Dekat Dengan Jakarta,5 Gunung Di Jawa Barat Yang Bisa Didaki Dalam Waktu Singkat

Mendaki sudah bagian dari salah satu gaya hidup jaman sekarang. Aktivitas tersebut kerap dijadikan hobi dan sebagai pelarian dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Beruntung alam Indonesia di angurahi banyak sekali gunung dengan pemandangan cantik.

Di Jawa Barat khususnya sudah tidak asing dengan kepopuleran gunung Gede Pangrango, Cermai ataupun Papandayan. Gunung tersebut selalu menjadi incaran para pendaki baik pemula maupun profesional. Keindahannya tak perlu diragukan lagi, bahkan banyak yang mendakinya hingga berkali-kali. 

Gunung tersebut memiliki ketinggian diatas 2500 mdpl. Perlu peralatan dan persiapan khusus untuk mendakinya. Estimasi pendakian bisa memakan waktu 2 sampai 3 hari. Lalu bagaimana jika tidak punya waktu banyak namun hasrat mendaki terus meningkat. Tak perlu khawatir? Masih ada beberapa gunung di Jawa Barat yang kalah populer, namun kelebihannya bisa didaki dalam waktu singkat, juga dekat dengan Jakarta.

Berikut daftar 5 gunung di Jawa Barat yang bisa didaki dalam waktu singkat dan dekat dengan Jakarta.

Gunung Batu Jonggol, Biar Kecil Cabe Rawit

Gunung_Batu_Jonggil.jpg
Gunung Batu By Instagram @didijournal

Di kalangan pendaki Ibukota, gunung ini biasa dijadikan sebagai pemanasan sebelum mendaki ke gunung yang sesungguhnya. Tingginya tidak seberapa, hanya 875 mpdl. Tingginya jangan anggap remeh, tantangan yang dihadirkan bisa bikin ciut nyali. Selain itu, gunung ini juga salah satu tempat terbaik menikmati matahari terbit ataupun terbenam.

Kurang lebih 30 menit waktu yang diperlukan untuk sampai puncak. Medannya curam dan sempit. Disini kalian bakal menemukan teknik mendaki dengan bantuan tali atau biasa disebut dengan istilah Prusiking. Karena medannya sempit dan curam harap hati-hati terlebih jika mendakinya saat musim penghujan. Tak heran jika banyak yang menyebutnya kecil-kecil cabe rawit.

Gunung Batu Jonggol terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat,

Baca Juga : Catatan Pendakian Gunung Prau Di Terjang Badai Pasir

Gunung Munara Rumpin Bogor, Banyak Meninggalkan Jejak Petilasan Sejarah

Gunung_Munara.jpg
Gunung Munara By Instagram @riougen

Selain gunung Batu, gunung Munara pernah ramai diperbincangkan para pendaki karena lokasinya dekat dengan Depok, Tanggerang dan Jakarta. Tingginya mencapai 1119 mpdl dan memerlukan waktu 1 sampai 1.5 jam lamanya pendakian.   Kawasan ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk para pendaki pemula atau sebagai tempat melepas kerinduan suasana puncak gunung. Medanya tidak terlalu berat dan didominasi hutan bambu.

Gunung ini juga dikenal karena memiliki goa dan tempat petilasan. Ada yang dinamai Goa Bung Karno, Goa Batu Belah, Petilasan Sultan Hasanuddin, Batu Menara Adzan, dan yang paling terkenal Batu Tapak Si Kabayan. Sebagian masyarakat mempercayai jika gunung Munara sebagai tempat bertapanya si Kabayan. Pendaki juga bisa melihat langsung jejak telapak kaki besar yang dipercayai sebagai telapak kaki si Kabayan.

Gunung Munara terletak di Kp. Sawah, Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga : Camping Ceria Di Bukit Seroja Dieng, Catatan Perjalanan

Gunung Kencana Puncak Bogor, Ada Tanjakan Unik Yang Dinamakan Sambalado

Gunung_Kencana_Bogor.jpg
Gunung Kencana By Instagram @vinaarianoviana

Banyak yang tidak tahu? Jika di puncak Bogor ada gunung yang bisa didaki dalam waktu singkat, namanya gunung Kencana. Jalur pendakiannya resmi dibuka dari tahun 2016 yang lalu. Gunung ini terkenal ramah untuk siapa saja, tak perlu peralatan khusus untuk mendakinya. Jika cuaca cerah, di puncaknya terlihat jelas gagahnya Gede Pangrango yang nampak dari kejauhan.

Gunung dengan tinggi 1803 mpdl ini sangat direkomendasikan untuk semua kalangan. Memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dari pos pintu masuk sampai puncak. Di gunung ini ada tanjakan unik, siapapun yang melewatinya akan dibuat dengkul terasa pedas. Atas dasar itulah tanjakan tersebut dinamakan tanjakan sambalado.

Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Gunung Kapur Ciampea Bogor, Memiliki 3 Puncak Dan Banyak Ditemukan Goa Bertebaran.

Gunung Kapur Ciampea Bogor bukanlah sebuah gunung melainkan sebuah bukit yang didominasi oleh struktur batuan kapur. Menariknya gunung ini memiliki 3 puncak, Puncak Batu Roti, Puncak Galau dan yang tertinggi dan menjadi icon yaitu Puncak Lalana. Padalah titik tertingginya hanya 385 mdpl tapi banyak menyimpan keunikan. Selain ketiga puncak, dikawasan ini banyak sekali dijumpai goa yang bertebaran.


Tempat ini merupakan salah spot camping terbaik menikmati matahari terbit, terbenam, ataupun sekedar menikmati City Light kota Bogor. Selain untuk mendaki, kawasan ini juga tempat favorit para pecinta aktivitas Caving atau susur goa. Keunikan dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Layak masuk list pendakian selanjutnya.


Gunung Kapur terletak di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor, Jawa Bara.

Baca Juga : Menjajal Paket Full Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Gunung Bendera Padalarang, Tempat Terbaik Menikmati Alam Padalarang
Gunung_Bendera.JPG
Gunung Bendera By Instagram @riougen

Dari Bogor sekarang beranjak ke Padalarang. Ada satu gunung yang sedang hits dan tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Hanya memakan waktu 3-4 jam perjalanan dari Jakarta untuk sampai lokasi. Namanya Gunung Bendera, gunung ini kian populer berkat pesatnya media sosial seperti Instagram. Gunung yang memiliki tinggi 1403 mpdl ini bisa ditaklukkan oleh semua kalangan. 


Estimasi pendakiannya cukup singkat, hanya 1 jam dari basecamp sampai puncak. Walaupun terlihat pendek, pemandangan yang disajikan tak kalah cantik dengan gunung yang lebih tinggi. Penampakan matahari terbit dari sini terlihat sangat menarik. Itu karena wilayah ini dikelilingi pegunungan dan perbukitan khas Bandung Barat. Tempat ini juga salah tempat terbaik menikmati alam Padalarang.


Gunung Bendera terletak di Kampung Pojok, Desa Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 
Jadi bagaimana? Tertarik mendakinya. Meskipun kalah populer, ke 5 gunung di Jawa Barat tersebut layak diperhitungkan. Selain dekat dengan Jakarta, gunung ini bisa didaki dalam waktu singkat.












2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *