Kawah Wurung, Kawah Tidak Jadi Yang Mirip Bukit Teletubbies

Kawah Wurung adalah perbukitan yang nampak seperti padang rumput yang begitu mempesona. Lokasinya berada di Bondowoso Jawa Timur dan tidak jauh dari lokasi Kawah Ijen. Para Travelers biasa menyebutnya mirip dengan Bukit Teletubbies yang ada di serial televisi jaman kecil dahulu. Di Kawah Wurung, Travelers bisa merasakan pesona alam liar dengan pemandangan perbuktian yang menankjubkan. Terlebih jika mengunjunginya saat musim penghujan.
Kawah Wurung
Kawah Wurung @pujasepti
Meskipun namanya Kawah, siapapun yang mengunjunginya tidak akan menemukan sebuah Kawah. Wurung sendiri dalam bahasa Jawa mengandung arti ‘tidak jadi’. Jika di gabungkan menjadi Kawah Tidak Jadi.
Mungkin dengan istilah itu masyarakat setempat menamakannya dengan sebutan Kawah Wurung. Namanya unik dan bentuknya menyerupai padang rumput di Gunung Bromo, hanya saja luasnya lebih kecil.

Kawah Wurung, Tempat Di Jadikan Spot Foto Keren

Tidak bisa di pungkiri, istilah penyebutan Bukit Teletubis akan membuat siapa aja untuk berburu swafoto. Sejauh mata memandang, hijaunya rumput di tambah landscape perbukitan yang nampak mengelilingi Kawah Wurung menjadi pemandangan mengesankan. Siapapun yang mengunjunginya pasti akan betah dan enggan beranjak pulang.

Musim terbaik berkunjung ke Kawah Warung adalah saat musim penghujan. Sementara jika musim kemarau, pemandangan tampak mengering dan kekuning-kuningan. Kesan pemandangan Kawah Warung tampak seperti Bukit Teletubis tidak akan begitu terasa.

Keren !!! Explore Kawah Wurung Bisa Dengan Kendaraan Roda Dua

Petualangan mengeksplore padang savana akan terasa lebih berkesan jika mengeksplorenya langsung dengan kendaraan. Pengalaman unik tersebut bisa dilakukan di Kawah Wurung dengan kendaraan roda dua. Akan menjadi tantangan tersendiri terlebih jika menyukai olahraga Adventure Trail.

kawah wurung
Adventure Trail @devikanurmalasr

Utamakan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, karena medan yang di lalui berundak dan berbatu. Selain di jadikan tempat swafoto maupun Adventure Trail, pengunjung juga bisa menjadikan landscape Kawah Wurung sebagai foto Preweding bahkan camping. Tapi harus membawa peralatan sendiri karena belum adanya fasilitas penyewaan alat camping.

Kawah Wurung
Camping Kawah Wurung @turmudzybaihaqy

Baca Juga : Jalan Jalan Ke Suku Baduy Yuuk

Alamat, Rute Dan Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

Untuk bisa sampai di lokasi medan yang di lalui lumayan berat, jadi usahakan membawa kendaraan dalam keadaan prima. Sebelum mencapai Kawah Wurung, kamu juga bakal bertemu dengan jalan menanjak dan bergelombang sejauh 100 meter yang sering disebut dengan Tanjakan Cinta. Ujung dari tanjakan tersebut adalah sebuah bukit melingkar yang biasa disebut Bukit Cincin. Nah, Bukit Cincin inilah yang melingkari Kawah Wurung.

Kawah Wurung memiliki dengan ketinggian 1500 mdpl. Secara Administratif terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Rute menuju Kawah Wurung sama jika berkunjung ke Kawah Ijen, berikut informasinya.

Dari arah Bondowoso.
Dari arah Bondowoso bisa menuju arah Wonosari. Nanti akan bertemu dengan pertigaan arah Kawah Ijen dan arah Situbondo, pilih saja arah menuju Kawah Ijen. Perjalan menuju Desa Sempol dari pertigaan tersebut memakan waktu sekitar 3 jam. View perjalanan yang menemanimu adalah sederet perkebunan kopi dan pemukiman ala perkebunan.

Dari arah Banyuwangi.
Dari arah Banyuwangi bisa melalui rute dari Banyuwangi Kota, kemudian ambil ke arah Desa Licin. Setelah itu ambil arah menuju Paltuding-Kawah Wurung.

Harga tiket masuknya pun murah meriah, 5000 untuk kendaraan roda dua dan 10000 untuk kendaraan roda empat. Banyak yang menyarankan setelah menikmati pemandangan menakjubkan Blue Fire Kawah Ijen, bisa dilanjut dengan itinerary mengunjungi Kawah Wurung karena lokasinya berdekatan.

Jadi bagaimana ? Tertarik mengunjungi Kawah Wurung

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *