Cobain Yuk !! River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta

Apabila bosan dengan wisata yang gini gitu aja yang sudah ada selama ini,buat pecinta olahraga air jangan lewatkan wisata satu ini. Serunya River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta yang beberapa waktu lalu sempat hits di kalangan para traveler. Disini sobat akan di tantang mengarungi sungai dengan banyak jeram yang tentu saja akan membuat liburan sobat menjadi berkesan dan tak terlupakan.

Purwakarta tidak ada henti-hentinya menghadirkan wisata yang begitu hits. Selain Rock Climbing Via Ferata yang bisa menguji nyali sobat,air mancur Sri Baduga yang merupakan air mancur terindah dan termegah se Asia Tenggara. Kini muncul lagi wisata olahraga air yang tentu saja kita di tantang untuk mengarungi sungai Ciherang dengan peralatan ban dalam,life jaket/pelampung serta helm. Aktivitas tersebut di namakan River Tubing yang berlokasi di  Sungai Ciherang Purwakarta.

APA SIH RIVER TUBING ITU ??

River tubing hampir sama dengan rafting atau arung jeram, hanya saja yang membedakan peralatan itu sendiri. Jika arung jeram menggunakan dayung dan perahu karet,sementara river tubing menggunakan ban dalam untuk mengarungi sungai. Ban-nya sendiri menggunakan ban dalam mobil atau truck yang ukuran-nya lebih besar.

KIRA-KIRA AMAN GAK ???

Yah paling luka lecet/memar akibat terbentur bebatuan,tapi jangan khwatir semua bisa di atasi jika menggunakan body protector/decker buat yang punya. Karena saya tidak punya ? saya tetap aman kok walau sikut saya berbenturan dengan bebatuan. Rasa ngilu-ngilu manja yang saya derita seakan-akan saya lupa karena terlalu asik menikmati rafting kali ini.

BUAT ANAK KECIL BAGAIMANA ???

Aman kok tenang saja dengan catatan usia maksimal 10 tahun. Disana juga ada pemandu yang akan membimbing jeram mana saja yang berbahaya untuk anak kecil. Tapi jangan lupa sebagai orang tua yang membawa anak,harus senantiasa selalu mendampingi untuk terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan.

“Karena ini wisata minat khusus,sobat di wajibkan untuk boking/reservasi terlebih dahulu dengan minimal 5 orang peserta”

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah Bekasi,saya sengaja menggunakan motor Touring untuk menghemat waktu perjalanan dengan membawa pasukan berjumlah 10 orang. Saya juga sudah boking/reservasi 2 minggu sebelum hari H. Sesampainya di basecamp,kita langsung disambut senyum ramah para instruktur dan pemilik/pengelola dari aktivitas tersebut. Kebetulan saat itu tidak begitu ramai,hanya ada kelompok saya dari Bekasi (10 orang) dan 1 kelompok lagi dari Bandung (5 orang) Dengan begitu kelompok saya di jadikan satu kelompok dengan mereka yang dari Bandung. Total menjadi 15 orang/peserta.

“Nah buat sobat yang tidak membawa 5 orang peserta,tetap bisa kok menikmati River Tubing,dengan catatan akan di kelompokan dengan kelompok lain”

Jadi tidak perlu khawatir jika datang hanya membawa 2-3 orang peserta pun tetap bisa,asal komunikasi terlebih dahulu dengan pihak operator. Jasa pihak operator yang saya maksud adalah Ngaprak River Aventure.

BACA JUGA : Menikmati Air Mancur Sri Baduga,Wisata Di Purwakarta Yang Lagi Hits

Menariknya lagi Ngaprak River Adventure di kelola langsung oleh para pemuda karang taruna setempat sehingga selain riang gembira bermain air,sobat juga turut serta dalam menggerakan perekonomian warga masyarakat setempat.

LOKASINYA DIMANA ???

Lokasi basecamp-nya sendiri berada di Kampung Tanjak Nangsi RT 09 RW 03 Dusun 2 Desa Raharja Kecamatan Wanayasa Purwakarta. Lokasinya juga berdekatan dengan situ Wanayasa yang bisa di jadikan sebagai titik patokan.

Jika dari arah pusat kota Purwakarta,alamatnya mudah di jangkau dengan kendaraan roda 2 atau pun roda 4 selama kurang lebih 40 menit. Buat sobat backpacker yang datang rombongan dari Jakarta dengan menggunakan jasa kereta api. Sobat bisa turun di stasiun Purwakarta lalu mencarter angkot dari stasiun untuk menuju basecamp Ngaprak River Adventure di Kecamatan Wanayasa.

ADA PAKET APA SAJA ???

Terdepat beberapa paket pilihan yang bisa di pilih,diantaranya

>Paket Fun Trip

Fasilitas :

  • Pelampung,helm dan ban
  • Makan (Nasi Box)
  • Dokumentasi

>Paket Long Trip

Fasilitas :

  • Pelampung,helm dan ban
  • Makan (Nasi Box)
  • Dokumentasi
  • Transportasi

Untuk informasi lebih lanjut (boking/reservasi) silahkan KLIK DISINI

Saya dan rombongan mengambil paket longtrip dengan fasilitas tambahan Transportasi,kesan pertama saya bingung ? kenapa ada fasilitas transportasi dalam paket long trip. Ternyata fasiltas transportasi yang di maksud adalah sebuah mobil pick-up yang akan menjemput kita di garis akhir,dan kita akan di antarkan kembali menuju basecamp dengan mengendarai mobil pick-up yang sudah di sediakan oleh operator.

Dalam satu paket akan di temani 4 orang instruktur dan rescue termasuk tim dokumentasi yang sudah termasuk dalam 1 paket. Jadi jangan khawatir,selama kegiatan River Tubing sudah ada tim yang siap melayani kita termasuk urusan foto. Mereka sendiri yang akan mengambil foto/gambar,kita tinggal pose-pose manjah dari kejauhan.

BACA JUGA : Sendirian Camping Di Telaga Cebong Dieng

Sebelum lompat ke air/sungai atau menuju start point,kita melewati perkampungan,perkebunan dan persawahan milik masyarakat setempat. Suasana yang asri menjadikan sebuah motivasi semangat untuk berani mengarungi jeram-jeram untuk di lalui.

River Tubing Purwakarta
Melwati Sawah Penduduk [Dok:Pri}
Kurang lebih jarak dari basecamp menuju lokasi Start Point sejauh 1 km dengan berjalan kaki. Walaupun terasa capek,semua terbayar lunas ketika pertama kali nyemplung ke sungai di Star Point. Derasnya air sunga Ciherang di tambah hijaunya perkebunan dan persawahan milik penduduk menambah suasana menjadi yang awalnya takut seakan-akan membuat lupa. Saat itu kita benar-benar menikmati jeram-jeram yang di lalui tanpa ada rasa takut sedikitpun.

KALAU YANG TIDAK BISA BERENANG BAGAIMANA ???

Tidak perlu keahlian khusus untuk yang tidak bisa berenang karena sudah di lengkapi pelampung dan helm,ditambah akan selalu di damping oleh instruktur selama kegiatan tersebut. Saya sendiri tidak bisa berenang,awalnya saya takut justru kebalikannya ? lagi lagi lagi dan lagi.

BACA JUGA : Pertama Kali Ikut Open Trip

JARAKNYA BERAPA KILO DAN DURASINYA BERAPA LAMA ???

Jika sobat mengambil paket Funtrip jaraknya kurang lebih 2 km dengan durasi satu sampai dua jam. Semantara paket yang kita ambil ialah Longtrip dengan jarak 5 km durasi 3 jam.

3 jam bukan waktu yang amat sebentar buat kita,karena masih kurang puas untuk berlama-lama menikmati aktivitas Ruver Tubing tersebut. Berbagai jeram kita lalui,berbagai rintangan kita lewati semua terasa terlewat begitu saja tanpa kita menyadari kalau kita sudah memasuki garis finish.

River Tubing Purwakarta
Jangan di lepas,abang takuuutt….!!! [Dok:Pri]
River Tubing Purwakarta
Aaaarrrgghhhh !!! [Dok;Pri]
River Tubing Purwakarta
Asyiiiiiiikk…!!! [Dok:Pri]
River Tubing Purwakarta
Byuuurr….!!! [Dok:Pri]

River Tubing Purwakarta
Gak TauKalau Di Belakangnya Ada ??

River Tubing Purwakarta
Senyum Semangat [Dok:Pri]
River Tubing Purwakarta
The Big Team [Dok:Pri]
River Tubing Purwakarta
Ke Seruan Kita [Dok:Pri]
Selama kegiatan mengarungi sungai,banyak sekali warga yang menonton atau menyaksikan kita,seakan-akan kita ini di anggap seperti turis buat mereka. Tentu saja pengalaman tesebut mempermanis petualangan kita selama mengarungi sungai dengan bantuan ban dalam.

Banyaknya batuan kali sepanjang arus memang ada yang terluka/terbentur batu selama kegiatan termasuk saya. Percaya deh,karena terlalu asik sehingga luka yang di alami karena terbentur batu pasti membuat lupa akan rasa sakitnya seperti apa.

River Tubing Purwakarta
Kembali ke Basecamp dengan Mobil Pick-up [Dok:pri]
River Tubing Purwakarta
Mobil Yang Mengantarkan Kembali Peralatan Ke Basecamp [Dok;@ngarakriver]
3 jam berlalu,kita harus mengkhirnya dan kembali ke basecamp. Mobil pickup sudah stand-by menunggu kita untuk mengantarakan kembali ke basecamp. Sesampainya di basecamp kita langsung di sambut makan nasi box yang sudah di sediakan oleh operator. Menunya sendiri terdiri dari ayam goreng,tempe goreng dan satu buah jeruk,lumayan buat mengisi perut kita yang lapar. DI basecamp juga menyediakan berbagai macam fasilitas diantaranya toilet/kamar ganti,mushola,charging area dan parkir. Tak lupa sebelum kita pulang untuk meminta hasil gambar/foto yang sudah disiapkan oleh pihak operator.

A post shared by kemana-lagi (@rumilagi) on

 

TIPS YANG INGIN MENCOBA RIVER TUBING BERSAMA NGAPRAK RIVER

  • Siapkan mental dan stamina
  • Pemanasan terlebih dahulu
  • Bawa pakaian ganti (wajib)
  • Dan yang paling utama ialah boking/reservasi terelebih dahulu
  • Buka tiap hari kecuali hari Jumat

Bagaimana ? apakah anda tertarik,cobain yuk !! River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta

 

23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *