Pendakian Gunung Papandayan dari Jakarta dengan Transportasi Umum

Pendakian Gunung papandayan Dari Jakarta

Bagi kamu pecinta outdoor, mendaki gunung mungking sudah menjadi salah satu kewajiban. Yap, keindahan alam yang ditawarkan akan membuat ketagihan. Apalagi saat sudah sampai di puncak, pemandangan sejauh mata memandang membuat hati damai dan tentram. Nah, salah satu gunung yang patut kamu coba ialah Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Pada gunung Papandayan terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Selain itu Gunung Papandayan merupakan salah satu yang ramah di daki diantara gunung-gunung di Jawa Barat, seperti Gunung Lembu Purwakarta ataupun Gunung Batu Jonggol. Bahkan ada jasa ojek gunung motor trail yang bisa mengantarkan sampai pos Pondok Salada, sungguh menarik bukan. Medanya tidak terlalu sulit, Gunung Papandayan selalu menjadi terfavorit dibandingkan Gunung Cikurai maupun Gunung Guntur yang ada di Kabupaten Garut.

Sisi Lain Keindahan Gunung Papandayan, Kebanyakan yang Datang Pendaki dari Jakarta

Hutan Mati

Pendakian Gunung Papandayan Dari Jakarta
Instagram @salmaisadel

Kawasan ini merupakan salah satu bagian eksotis dari Gunung Papandayan. Sebuah padang yang menyajikan pemandangan pohon-pohon kering dan memberikan pesona keindahan yang eksotis. Inilah Kawasan Hutan Mati, kawasan yang biasa dilewati para pendaki Gunung Papandayan sebelum sampai ke puncak Tegal Alun.

Pondok Saladah

Pendakian Gunung Papandayan Dari Jakarta
Instagram @_herjone

Pondok Saladah merupakan area camping ground seluas 8 hektar. Pos ini merupakan tempat tervarit untuk ngecamp. Area yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss ini semakin asyik dengan kehadiran air bersih yang berasal dari sungai Cisaladah. Sebuah sungai yang airnya mengalir sepanjang tahun.

Konon, kenapa lokasi ini disebut Pondok Salada, karena kawasan ini banyak ditumbuhi pohon salada yang tumbuh subur dan liar di aliran air dan selokan-selokan kecil di sekitaran sana. Tumbuhan yang sering dimakan mentah dan dijadikan lalapan oleh masyarakat Garut dan sekitarnya.

Tegal Alun

Pendakian Gunung Papandayan Dari Jakarta
Instagram @heyypitt

Tegal Alun adalah salah satu tempat didekat puncak Papandayan. Di Tegal Alun terdapat tegalan dengan hamparan bunga Edelweis (anaphalis javanica) yang begitu luas hampir 80 hektar. Perjalanan menuju ke tegal alun dapat ditempuh dari Pondok Salada kurang lebih satu jam dengan melalui jalan yang landai dan ada satu tanjakan sebelum mencapai tegal alun, dan melewsati dulu Hutan Mati.

Jika kamu berniat ingin mendakinya dan berasal dari Ibukota, berikut informasi rute transportasi umum dari Jakarta menuju Gunung Papandayan.

Angkutan Umum dan Estimasi Perjalanan dari Jakarta Menuju Gunung Papandayan

Dari berbagai terminal di Jakarta ataupun Jabotabek, naik Bus Primajasa jurusan Garut. Lalu turun di terminal Guntur. Estimasinya kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Dari terminal Guntur, dilanjutkan naik angkutan umum menuju Kecamatan Cisurupan. Lama perjalanan 1 jam, dilanjutkan kembali dengan mobil pickup hingga sampai menuju pos pintu masuk Gunung Papandayan.

Perjalanan dengan kendaraan umum seperti bus, biasa dilakukan para pendaki yang datang dari arah Jakarta.

Selain dengan transportasi bus, menuju Gunung Papandayan juga bisa menggunakan jasa kereta api dari Jakarta. Dari stasiun Pasar Senen, naik kereta ekonomi Serayu, lalu turun di stasiun Cibatu Garut. Sementara dari stasiun Gambir, naik kereta Pangandaran Express, lalu turun di Stasiun Cibatu. Estimasi perjalanan dengan kereta api 4-5 jam.

Dari stasiun Cibatu, dilanjutkan naik angkot yang menuju terminal Guntur. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Sesampainya di terminal Guntur, rutenya sama dengan menggunakan bus umum dari arah Jakarta.

For your information : Banyak yang bilang, terminal Guntur terkenal dengan calo dan preman yang kerap bertindak jahat kepada pendaki. Harap hati-hati terutama dengan barang bawaan. Sekedar informasi tambahan jika datang berkelompok lebih dari 5 orang, disarankan mencarter angkot dari terminal Guntur langsung menuju basecamp Gunung Papandayan. Biasanya banyak pendaki dari berbagai daerah mengajak share cost ke pendaki lain untuk mencarter angkot.

Untuk jam operasional transportasi bus umum dari Jakarta maupun Garut tak perlu khawatir, biasanya sampai jam 22.00 malam. Disarankan berangkat dari Jakarta pagi hari biar tidak kemalaman sampai basecamp pendakian Gunung Papandayan.

Jadi bagaimana? Tertarik mendaki Gunung Papandayan, transportasinya sangat mudah bukan dari arah Jakarta. Selamat mendaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *