Tempat Camping di Dieng, Bukit dan Telaga. Cocok Untuk Keluarga

Tempat Camping di Dieng

Tempat camping di Dieng beragam. Mulai dari tempat camping murah, tempat camping untuk keluarga sampai tempat camping dengan fasilitas bintang lima atau lebih dikenal dengan glamour camping.

Camping adalah kegiatan berkemah di tengah hutan. Camping kini malah tak perlu dilakukan di tengah hutan dan tak perlu juga untuk mendaki gunung. Karena kini banyak tempat wisata di Dieng yang menyediakan area camping lengkap dengan berbagai fasilitas dibutukan.

Di Dieng, kamu bisa memilih area camping yang cocok untuk kantong mampun minat kamu. Mulai dari area Gunung, Bukit terbuka hingga Telaga atau Danau. Namun jika datang dengan membawa keluarga atau anak-anak, tentunya akan memilih lokasi camping di Dieng yang mudah diakses tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Berikut rekomendasi 3 Tempat Camping di Dieng yang direkomendasikan untuk kamu lewati bersama keluarga yang sayang dilewatkan.

Bukit Seroja, tempat camping di Dieng. Rasakan keindahan Telaga Menjer dari ketinggian

Tempat Camping di Dieng
Image Credit : IG @nurrulist

Bukit Seroja merupakan tempat dimana letaknya berada di lembah Seroja yang menjadi perbatasan dengan dataran tinggi Dieng. Yang menarik dari Bukit Seroja adalah view atau pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Bagaimana tidak, dari bukit ini pengunjung bisa langsung melihat bentuk kesempurnaan Danau atau Telaga Menjer yang letaknya tepat berada di bawahnya bukit Seroja.

Selain melihat keindahan Telaga Menjer, pengunjung juga akan disungguhkan pemandangan kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang. Menariknya sebelum tiba di lokasi, mata anda akan dimanjakan hijaunya perbukitan teh yang dikelola oleh PT Tambi. Buat kamu pecinta selfie, dijamin betah berada dilokasi ini.

Baca Juga : Solo Backpacker ke Dieng, camping di Bukit Seroja. Catatan Perjalanan

Bukit Seroja rekomendasi bisa kamu jadikan alternatif lokasi atau tempat camping keluarga di Dieng. Untuk mencapai lokasinya pun sangat mudah dan tak perlu lelah mendakinya. Karena bukit ini bisa dilalui kendaraan bermotor.

Alamat Bukit Seroja berada di desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Telaga Cebong, lokasi camping ground di Dieng sebelum Summit Attack Bukit Sikunir

Tempat-Camping-di-Dieng
Image Credit : Pribadi

Ranukumbolonya Dieng, iya begitulah sebagian orang menyebutnya. Dilokasi ini biasa dijadikan sebagai area lokasi tempat camping ground keluarga. Dilokasi ini pula dijadikan sebagai start point sebelum Sumit Attack Bukit Sukinir. Puncak Bukit Sukinir merupakan salah satu spot terindah untuk menikmati matahari terbit. Menurut berbagai sumber, Puncak Sikunir spot terbaik Golden Sunrise di Asia. Tak heran jika banyak yang memanfatkan Telaga Cebong sebagai lokasi camping ground Dieng sebelum Summit.

Telaga Cebong adalah danau atau telaga yang tepat berada di Desa Sembungan Dieng atau Desa tertinggi di Pulau Jawa. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini, mengelilingi Telaga dengan menyewa perahu, Fly Fox atau bersantai sambil memancing. Tak heran jika Telaga Cebong salah satu spot lokasi area tempat camping ground keluarga terbaik di Dieng.

Baca Juga : Camping sendirian di Telaga Cebong, Catatan Perjalanan

Telaga Cebong terjadi dari bekas kawah purba, dulunya memiliki luas sekitar 18 ha, akan tetapi lama kelamaan mulai menyempit dan tersisa sekitar 12 Ha. Saat memasuki sore hari, area lokasi ini akan diselimuti kabut tipis. Maklum saja karena lokasinya berada di Desa tertinggi di Pulau Jawa. Untuk mencari lokasi tempat camping ground ini sangat mudah. Dari simpangan Dieng Batur, ikuti arah menuju Sikunir atau Desa Sembungan.

Alamat Telaga Cebong berada di Desa Sembungan Dieng Banjarnegara.

Bukit Scooter, tempat camping di Dieng. Itinerary berlibur hemat

Tempat-Camping-di-Dieng
Imaage Credit : IG @novemlawalata

Bukit Scooter nama lokasinya terdengar asing, terlebih buat orang yang baru pertama kali ke Dieng. Padahal lokasi ini recomendasi tempat camping grund keluarga di Dieng. Alasannya? karena dari sini jarak lokasi wisata satu dan lainnya berdeketan. Selain itu camping di Bukit Scooter ini kamu dapat berhemat biaya tanpa harus menyewa homestay di dataran tinggi Dieng. Untuk menuju lokasinya sangat mudah, kurang lebih tracking 15 menit.

Dari Bukit Scooter ini, kamu akan disungguhkan pemandangan pedesaan khas Dieng dari ketinggian. Yang paling asyik saat malam hari, romantisme citylight pedasaan khas Dieng bisa kamu nikmati dari sini. Saat pagi tiba, kabut tipis akan menyelimuti lengkap dengan kondisi udara yang dingin. Suasana tersebut akan membawamu seperti berada negri di atas awan.

Banyak keuntungan yang didapatkan jika memutuskan untuk camping di Bukit Scooter. Salah satunya lokasinya berdekatan dengan wisata lain seperti Komplek Candi Arjuna, Petak Sembilan, Telaga Warna. Menariknya, dilokasi ini tidak seramai dengan tempat lain area camping ground keluarga di Dieng. Kamu akan menemukan ketenangan disini! Dijamin.

Alamat Bukit Scooter berada di Simpangan Dieng Batur, Banjarnegara.

Itulah 3 rekomendasi lokasi atau tempat camping di Dieng yang cocok untuk keluarga. Jadi, kamu mau mencoba yang mana nih? Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *