5 Lokasi Camping Murah Meriah Di Jawa Barat Dengan Pemandangan Menakjubkan

Menghabiskan libur akhir pekan rasanya seru jika diisi dengan kegiatan camping. Bermalam di tenda, tracking, menjelajah, dan hal-hal menyenangkan lain akan membuat pribadi menjadi lebih dekat dengan alam. Camping sendiri sudah menjadi sebuah gengsi, pasti pernah mendengar istilah (Glamping) atau Glamour Camping. Menghabiskan malam didalam tenda yang sudah di modifikasi dengan segala fasilitas dan kemewahannya. Istilah tersebut hanya berlaku bagi mereka golongan finansial tinggi.

Bila sudah mulai jenuh pada pekerjaan, tidak ada salahnya untuk lebih sering bermain di alam terbuka. Banyak lokasi di Jawa Barat yang cocok untuk dijadikan tempat camping. Semua tergantung dengan kemampuan finansial, mau yang mahal, berkesan dan berkelas atau ingin yang murah ala Backpacker. 

Dari pada bingung mencari lokasinya dengan budget tipis, mari disimak. Berikut 5 lokasi camping murah meriah di Jawa Barat dengan pemandangan yang menakjubkan.

Ranca Upas Bandung

Bandung memang terkenal karena memiliki  suhu yang sejuk, itu disebabkan karena kota ini dikelilingi pegunungan. Berkunjung ke Bandung banyak lokasi yang bisa dijadikan tempat camping, salah satunya Ranca Upas. Keunikan disini ialah pengunjung bisa bercengkrama langsung dengan hewan Rusa. Selain itu banyak fasilitas lainya yang disediakan pengelola agar pengunjung betah berlama-lama.

Melewati malam disini sangatlah dingin dan disarankan membawa jaket tebal. Ketika pagi hari, kabut tipis menyelimuti area camping terlihat begitu dramatis. Camping di Ranca Upas pilihan tepat jika sedang berlibur di kota Bandung. Kota yang terkenal karena eksotisme dan romantismenya.

Baca Juga : Sebuah Catatan Perjalanan Menelisik Keindahan Alam Ciwidey

Tiket masuk Rp 15.000 dan biaya camping Rp 20.000 permalam. Berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Fasilitas tersedia toilet, Mushola, Kafetaria, Tempat bermain anak, dan masih banyak lagi.

Curug Citambur Cianjur

Rasakan menikmati malam dengan suara gemuruh air terjun. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan camping di Curug Citambur. Curug tersebut merupakan salah satu curug terindah di Jawa Barat. Suara debit air yang jatuh kebawah bisa merileksasi pikiran. Curug Citambur juga salah satu destinasi andalan wisata alam Kabupaten Cianjur.

Selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung juga diizinkan untuk camping. Ketinggian air terjunnya sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat deras. Disarankan tidak mendirikan tenda dekat air terjun karena bisa membasahi apa saja. Hembusannya mirip seperti kabut uap tipis berupa cipratan air. Karena belum ada jasa rental tenda, pengunjung diwajibkan membawa peralatan camping sendiri.

Baca Juga : Catatan Perjalanan Camping Di Bukit Kosakora Gunung Kidul Jogja

Tiket masuk Rp 3.000. Berlokasi di  Karangjaya, Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Fasilitas tersedia toilet, Mushola dan warung makan

Parang Gombong Purwakarta

Parang Gombong merupakan sebuah bendungan yang masih satu lokasi dengan Waduk Jatiluhur. Areanya luas dan memanjang bisa menampung ratusan tenda. Camping disini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang mengelilingi Waduk Jatiluhur.

Selain itu, pemandangan matahari terbit atau terbenam juga tak kalah indahnya dengan tempat lain. Menariknya lagi, kendaraan yang dibawa diizinkan masuk ke area camping. Bukan hanya itu, pengunjung juga diizinkan untuk memancing. Bendungan Parang Gombong, Lokasi ideal camping murah meriah di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga : Catatan Perjalanan Camping Cantik Trip Ekonomis Di Parang Gombong

Tiket masuk Rp 10.000. Berlokasi di Kutamanah, Sukasari, Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas tersedia toilet, Mushola, warung makan dan rental tenda.

Bukit Pamoyaman Subang

Negri di atas awan tanah Pasundan biasa penduduk lokal menyebutnya. Keunikan camping disni ialah bisa melihat lautan awan ataupun melihat city light Kabupaten Subang saat malam hari. Bukit Pamoyaman tak kalah indah dengan Golden Sunrise negri di atas awan seperti Dieng ataupun Bromo. 

Meskipun lokasi camping diatas bukit, hanya memerlukan waktu 15 menit tracking dari pintu masuk sampai lokasi camping. Bukit Pamoyaman merupakan wisata baru yang sedang hits dan dikelola langsung oleh karang taruna setempat.

Tiket Masuk Rp 10.000. Berlokasi di Kawungluwuk, Tanjungsiang, Kawungluwuk, Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Jawa Barat. Fasilitas tersedia toilet, warung makan dan rental tenda.

Geopark Ciletuh Sukabumi
5 Lokasi Camping Murah Meriah Di Jawa Barat
Camping Puncak Darma Geopark Ciletuh IG @hadi_manurung

Geopark Ciletuh merupakan salah satu destinasi primadona provinsi Jawa Barat. Taman bumi ini telah diakui UNESCO sebagai Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GNN). Banyak keindahan wisata alam yang ditawarkan, mulai dari puluhan air terjun, garis pantai yang indah dan kekayaan hayati dan kebudayaannya. Pengunjung juga bisa berkemah di kawasan Geopark ini.

Beberapa tempat bisa di jadikan sebagai lokasi camping. Namun tidak semua tempat diizinkan untuk berkemah. Yang paling sering dijadikan tempat berkemah ialah Puncak Darma dan Pantai Palampang. Tak seperti tempat sebelumnya, disini pengunjung tidak akan menemukan rental penyewaan alat, diharuskan membawa peralatan sendiri. Ingin puas mengeksplore Geopark Ciletuh, dengan cara camping adalah tips terbaik dari pada harus menyewa hotel maupun homestay.

Baca Juga : Catatan Perjalanan Menyusuri Curug Puncak Jeruk Geopark Ciletuh

Tidak ada harga tiket berkemah di sini. Hanya memberi petugas disana sebagai uang kebersihan saja. Besarannya pun tidak ditentukan. Seikhlasnya saja.

Itulah 5 lokasi camping murah meriah di Jawa Barat dengan pemandangan menakjubkan. Jadi bagaimana? Tertarik mencobanya!







Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *