Pendakian Gunung Andong Dari Jakarta Sunrise Gunung Andong

Sebenarnya bukan start dari Jakarta siiihh tepatnya dari Cibitung Bekasi,kerena sama sama dari arah Jakarta makanya judulnya diberi nama Pendakian Gunung Andong dari Jakarta. Ini adalah pendakian akhir tahun 2016 ke 2017 tapi disni saya baru sempet nulis maklum sibuk modus sana sini !!! Menghabiskan malam tahun baru di gunung sepertinya cool banget apa lagi temanya menyaksikan langsung matahari terbit pertama 2017 di puncak Gunung Andong. Sengaja memilih gunung Andong karena gunung ini mudah di daki dan tingginya hanya 1.726 MDPL,bukan meremehkan loh yah dan memamg benar buat saya gunung ini sangat mudah di daki apa lagi pendaki pemula seperti saya. Waktu pendakiannya juga cukup singkat dengan waktu normal dua jam hingga sampai puncak. Gunung Andong ini berada di wilayah Girirejo,kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Ada 3 jalur pendakian gunung Andong

  1. Pendakian via Dusun Sawit
  2. Pendakian via Pendem
  3. Pendakian via Dusun Gogik

Dan saya pun memutuskan melakukan pendakian via Dusun Sawit. Konon kata para pendaki yang pernah menjajal gunung Andong,pendakian gunung andong via dusun sawit merupakan rute tercepat,terfavorit dan mudah di akses. Karena informasi itulah akhirnya saya memilih rute Dusun Sawit. Pada trip akhir tahun kali ini Pendakian Gunung Andong saya berhasil memikat 2 partner trip ialah Dewa dan Mitha. Pada itinerary yang saya buat untuk meyakini 2 partner supaya bisa ikut,ialah dengan itinerary sebagai berikut :

  1. Sekitaran Malioboro
  2. Sunrise Gunung Andong (Sunrise pertama di tahun 2017 puncak gunung Andong)
  3. Candi Borobudur
Pendakian Gunung nadong dari jakarta
Selfie Manis

Ternyata itinerary yang dibuat sukses meyakini Dewa dan Mitha untuk bisa ikut trip akhir tahun 2016-2017 kali ini dengan asumsi liburan Jogja dan Magelang. Perjalanan start di mulai dari pool Sinar Jaya Cibitung Bekasi jurusan Jogja. Loh kok ke Jogja bukan ke Magelang,karena itinerary yang di buat untuk liburan di Jogja dahulu jadi kita putuskan dengan naik Sinar Jaya jurusan Cibitung-Jogja. Sebenarnya untuk langsung menuju Gunung Andong bisa langsung naik bus jurusan Jakarta-Magelang terminal Tidar,atau bisa dengan naik kereta turun di Jogja dan menyambung bus keciil ke arah Magelang.

30 Desember 2016 suasana pada waktu itu di pool SInar Jaya Cibitung,ramai sekali para pemudik,backpacker ataupun pendaki lain yang hendak pulang kampung ataupun mengisi liburan di berbagai kota di Jawa Tengah. Dari kedatangan saya sore hingga malam hari,penumpang atau pemudik membludak luar biasa tidak sebanding dengan ketersedian Bus yang ada. Sempat dilema juga ?? bisa bisa liburan akhir tahun ini Pendakian Gunung Andong via Dusun Sawit batal gara-gara tidak kebaigian tiket jurusan Jogja. Alternatif lainya ialah dengan naik mobil travel dengan harga dua kali lipat dari harga normal. Karena kita membawa tas caril lengkap dan besar tidak mungkin juga kita menggunakan jasa mobil travel seperti Xeni*,Avanz* dan lain lain.

Pendakian Gunung Andong Dari Jakarta
Menuju Jogja

Setelah berunding akhirnya kita memutuskan mencari mobil atau Bus Travel ukuran lebih besar. Mencari calo calo yang berkeliaran yang menawarkan bus travel ukuran besar atau sedang,akhinya mobil pun dapat dengan harga tiket 200K per orang jurusan Jogja. Mau bagaimana lagi ?? kita harus rela membayar dengan harga seperti itu dari pada kita tidak jadi berangkat sama sekali. Menurut pengakuan si calo ?? mobil yang akan kita naiki adalah mobil bus pariwisata seat 2-3. Hati ini sudah merasa ihklas dengan harga segitu dengan harapan bus yang akan kita naiki nanti bener bener special. Dan ternyata ???? di luar ekspetasi,bukan bus seperti yang kita harapkan melainkan bus Mayasari bakti yang ada di hadapan kita. Sudah pada tau kan bus Mayasari bakti yang biasa melayani rute rute Jabodetabek. Hati yang sudah merasa ihklas tiba tiba kembali gondok,suuuuuee dapat bus kaya gini !!!!!!!

Perjalanan pun di mulai,yeeaaahh Jogja Magelang I’m cooming !!!!. pada waktu itu lagi sedang trend atau viral “Om Telolet Om. Tau gak ?? boro boro telolet,kelakson bawaan aja sember suaranya hingga saya untuk inisiatif keluar jendela sambil terika teriak “telolet-telolet-telolet” jika ada sekumpulan anak kecil di luar yang meminta minta sopir bus untuk menyalakan klaksonnya.  Jam 8 pagi yang saya pikir ini bus sampai ke Terminal Giwangan Jogja,ternyata kita dan penumpang lainnya di turunkan di Terminal Purworejo. Sempat debat panjang dengan sang kondektur bahkan hampir saja saya nabok tuh si kondektur,kesepakatannya kita akan di antarkan sampai Terminal Giwangan Jogja tapi kenyataannya kita cuma di antarkan sampai Terminal Purworejo. Malah kita di kasih ongkos tambahan untuk melanjutkan perjalanan naik bus umum kea rah Jogja,dengan tegas saya mengatakan “maaf saya bukan cowo gampangan….”

Pendakian Gunung Andong
Saya-Dewa-Mitha

 

Jika melihat jarak antara Jogja-Magelang dan Purworejo-Magelang, Jarak ke Magelang lebih dekat jika dari Purworejo mau tidak mau liburan di jogja sekitaran Malioboro batal. Dan demi mengejar waktu kita langsung menuju Terminal Tidar Magelang dengan naik bus kecil waktu tepuh satu jam seharga 15K pwe orang. Setibanya di terminal Tidar Magelang,kita langsung istirahat dan saya juga tidak lupa menghubungi basecamp Gunung Andong,sebelum berangkat saya lebih dahulu menghubungi contak basecamp Taruna Jaya Giri Dusun Sawit Gunung Andong untuk sekedar mencari atau menambah informasi tentang transportasi lanjutan menuju Basecamp Dusun Sawit. Untuk informasi Basecamp Dusun sawit bisa klik disni.

 

Dari Terminal Tidar Magelang menuju basecamp di lanjutkan naik bus kecil Tunas Mulya,untuk menuju basecamp Taruna Jaya Giri Dusun Sawit Ngablak Magelang seharga 10K per orang. Nah.. kalau bingung turunnya dimana ? bilang aja sama kondektur untuk minta di turunkan di pasar Ngablak Dusun Sawit,dari sana menuju basecamp bisa jalan kaki atau naik ojek,kalau jalan kaki jaraknya kurang lebih 4 kilo. Karena waktu kita masih banyak akhinya kita putuskan jalan kaki saja biar keliatan wibawanya dan hitung hitung pemanasan.

Biaya atau tiket masuk pendakian gunung Andong via Dusun Sawit terbilang cukup murah hanya 8K per orang. Biaya tiket masuk yang murah tidak sebanding dengan situasi disana,berhubung kedatangan kita tepat di 31 Desember 2016. Sudah banyak pendaki lain yang berdatangan dan mungkin tujuan mereka sama sperti kita yaitu menghabiskan malam tahun baru di puncak Gunung Andong. Takut tidak kebagian tempat untuk mendirikan tenda,kita ngebut bablas dari pos satu sampai puncak dengan waktu tempuh satu jam 45 menit,cepet kan……sombong !!!!!!

Pendakian Gunung andong
Peta Pendakian Gunung Andong

Kondisi track juga lumayan menanjak tapi tidak terlalu ekstream,di Gunung Andong juga tersedia mata air yang bisa di temukan sebelum menuju puncak. Eh… ternyata di puncak Andong tersedia warung juga loh,jadi jangan kawatir jika tidak membawa perbekalan banyak. Malam tahun baru kita di gunung Andong di sambut hujan rintik kecil yang menambah dinginnya udara pada waktu itu. Katanya ??? kalau lagi cerah,kita bisa melihat lampu kerlap kerlip kota Magelang dari ketiunggian. Sayangnya pada waktu itu kabut tebal menghalangi kita melihat pemandangan kota Magelang di puncak Gunung Andong.

Pendakian Gunung andong Dari Jakarta
Mata Air
Pendakian Gunung Andong
Gunung Andong

Malam tahun baru di gunung Andong kita lewati biasa biasa saja tanpa ada yang special seperti kembang api dan lain-lain. Hingga menjelang pagi tiba,dimana agenda utama yaitu menyaksikan langsung matahari terbit pertama 2017 di puncak gunung Andong disambut riuh ramai oleh pengunjung lain dengan detik detik penampakan matahari terbit pertama 2017. Happy New Year semoga bla bla bla bla bla yang baik baik yah pokoknya.  Meskpun Sunrise gunung Andong tidak seindah seperti gunung gunung lain di Jawa Tengah. Dengan begitu itinerary kita sukses melihat langsung matahari terbit 2017 di ketinggian 1.726 MDPL Gunung Andong,di puncak Gunung Andong kita juga bisa melihat megahnya gunung Sumbing,Sindoro,Merbabu,Unggaran dan Selamet.

Penampakan Sunrise Gunung andong

Tidak usah berlama lama menikmati keindahan gunung Andong,karena kita punya agenda atau itinerary selanjutnya ialah Candi Borobudur. Tepat jam 8 pagi setelah sarapan dan berkemas kita putuskan kembali ke Bacesamp Taruna Jaya Giri Dusun Sawit. Dalam perjalanan turun estimasi kita hanya memakan waktu 45 menit hingga sampai basecamp. Dari basecamp menuju pasar Ngablak kita memakai jasa ojek seharag 10K per orang. Ah saya capek kalau mesti jalan kaki lagi jadi kita putuskan naik ojek. Dari pasar Ngablak Dusun Sawit kembali kita naik bus kecil Tunas Mulya jurusan Terminal Tidar Magelang seharga 10k per orang.

Pendakian Gunung Andong
Kembali Ke Jakarta

Di Terminal Tidar Magelang,saya putuskan untuk istirahat sementara Dewa dan Mitha melanjutkan liburan mereka ke Candi Borobudur. Kenapa saya tidak ikut mereka ke Candi Borobudur,gak ah yang ada saya hanya jadi kambing conge melihat kemesraan mereka. Jadi saya lebih baik istirahat sambil menunggu sore sebelum kembali pulang ke Jakarta.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *