Gunung Lembu Purwakarta,Gunung Kecil Bikin Dengkul Lemes

Selain Gunung Parang dan Gunung Bangkok,Purwakarta juga punya gunung yang cocok di daki terutama para pendaki pemula ? Ialah Gunung Lembu Purwakarta. Meskipun tingginya di bawah 1000 MDPL,biar kecil tapi menantang siapa saja yang mencobanya. Lokasinya yang dekat dari ibu kota Jakarta,bisa menjadi alternativ pilihan liburan di akhir pekan. Apa lagi jika sobat yang sibuk dengan dunia kantor tapi ingin sekali mengangkat ransel. Saya pun tertantang untuk mencobanya,banyak yang bilang jika spot yang di tawarkan di puncak Gunung Lembu ini kita bisa melihat luasnya waduk Jatiluhur dari ketinggian. Selain melihat keindahan waduk Jatiluhur dari ketinggian,kita juga bisa melihat Sunset dan Sunrise Gunung Lembu yang merupakan salah satu spot terbaik di Purwakarta.

 

CERITA SINGKAT MISTERI  GUNUNG LEMBU PURWAKARTA

 

Menurut pengakuan warga setempat,Gunung lembu merupakan gunung yang paling angker di Purwakarta. Di Gunung tersebut terdapat sebuah petilasan yang di namai oleh warga sekitar sebagai petilasan “Eyang Suryakencana” dengan di tandai adanya sebuah makam. Selain makam ada beberapa mitos yang di percaya,salah satunya dilarang bersiul. Entah apa alasanya ? Setiap orang yang melanggar aturan tersebut akan hilang di ambil oleh Dedemit gunung tersebut sehingga tidak tahu jalan pulang.

Meskipun punya mitos cerita misteri,Gunung Lembu tetap menjadi destinasi favorit terutama buat warga Jakarta. Pemandangan yang di tawarkan dari puncak gunung Lembu juga pasti akan membius siapa saja yang datang melihatnya. Gak percaya ? datang dan buktikan sendiri.

 

PERJALANAN MENUJU GUNUNG LEMBU PURWAKARTA DENGAN NAIK MOTOR DARI JAKARTA

 

Tujuan utama trip ini yaitu untuk mengejar Sunrise Gunung Lembu. Karena alasan itulah akhirnya menggunakan sepeda motor Toring. Total ada 10 motor dengan 19 orang yang ikut One Day trip kali ini. Mereka semua adalah yang tergabung dalam sebuah komunitas jalan-jalan yang bernama Pecellele Adventure Bekasi.  Tepat jam 00.00 kita memulai start dari basecamp,rute yang kita ambil adalah Bekasi-Karawang-Purwakarta dengan estimasi perjalanan kurang lebih 2,5 jam dengan bantuan Google Maps.

 

ALAMAT GUNUNG LEMBU PURWAKARTA

 

Jalur menanjak dan menikung di temani manisnya jurang-jurang kegelapan di sisi kanan-kiri sepanjang jalan akan menjadi sensasi tersendiri. Kurang lebih jam 3 pagi sampai juga di basecamp Gunung Lembu Purwakarta. Buat sobat yang ingin mencoba kesini dengan kendaraan sepeda motor. Harap hati-hati terutama saat malam hari karena minimnya lampu penerangan sepanjang jalan menuju basecamp.

 

Baca Juga : Cobain Yuk River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta

 

Alamat Gunung lembu :

Gunung lembu terletak di Kp. Panunggal RT 006/003 Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani Purwakarta,Jawabarat.

 

TRACK GUNUNG LEMBU PURWAKARTA JALURNYA BIKIN DENGKUL GEMETERAN

 

Setelah mengurus perizinan dengan membayar 10K per orang,kita langsung summit attack menuju puncak. Target saat itu ialah sebelum jam 5 pagi sudah sampai puncak. Menurut penjaga pos, estimasinya sendiri dengan 2 jam pendakian waktu normal.

 

Gunung Lembu Purwakarta
Rute Pendakian Gunung Lembu Pict By : crazytravelmate.com

 

Suasana yang gelap menambah syahdu pendakian waktu itu,untung saja cuaca cukup bersahabat meskipun di temani suara hembusan angin kencang yang keluar dari sela-sela pepohonan. Banyak sekali pohon bambu berdiri gagah sepanjang pos 1 hingga pos 2. Tanah kering bergambut menjadi awal perkenalan dengan Gunung Lembu. Membayangkan jika kita lalui track ini saat musim hujan,pasti jalur akan sangat licin untuk berpijak.

 

Meskipun berjumlah 19 orang,kita tidak menyepelekan gunung yang tingginya hanya 792 MDPL ini. Kompak menjaga barisan biar tidak ada yang tertinggal satu pun rombongan. Kondisi track dari pos 1 hingga pos 2 kita bener-bener di buat menjerit tanpa ampun,sesekali kita berhenti menarik nafas panjang sambil menunggu yang tertinggal di bawah.

 

Baca Juga : Sendirian Camping Di Telaga Cebong Dieng

 

Entah kenapa pada saat itu,beberapa rombongan kita tiba-tiba mual dan sakit kepala. Positif tingting saja,buat saya mungkin mereka kurang pemanasan. Meskipun dengan kondisi seperti itu,kita kompak untuk tidak beristirahat lama-lama.

 

MELEWATI SEBUAH MAKAM,JANTUNG MAKIN DAG DIG DUG ! GUNUNG LEMBU KAMU TERLALU

 

Sudah cukup sudah,cukup sampai disni saja. Arrggghhhh akhirnya setelah melewati pos 1 dan 2 sampai dengkul gemeter,kita sampai juga di jalur yang banyak bonusnya. Di lokasi menuju pos 3,ada beberapa warung jajanan sayangnya pas kedatangan kita semua warung masih pada tutup. Jika membayangkan sambil menikmati secangkir kopi pasti terasa nikmat syekali.

 

Dalam perjalanan menuju pos 3,3 orang dari rombongan mengalami kelelahan dan tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan. Ini adalah sebagai bukti kalau Gunung Lembu tidak bisa di spelekan. Setelah berunding,ke 3 orang tersebut kita tinggal di sebuah warung dan kita terus berjalan demi mengejar sunrise.

 

Melihat peta yang di berikan,nanti kita akan melewati sebuah makam keramat sebelum sampai di pos 3. Membayangkannya saja sudah dag dig dug,tapi rasa takut itu sirna dengan gelak tawa kita selama perjalanan.

 

Awalnya kita senang karena jalur yang kita lewati tidak seekstrem dari pos 1 sampai k epos 2. Ternyata kita salah dugaan,kini kita berhadapan langsung dengan jurang di sisi kanan kiri. Bahkan bebatuan yang di jadikan pijakan sebagian ambrol dengan turunan curam hampir 90 derajat. Rasa ngilu-ngilu sedap menjadi suasa saat itu. Kompak berjibaku sambil membackup antara di depan dan di belakang biar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Namun dari jurang yang di lalui,pemandangan sekitar sangat luar biasa. Kerlap kerlip (CityLight)kota Purwakarta sungguh terlihat jelas dari sini,bagaimana jika di puncak nanti ya ? sambil membayangkan.

 

TIPS MENDAKI GUNUNG LEMBU  Sepanjang jalur sampai puncak tidak tersedia air,bawa air yang cukup tertutama buat yang ngecamp.  Gunung ini masih tergolong aman,bagi yang ingin membawa anak masih memungkinkan Banyak tersedia warung,buat yang tidak sempat membawa perbekalan Jangan melakukan pendakian di musim hujan,pasti akan 2 kali lebih berat Jaga kebersihan dan patuhi aturan Alternatif lain jika dari arah Jakarta. Bisa naik kereta lalu turun di St Purwakarta di lanjutkan dengan menyarter angkot menuju basecamp Gunung Lembu
Makam Keramat

 

Sampai juga langkah kaki kita di depan makam keramat. Dengan menguncapkan bismilah dan permisi dalam hati,kita lewati makam itu dengan rasa hormat dan santun. Dengan melewati makam ini pertanda kalau puncak semakin dekat. Semangaaattt !!!

 

KESIANGAN ? TIDAK DAPAT SUNRISE GUNUNG LEMBU PURWAKARTA YANG DI DAMBAKAN

Bau-bau menyengat kotoran manusia menandakan juga kalau bentar lagi kita sampai di lokasi camping. Lokasi camping ini juga merupakan puncak tertinggi Gunung Lembu. Sudah ada beberapa tenda yang berdiri disini,sepertinya tujuan mereka sama yaitu melihat sunrise Gunung Lembu. Melihat jam menunjukan jam 6 kurang 10 menit dan sepertinya kita kesiangan. Ah ya sudahlah yang penting sudah sampai puncak kita juga sudah bahagia.

Lalu dimana spot yang bisa melihat langsung waduk Jatiluhur dari ketinggian ? kita harus menuruni sedikit kebawah kurang lebih 10 menit dari puncak menuju Batu Lembu. Sebuah tebing yang menjorok keluar ini seperti mirip punuk sapi,mungkin karena kemiripan tersebut maka dinamakan Batu Lembu.

Lokasi ini juga tempat favorit untuk mengabadikan moment view waduk Jatiluhur dari ketinggian. Meskipun lokasinya sedikit berbahaya,jangan kawatir ? karena sudah ada tali pengaman dan kawat baja sebagai pembatas keamanan.

 

Gunung Lembu Purwakarta
Sunrise Gunung Lembu Pict By : @purwakarta.pisan

Pagi itu kita bener-bener menikmati petualangan kali ini. Rasa sedih karena gagal dapat sunrise seakan akan lupa karena secangkir kopi yang kita buat lalu kita minum bersama-sama. Indahnya kebersamaan dalam setiap perjalanan. Total estimasi perjalanan kita sampai puncak kurang lebih 3.5 jam.

 

Selamat pagi Gunung Lembu :

Gunung Lembu Purwakarta
Semangat Walau Kesiangan
Gunung Lembu Purwakarta
Muka Kelelahan
Gunung Lembu Purwakarta
Gaya Dulu…
Gunung Lembu Purwakarta
Bang….Liat Gak Putri Duyung Disana
Gunung Lembu Purwakarta
We Are Pecellele Adventure Bekasi
Gunung Lembu Purwakarta
The Big Team

 

Gunung Lembu,cerita mu akan selalu kita kenang. Gunung kecil yang tentu saja bikin dengkul kita lemes.

 

TIPS MENDAKI GUNUNG LEMBU  PURWAKARTA

  • Sepanjang jalur sampai puncak tidak tersedia air,bawa air yang cukup tertutama buat yang ngecamp.
  • Gunung ini masih tergolong aman,bagi yang ingin membawa anak masih memungkinkan
  • Banyak tersedia warung,buat yang tidak sempat membawa perbekalan
  • Jangan melakukan pendakian di musim hujan,pasti akan 2 kali lebih berat
  • Jaga kebersihan dan patuhi aturan
  • Alternatif lain jika dari arah Jakarta. Bisa naik kereta lalu turun di St Purwakarta dan di lanjutkan dengan menyarter angkot menuju basecamp Gunung Lembu

 

Bagaimana ? Apakah tertarik mendaki gunung kecil ini. Siapkan fisik dan stamina sebelum kamu di buat kewalahan oleh jalur tack Gunung Lembu Purwakarta.

 

30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *