dari Jakarta bisa dijangkau dua jam melalui tol Jagorawi, masuk Citereup, lalu ke Sukamakmur. Sedangkan jika lewat Bogor bisa lewat Sentul, Jonggol, dan Cimahpar, lalu ke Citereup dan Sukamakmur, dengan dua jam perjalanan. Bisa juga melewati Cibubur – Cileungsi – Sukamakmur.

Jadi bagaimana tertarik untuk mencoba Camping di Rawa Gede. Siapkan logistik dan peralatan yang lengkap ya!!!

One thought on “Ulasan Singkat! Camping di Rawa Gede Sukamakmur, Catatan Perjalanan.

  1. Kerennnnn banget landscape nya. Camping sambil mancing seru juga tuh kak even gak pernah dpt ikan klo aku hahaha. Btw kolam renang pinggir rawa nya menggoda bangettttttt, ahhhh pengen renang dstu jadinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *