Menelusuri Keindahan Candi Prambanan

Siapa sih yang tidak mengenal dengan Candi Prambanan ini? Yang jelas candi yang satu ini sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Candi bercorak Hindu ini telah memperlihatkan era peradaban manusia yang sudah maju. Hal ini dikarenakan arsitektur yang dimilikinya begitu indah tanpa bantuan teknologi yang canggih.

Mengenal sejarah berdirinya Candi Prambanan

keindahan_candi_prambanan_jpg
Pict By : Dokumen Pribadi

Tahukah anda bahwa setiap situs purbakala mempunyai sejarah berdirinya masing-masing. Seperti halnya Candi Prambanan yang merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sanjaya. Tidak ada yang mengetahuinya kapan candi ini berdiri. Tetapi sejarah berdirinya candi ini bercorak agama Hindu. Cerita Candi Prambanan sendiri berasal dari Raja Balitung Maha Sambu. Hal ini didasarkan pada isi yang terdapat dalam Prasasti Syiwagrha (ditemukan di sekitar Prambanan). Hingga saat ini Prasasti Syiwagrha tersimpan dengan rapi di Museum Nasional Jakarta. Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa Candi Prambanan ini berasal dari Raja Balitung Maha Sambu. Tetapi terdapat versi cerita lainnya yang menyebutkan jika Candi Prambanan merupakan buatan Bandung Bondowoso yang dibuat sebagai persembahan untuk Roro Jonggrang.

Bagian-bagian Candi Prambanan

keindahan_candi_prambanan_jpg
Pict By : pixabay.com

Jika dilihat bahwa bagian wisata yang terdapat d Candi Prambanan terbagi ke dalam tiga zona, mulai dari pelataran njobo, pelataran tengahan, pelataran njeron. Ketiga zona ini terinspirasi dari ajaran kosmologi Hindu. Ajaran ini menceritakan mengenai urutan alam yang dilalui oleh manusia, yang konsepnya hampir mirip seperti kosmologi Budha yang ada di Borobudur.

1. Pelataran Njobo

Pelataran yang berukuran 390 m2 ini terinspirasi dari Bhurloka (penuh hawa nafsu). Hal tersebut tergambar pada kaki bangunan pelataran

2. Pelataran Tengahan

Pelataran tengahan mempunyai 4 teras dan disusun berundak. Dibangun di atas tanah yang memiliki luas 222 m2. Tetapi sayangnya, dikarenakan termakan usia serta terkena efek gempa yang sebelumnya melanda Jogja di tahun 2006, membuat pelataran tengahan ini hanya tersisa reruntuhannya saja.

3. Pelataran Njeron

Pelataran njeron sendiri terinspirasi dari alam tertinggi atau Svargaloka dan paling suci. Pada bagian inilah adanya 3 candi utama yang dianggap paling suci.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Candi Prambanan

keindahan_candi_prambanan_jpg
Pict By : pixabay.com

Untuk anda yang akan mengunjungi Candi Prambanan, maka di dalam kompleksnya anda bisa melakukan berbagai hal yang seru dan menyenangkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengenal lebih dekat dengan seni sastra serta cerita Hindu

Sama halnya seperti Candi Borobudur bahwa di tempat ini terdapat juga relief bercerita. Cara membacanya pun sama, dimana anda harus masuk terlebih dahulu dari pintu sebelah timur, selanjutnya berjalan mengitari Candi Trimurti yang searah dengan putaran jarum jam. Relief yang terdapat di dalam pagar ini mempunyai dua kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana. Anda tidak perlu bingung untuk membaca relief tersebut karena anda bisa memakai jasa pemandu yang ada di kompleks Candi. Di bagian utara kompleks candi, anda juga bisa mengunjungi museum guna mendapatkan info seputar objek wisata ini.

  • Menonton Sendratari Ramayana

Jika anda memiliki waktu luang, maka sempatkanlah untuk melihat pementasan Sendratari Ramayana. Pementasan ini merupakan seni pertunjukan yang terdiri dari unsur kesenian Jawa mulai dari drama, musik, dan tari, yang dipentaskan dengan membawa kisah Ramayana dalam satu panggung. Kisah Ramayana yang dibawakan ini adalah penerjemahan yang terdapat pada relief Candi Prambanan yang dipertunjukkan ke dalam empat babak atau lakon, mulai dari penculikan Sinta, kemudian misi Anoman ke Alengka, selanjutnya kematian Rahwana atau Kumbakarna, dan pertemuan Rama-Sinta kembali. Biasanya pementasan ini dilakukan pada hari selasa, kamis, dan sabtu.

  • Hunting Foto

Anda juga bisa mengambil foto menarik di berbagai sudut Candi Prambanan. Di malam hari, objek wisata ini akan semakin cantik karena adanya lampu-lampu yang menyala yang mengarah kepada Candi Trimurti.

Untuk anda yang ingin sekali mengunjungi Candi Prambanan ini, maka anda bisa langsung memesan tiket di Traveloka aktivitas & rekreasi. Tentunya tiket yang ditawarkan dengan harga murah. Sehingga anda bisa mengajak serta kerabat terdekat untuk berpetualang bersama ke Candi Prambanan.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *