Bukit Wanapa – Puncak Gunung Kuta, Pendaki Pemula Wajib Coba

bukit wanapa gunung kuta

Selain Gunung Batu yang sudah terkenal di kalangan pendaki, wilayah Sukamakmur Kabupaten Bogor juga memiliki Gunung yang layak kalian coba. Bahkan buat yang sudah pernah mencobanya, gunung satu ini lebih cantik dari Gunung Batu. Penasaran, gunung ini baru saja di buka pertengahan 2019 yang lalu.

Bernama Gunung Kuta, gunung cantik setinggi 1050 mdpl ini menawarkan keindahan berbeda. Dengan tinggi yang terbilang rendah dibanding gunung pada umumnya, orang lebih sering menyebutnya “Bukit Wanapa”. Berbicara daya tarik utama, Gunung Kuta memang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Dengan ketinggian rendah, gunung satu ini juga menjadi mudah untuk didaki oleh siapa saja.

Buat kamu yang semakin penasaran dengan wisata alam di Bogor satu ini, yuk simak detail berikut ini:

Lokasi dan akses menuju Bukit Wanapa, Puncak Gunung Kuta

puncak_kuta.jpg
Image Credit : Instagram hidayatunnajah15

Gunung cantik ini berada di kawasan Sukamakmur, tepatnya di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pengunjung bisa mencapai destinasi wisata yang satu ini dengan berkendara menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Jakarta.

Sampai sekarang sedikit sulit untuk mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan umum, tapi kalian dapat menggunakan bis dengan tujuan sukamakmur kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Namun, untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan rute di bawah ini:

Dari  Jakarta
Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Sukamakmur – Desa Cibadak

Dari Bogor
• Sentul – Jungle Land – Gunung Pancar – Desa Cibadak
• Citereup – Tajur – Cibadak – Sukamakmur – Desa Ciibadak

Dari Bekasi
JL Raya Narogong – Cileungsi – Jonggol – Sukamakmur – Desa Cibadak

Dari Bandung
Bandung – Padalarang – Cianjur – Cikalong – Cariu – Sukamakmur – Desa Cibadak

Karena kendaraan umum menuju Gunung Kuta terbilang masih jarang, maka wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Daya tarik Gunung Kuta

puncak_kuta.jpg
Image Credit : Instagram @umyyrt_

Tingginya popularitas Gunung Kuta di sosial media menandakan bahwa sudah banyak orang mengakui dan bahkan jatuh hati dengan gunung satu ini. Jika kamu masih tidak percaya, simak sendiri beberapa daya tarik utama Gunung Kuta berikut ini :

Baca Juga : Alun-Alun Kuta Ganggelang Gunung Bunder, Lokasi Camping Ground di Bogor

Puncak Kuta, panorama alam yang indah

puncak_kuta.jpg
Image Credit : Instagram @barkahbar

Gunung Kuta memiliki puncak yang pasti membuat kamu merasa takjub. Pasalnya, puncak gunung ini memberikan pemandangan alam yang sangat indah. Di bagian puncak ini, sudut pandang terbuka seluas-luasnya karena tidak ada satu pun pohon tinggi menghalangi pandangan kamu.

Saat langit sedang cerah, kamu bisa melihat panorama Gunung Pancar dan Gunung Gede Pangrango, ditemani dengan warna-warni atap rumah penduduk di perkampungan sekitar. Di kawasan puncak ini, rerumputan hijau yang bersanding dengan bebatuan juga membuat pemandangan menjadi sangat cocok untuk latar belakang berfoto. Menarik bukan…?

Baca Juga : Camping Seru di Bukit Sabak Cimangkok Sukabumi

Gunung Kuta, cocok untuk semua kalangan

Meski tingginya hanya 1050 mdpl, waktu pendakian gunung ini tidak sampai berjam-jam. Jalur penjelajahan Gunung Kuta terbilang cukup menantang. Sebagian besar jalurnya landai. Beberapa titik bahkan banyak bonusnya. Selain itu, sepanjang pendakian kamu akan disungguhkan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya. Dijamin lelahmu tidak akan terasa selama pendakian.

Berikut estimasi pendakian Gunung Kuta :
– Basecamp – Pos 1 = 20 Menit
– Pos 1 – Pos 2 = 20 Menit
– Pos 2 – Pos 3 = 30 Menit
– Pos 3 – Puncak = 20 Menit

Mengingat Gunung Kuta hanya memiliki sedikit pohon besar dan tinggi, maka paparan sinar matahari akan langsung menyengat tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya mendaki pada pagi atau menjelang sore hari.

Untuk mendirikan tenda, hanya diizinkan sampai pos 3 saja. Tersedia air, toilet dan mushola. Gunung Kuta ini cocok untuk semua kalangan.

Berkemah atau camping di Gunung Kuta, agenda wajib

puncak_kuta.jpg
Image Credit : Instagram @adventure_bogor

Meski hanya perlu waktu sekitar 1 jam lebih untuk menjelajahi Gunung Kuta, sayang sekali rasanya tidak mencoba berkemah di tengah alam cantik satu ini. Dengan demikian, aktivitas seru berikutnya yang wajib kamu lakukan saat ke Gunung Batu adalah berkemah.

Bangun tenda kamu, lalu siapkan diri untuk terpukau dengan keindahan langit Gunung Kuta di malam hari yang berkilau dengan bintang-bintang. Menjelang subuh, siapkan minuman hangat dan sarapan ringan. Selanjutnya kamu tracking ke Puncak untuk menantikan matahatahari terbit.

Puncak Kuta, spot asyik menikmati matahari terbit

puncak_kuta.jpg
Image Credit : Instagram @harie.catur

Menikmati matahari terbit atau sunrise biasanya identik dengan ketinggian. Banyak orang berburu sunrise dengan mendaki gunung. Bahkan banyak yang percaya bahwa kalau mau melihat pemandangan matahari terbit yang lebih cantik, maka harus mendaki semakin tinggi. Padahal, gak tidak selalu harus seperti itu. Buat pendaki pemula yang belum terbiasa dengan perjalanan panjang dan medan sulit, menikmati matahari terbit dari Puncak Gunung Kuta Sukamakmur bisa menjadi alternatif pilihan.

Sunrise yang muncul dari Puncak Kuta akan membuat siapa saja yang menyaksikannya takjub. Kabut tipis dan sinar mentari yang pelan-pelan menyinari, menuntun kita untuk bersyukur karena keindahannya. Tak jarang, tujuan utama pendaki mendatangi gunung ini karena spotnya sangat asyik untuk menikmati matahari terbit.

Tiket Masuk Gunung Kuta Sukamakmur

Untuk bisa menikmati keindahan alam Gunung Kuta, pengunjung diwajibkan membayar 20 ribu per orang. 5 ribu untuk parkir kendaraan roda 2 dan 10 ribu untuk parkir kendaraan roda 4. Murah bukan… Dengan total biaya tidak sampai 50 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan pengalaman dan keindahan alam Gunung Kuta Sukamakmur.

Jadi bagaimana? Penasaran dengan keindahan Bukit Wanapa atau Puncak Kuta Sukamakmur. Ajak pasangan, siapkan fisik dan stamina ya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *