Dikenal sebagai Destinasi Mahal, Berikut Tips Murah Wisata Raja Ampat untuk Kamu Para Traveler

Tips Wisata ke Raja Ampat

Dijuluki sebagai ‘surga’ dunia bawah laut, keindahan Raja Ampat memang tidak dapat terelakan lagi. Laut yang jernih, kekayaan ragam terumbu karang dan hewan-hewan laut, serta pulau-pulau cantik yang mengelilinginya membuat wisata Raja Ampat sering kali dijadikan sebagai destinasi impian bagi para wisatawan, tidak hanya lokal melainkan juga mancanegara.

Terletak di ujung Indonesia, Raja Ampat pun menjadi salah satu destinasi wisata mahal yang membuat bagi sebagian orang, dapat mengunjungi Raja Ampat hanya akan menjadi impian belaka yang tidak tahu kapan akan terkabul. Bagi kamu yang menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi wisata impian, anggapan tersebut sepertinya harus segera dibuang jauh-jauh.

Karena dengan beberapa tips berikut ini, kamu bisa memanjakan mata menikmati keindahan Raja Ampat secara langsung lho. Siapa bilang wisata Raja Ampat itu mahal? Yuk kita simak tips wisata murah Raja Ampat bagi kamu para traveler.

Tips Wisata Murah Raja Ampat

raja ampat
Raja Ampat menjadi salah satu destinasi terindah di Bemua Asia (Dok. Agoda)

1. Perencanaan yang Matang

Tidak hanya diperuntukan untuk wisata Raja Ampat saja, jika kamu ingin pergi berjalan-jalan kemanapun itu, perencanaan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan agar perjalananmu menjadi lebih terorganisir dan rapih. Bukan berarti kamu tidak boleh melakukan traveling dengan bebas, hanya saja perencanaan ini sangatlah penting guna meminimalisir kejadian-kejadian tak terduga selama perjalanan.

Perencanaan tersebut mencakup anggaran, akomodasi, penginapan, aktivitas apa saja yang ingin kamu lakukan selama disana hingga biaya makan dan minum. Hanya sekadar informasi, biaya hidup wisata di Raja Ampat mungkin akan berbeda dari Jakarta ataupun kota-kota lainnya, sehingga diperlukan pula pengetahuan yang cukup mengenai destinasi Raja Ampat itu sendiri.

Jika anda ingin wisata murah dengan budget yang pas-pasan, ada baiknya untuk mempersiapkan berbagai hal dari jauh-jauh hari dan jangan secara dadakan, misalkan 6 bulan sebelum perjalanan. Harga tiket akan selalu mengalami perubahan, namun biasanya harga tiket murah akan bisa kamu dapatkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain itu, kamu pun juga masih bisa menyempatkan diri untuk menabung.

2. Pemesanan Tiket Pesawat

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa harga tiket selalu mengalami perubahan. Berbeda beberapa hari saja, harga tiket bisa saja mengalami perubahan secara signifikan. Biasanya waktu yang tepat untuk membeli tiket penerbangan ialah 3 bulan sebelum keberangkatan. Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs perjalanan yang tersedia untuk membandingkan harga dan mencari harga tiket termurah yang sesuai dengan budget.

Estimasi harga tiket dari Jakarta atau Pulau Jawa ke Kota Sorong biasanya mulai dari 1 hingga 1,5 juta rupiah. Sedangkan harga tiket termahal biasanya mencapai 2 juta rupiah. Bila anda melakukan pemberangkatan dari wilayah Indonesia bagian tengah, bisa saja harga tiket akan jauh lebih murah lagi. Namun, untuk dimasukan ke dalam perencanaan, ada baiknya untuk memasukan estimasi harga tiket 2 juta rupiah, guna menghindari terjadinya perubahan harga.

3. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Untuk lebih menekan biaya akomodasi, usahakan untuk membawa sedikit mungkin barang. Jika memungkinkan, kamu bisa bergaya ala backpacker dengan hanya membawa satu tas ransel saja. Bawalah pakaian secukupnya dan yang paling penting, seperti kaus, celana, dan jaket. Jangan lupa pula untuk membawa barang-barang pribadi yang bisa digunakan dalam kondisi darurat, seperti obat-obatan khusus.

Jika merasa perlu, kamu juga bisa membawa sleeping bag dan tenda kecil. Jangan lupa pula dengan makanan ringan dan makanan yang mudah dimasak seperti mi instan. Apapun yang kamu bawa, usahakan untuk tidak melebihi satu tas ransel. Karena hal tersebut jelas akan mempengaruhi biaya bagasi pesawat pada nantinya. Semakin banyak barang yang dibawa, maka akan semakin mahal pula biaya bagasi yang perlu kamu keluarkan.

4. Ajak Teman atau Keluarga

Mengajak semakin banyak orang akan semakin meminimalisir akomodasi yang kamu keluarkan. Membawa rombongan setidaknya 7 – 10 orang akan membuat biaya akomodasi di Raja Ampat semakin murah. Ketika menuju Raja Ampat dengan menggunakan pesawat, maka kamu akan mendarat di Kota Sorong. Setelah itu, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Rakyat menuju Kota Waisai yang merupakan ibu kota dari Raja Ampat.

Biaya ongkos taksi yang perlu kamu keluarkan berkisar 50 ribu hingga 70 ribu rupiah untuk satu kali perjalanan. Maka dari itu, mengajak banyak orang untuk patungan akan membuat transportasi menjadi lebih murah.

5. Berinteraksi dengan Warga Lokal

Menjalin komunikasi dan interaksi yang baik kepada warga lokal merupakan tips ampuh ketika berjalan-jalan. Dengan begitu, kamu akan semakin diberikan kemudahan dalam berbagai hal. Apalagi warga timus Indonesia terkenal dengan keramahan dan kebaikannya, sehingga jika kamu menjalin hubungan baik dengan mereka, maka mereka pun tidak akan ragu untuk memberikanmu bantuan, jika dibutuhkan.

Mereka pun juga mungkin tidak akan sungkan untuk memberikan informasi mengenai penginapan murah atau justru memberikanmu tawaran untuk menginap di rumah mereka. Dijamin akan sangat menguntungkan. Dikenal sebagai destinasi menyelam terbaik, Raja Ampat ternyata juga memiliki wisata-wisata lainnya yang bisa kamu nikmati lho. Mulai dari melihat burung Cendrawasih menari hingga menelisik wisata bersejarah. Ingin tahu wisata Raja Ampat yang bisa kamu nikmati selama disana? Yuk baca informasi lengkapnya di di https://www.cekaja.com/info/wisata-raja-ampat-papua-tujuan-liburan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *