Cara Mudah Transportasi Ke Gunung Prau Dari Jakarta Bandung dan Surabaya

Gunung Prau adalah sebuah gunung yang kini menjadi salah satu gunung tecantik dan terfavorit untuk didaki. Admin sendiri sudah 2 kali mendaki gunung cantik ini. Kebanyakan pendaki berasal dari Jabodetabek. Untuk sampai puncaknya, ada banyak basecamp dan jalur. Namun pada umumnya, kebanyakan memilih jalur Patak Banteng dan Dieng.

Alasannya karena kedua basecamp tersebut transportasinya sangat mudah di akses. Gunung Prau punya magnet yang begitu kental dengan para pendaki, yang paling populer dari gunung ini ialah penampakan matahari terbitnya yang sudah mendunia. Siapapun yang berhasil melihatnya, suatu saat nanti pasti akan kembali mendakinya. Apa kamu tidak penasaran dengan keindahannya Golden Sunrise gunung Prau.

Bagi kawan pendaki yang sedang mencari informasi transportasinya, berikut informasi cara mudah ke Gunung Prau dari Jakarta tambahan juga untuk dari Bandung dan Surabaya.

Ke Gunung Prau Dari Jakarta

Transportasi darat (Bus) merupakan terfavorit yang biasa digunakan pendaki dari Jakarta menuju basacamp Gunung Prau. Dari berbagai daerah di Jakarta atau Jabotabek. silahkan naik bus jurusan Wonosobo seperti Sinar Jaya, Rosalia Indah atau Pahala Kencana. Estimasi perjalanan kurang lebih 10 jam normal. Lalu turun di terminal Mendolo Wonosobo, dilanjutkan naik micro bus jurusan Dieng dan minta turun basacamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

Sementara ke gunung Prau dari Jakarta dengan transportasi kereta. Naik kereta Serayu, Sawunggalih, Fajar utama, Progo, dll dan turun di Stasiun Purwokerto. Dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju terminal Mendolo Wonosobo. Dilanjutkan kembali dengan naik micro bus jurusan Dieng lalu minta turun di basecamp gunung Prau, bisa di basecamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

Baca Juga : Pendakian Gunung Prau Diterjang badai pasir

Ke Gunung Prau Dari Bandung

Dari Bandung Cicaheum naik bus Budiman atau Sinar Jaya jurusan Wonosobo. Lalu turun di terminal Mendolo Wonosobo, dilanjutkan naik micro bus jurusan Dieng dan minta turun basacamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

Semantara ke gunung Prau dari Bandung dengan transportasi kereta. Dari stasiun Kiaracondong Bandung naik kereta Serayu Pagi/Malam dan turun di stasiun Purwokerto. Dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju terminal Mendolo Wonosobo. Dilanjutkan kembali dengan naik micro bus jurusan Dieng lalu minta turun di basecamp gunung Prau, bisa di basecamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

Baca Juga : Camping di Telaga Cebong Dieng

Ke Gunung Prau Dari Surbaya

Dari terminal Bungurasih Surabaya naik bus Sugeng Rahayu, Eka, atau Handoyo jurusan Wonosobo. Lalu turun di terminal Mendolo Wonosobo, dilanjutkan naik micro bus jurusan Dieng dan minta turun basacamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

Sementara ke gunung Prau dari Surabaya dengan transportasi kereta. Dari stasiun Gubeng naik kereta Gaya Baru Malam, Ranggajati, Logawa dan turun di stasiun Purwokerto. Dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju terminal Mendolo Wonosobo. Dilanjutkan kembali dengan naik micro bus jurusan Dieng lalu minta turun di basecamp gunung Prau, bisa di basecamp Patak Banteng atau basecamp Dieng.

For your informations : Sebelum memulai pendakian atau setibanya di terminal Mendolo Wonosobo, jangan langsung menuju basecamp. Sangat disarankan untuk mencari tiket pulang terlebih dahulu untuk keesokan harinya. Banyak keluhan dari pendaki yang tidak kebagian tiket pulang karena tidak memesannya dihari sebelumnya atau setibanya diterimnal Mendolo Wonosobo.

Semoga infonya bermanfaat, itulah panduan informasi untuk teman pendaki yang ingin mendaki ke gunung Prau dari Jakarta, Bandung atau Surabaya. Selamat mendaki!!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *