4 Hal yang Tidak Bisa Dikompromikan dalam Memburu Hunian

4 Hal yang Tidak Bisa Dikompromikan dalam Memburu Hunian

Di zaman sekarang,pencarian informasi sebuah produk kini tidak terlalu sulit setelah beragamplatform marketplace di internet muncul. Bahkan tidak hanya kebutuhan sekunderdan tersier, kebutuhan barang primer pun kini dapat dimiliki hanya denganpembelian via internet.

Properti mungkin berbedadengan kebutuhan primer lain seperti bahan makanan, pakaian atau perangkattelekomunikasi yang dapat langsung didapatkan setelah pembelian via internet.Pasalnya, sang pembeli properti selain bertemu dengan beragam persyaratan,properti yang ingin dibeli juga harus dipastikan secara langsung.

Tara Mastroeni,professional content creator dalam bidang properti yang juga merupakankontributor di Forbes.com, mengatakan terdapat beberapa hal yangpenting yang harus dipertimbangkan bagi masyarakat pembeli yang berniatmemiliki hunian idaman khususnya untuk waktu yang sangat lama (jangka panjang).Beberapa hal tersebut dikenal sebagai hal yang tidak bisa dikompromikan saat berniat membeli hunian.

Lokasi Hunian

Jika kondisi fisik hunian sangat buruk, para penghuni masih dapatmerenovasinya hingga bentuk terbaik yang diinginkannya. Namun, jika lokasinyayang sangat buruk, faktor tersebut sudah pasti merupakan suatu hal yang tidakakan bisa diperbaiki. Menurutnya, menyukai lokasi sejak awal menurut subjektifitas calon penghuninya merupakan poin yangsangat penting.

4 Hal yang Tidak Bisa Dikompromikan dalam Memburu Hunian
4 Hal yang Tidak Bisa Dikompromikan dalam Memburu Hunian

Ia menyarankan sebelummenentukan calon huniannya, para pencari properti harus menjawab beberapapertanyaan untuk tentang lokasi rumah dijual yang diperlukannya. Misalnya sajaseperti jarak ke lokasi aktivitas sehari-hari, kedekatan dengan tempatperbelanjaan, polusi suara dari jalanan sekitar, kedekatan dengan fasilitaspendidikan, pajak rumah, hingga tingkat keamanan hunian.

Perhatikan Anggaran

Alokasi anggaranmerupakan harga mati yang tidak bisa dikompromikan dalam memilih hunian idaman.Jangan sampai calon pembeli gelap mata untuk mengorbankan sejumlah anggaranpenting untuk memboyong hunian idamannya yang memiliki harga di atas budget.Dalam menyusun anggaranpengeluaran, langkah awal adalah menentukan besarnya cicilan bulanan dengannominal yang anda rasa nyaman. Kenyamanan yang ditentukan dapat berartikomitmen. Gunakan kalkulator cicilan untuk mengetahui pembayaran per bulannya.

Setelah menemukan nominal yang dirasa nyaman, selanjutnya yaitu menggabungkanpengeluaran rutin dan anggaran cicilan perbulan. Pada tahap ini, sisihkan jugasekiranya anggaran untuk pengeluaran tak terduga

Kondisi Bangunan

Selain menentukan tipe luasan, kondisi rumah pada dasarnya selalu darisubjektivitas calon pembelinya. Apakah kondisi rumahdijual tersebut merupakan hunian yang harus direnovasi (fixer-upper house)atau tipe hunian yang tinggal ditempati tanpa harus direnovasi (Turnkey Home).Jika memilih rumah yang memerlukan renovasi, anda harus berpikir realistisseberapa besar renovasi yang diperlukan dan pastikan anggaran keuangan andamencukupi.

Pembagian Area

Tara mengatakan sangat penting juga untuk menetapkan jumlah ruangan yang diharapkan oleh calon pembeli sejak awal pencarian. Hal ini juga berlaku untuk area-area khusus seperti wardrobe, area mencuci hingga area kerja. Jika pemikiran anda membeli hunian bertujuan sebagai hunian masa depan saat berkeluarga, anda juga harus memikirkan ketersediaan ruangan untuk anggota keluarga anda nantinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *