Koperasi Simpan Pinjam untuk Startup

Semua orang pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya koperasi. Koperasi sendiri memiliki banyak pengertian, tujuan, dan jenis, salah satunya adalah simpan pinjam. Lalu apakah itu koperasi simpan pinjam? Apakah bisa dimanfaatkan untuk meminjam uang dan sejenisnya untuk perseorangan ataupun startup? Berikut penjelasan lebih detailnya.

Koperasi Simpan Pinjam, Pengertian, Sumber, Tujuan, Prinsip Serta Fungsinya

1. Pengertian Secara Umum

Koperasi simpan pinjam yaitu sebuah jenis koperasi dimana kegiatan usaha yang dilakukan adalah dengan menghimpun serta menyalurkan dana ke anggota yang dimiliki dengan suku bunga yang tidak tinggi. Koperasi yang satu ini sering pula disebut dengan koperasi kredit. Hal itu dikarenakan pengelolaan koperasi ini dilakukan mandiri serta demokratis. Jadi para anggota akan bergabung dengan sukarela. Namun ada pula beberapa orang yang menyebutkan jika koperasi ini adalah suatu lembaga keuangan bukan bank yang kegiatan usahanya berupa penerimaan simpanan dari para anggota, dan juga membantu meminjamkan uang ke anggotanya pula dengan bunga yang terjangkau.

2. Sumber Yang Dihasilkan

Adapun sumber dari koperasi simpan pinjam itu bermacam-macam. Pada dasarnya sumber yang ada di bagi menjadi dua yaitu dari modal pinjaman dan modal pribadi. Modal pribadi yaitu modal yang asalnya dari para anggota koperasi. Bisa berbentuk simpanan pokok, wajib, sukarela, maupun hibah. Sementara modal pinjaman yakni modal yang asalnya dari anggota koperasi lain dan juga lembaga keuangan lainnya. Misalnya saja dari bank.

3. Tujuan Mendasar

Tujuan diadakannya koperasi ini adalah dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan anggota koperasinya. Jadi bisa dibilang jika tujuan utama adanya koperasi ini bukanlah untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya melainkan lebih kepada manfaat apa yang dapat dirasakan anggotanya.

4. Prinsip Yang Dianut

Koperasi simpan pinjam memiliki prinsip yang dipegang teguh oleh anggotanya. Prinsip yang dianut oleh koperasi ini yaitu:

  • Pengelolaannya secara demokratis serta mandiri.
  • Lana dan SHU atau Sisa Hasil Usaha akan dibagikan ke anggota dengan adil dan berdasarkan kesepakatan bersama.
  • Keanggotaannya bersifat sukarela serta terbuka.
  • Kekuasaan paling tinggi berada di rapat para anggotanya.
5. Fungsi Serta Peranannya

Setiap koperasi pastilah memiliki fungsi yang berbeda-beda. Adapun fungsi dan peranannya di bagi menjadi dua yaitu dari segi simpanan dan pinjamannya. Untuk koperasi jenis ini fungsi untuk para anggota yang tergabung antara lain sebagai berikut :

A. Fungsi Serta Peran Simpanan

  • Uang yang disimpan di sana dapat menjadi sebuah investasi di masa tua.
  • Uang akan lebih terjamin keamanannya.
  • Dapat membuat keinginan menabung di antara anggotanya.
  • Uang yang disimpan bisa diambil semua ketika ingin berhenti keanggotaan.

B. Fungsi Serta Peran Pinjaman

  • Proses pemberian kredit ke anggota akan lebih cepat dan mudah. Tidak ada anggunan maupun jaminan kredit yang ditetapkan.
  • Memberikan pinjaman dengan bunga yang tidak tinggi sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh anggotanya.
  • Terdapat kredit pinjaman koperasi yang bisa membantu anggota untuk menaikkan pendapatan dari usaha yang ditekuni. Jadi secara tidak langsung bisa mengurangi angka kemiskinan.

Demikian penjelasan mengenai koperasi simpan pinjam yang meliputi pengertian, sumber, tujuan, prinsip, serta fungsinya. Salah satu koperasi berjenis simpan pinjam yang dapat membantu permasalahan Anda adalah Pracico dari MIS financial service. Di Pracico Anda akan menemukan kemudahan yang belum tentu ditemukan di tempat lain. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi websitenya di pracico.com. Di sana semua info lengkap serta kontak yang bisa dihubungi tertera.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *