Curug Saderi, Kembar Tiga, Hordeng. Camping di Pasir Luhur Campsite Bogor! Banyak Curugnya

Curug saderi

Pagi pun tiba! Setelah menikmakti malam camping di Pasir Luhur Campsite, agenda selanjutnya ialah menyusuri curug. Menurut kang Damar pihak yang bertugas dan penangggung jawab lokasi, disini terdapat banyak curug. Namun hanya 3 curug yang mudah di akses, Curug Saderi, Curug Kembar Tiga dan Curug Hordeng.

Mendengar informasi tersebut, semangat dan bergegas merapihkan tenda, sarapan dan bersih-bersih dari sisa aktivitas semalam. Sementara ke 5 teman yang dari Bogor memustukan untuk pulang lebih awal. Lain kesempatan, kita akan camping ceria lagi. Semoga kebersamaan ini tak kan terlupakan.

Lokasi Curug Saderi, Sepi dan Tersembunyi

Perut sudah sudah terisi, semua sudah siap saatnya berangkat karena waktu sudah menjelang siang. Jarak dari area camping ground Pasir Luhur Campsite menunju lokasi Curug Saderi lumayan. Harus tracking menyusuri rimbunnya hutan Gunung Salak kurang lebih 30 menit. Kondisi track banyak bonusnya, namun disisi kanan jurang dengan kedalaman hampir 100 meter mewajibkan gue harus hati-hati.

Untung saja waktu itu sedang musim kemarau panjang, bisa dibayangkan jika sedang musim penghujan pasti akan terasa licin.

Dari kejauhan terdengar suara gemuruh air yang begitu deras, menandakan sebentar lagi akan sampai. Ekseptasi gue, disana pasti ramai karena ini akhir pekan. Setibanya di lokasi Curug Saderi, ekspetasi mengalahkan realita. Sepi dan hanya beberapa pengunjung, tidak sampai 10 orang. Baru kali ini gue liat curug sesepi ini.

Curug Saderi
Curug Saderi (Dok : Pribadi/@rumilagi)

Curug Saderi memiliki tinggi hampir 30 meter dan lebar 5 meter. Debit airnya sangat deras padahal ini musim kemarau, tak terbayang bagaimana derasnya jika di musim penghujan. Curug ini belum begitu familiar terbukti hastag yang di sosial media Instagram hanya di bawah -1000 hastag. Curug Saderi tempat yang pas dijadikan sebagai tempat pelarian, karena lokasinya yang sepi, tersembunyi ditengah rimbunnya hutan Gunung Salak.

Sayangnya waktu gue tak banyak dan harus kembali pulang. Padahal jika tracking ke atas lagi, gue akan menemukan Curug Kembar Tiga, Curug Hordeng dan masih banyak Curug lainnya. Apa boleh buat, next time pasti akan kembali kesini. Tapi tenang gue tetap akan menceritakan keindahan Curug Kembar Tiga, Hordeng dan curug-curug lainnya. Bukan dari apa yang gue lihat melainkan dari apa yang gue riset.

Berikut informasi tentang Curug Kembar Tiga, Hordeng dan Curug-curug lain yang berada diatas Curug Saderi. Yang gue kutip dari catatan perjalanan mas @andryan_w lewat blog : www.waterfalladventurebekasi.blogspot.com

Curug Kembar Tiga

Curug Kembar Tiga ini biasa di posting dengan nama Curug Tebing atau Curug Dua. Dinamakan Curug Kembar Tiga karena aliran air dari atas curug ini memecah menjadi tiga bagian. Curug Kembar Tiga ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan kedalaman seperut orang dewasa. Curug Kembar tiga inilah yang akan menjadi cikal bakal dari Curug Saderi.

lanjut perjalanan lagi menelusuri curug berikutnya yang ada di atas aliran Curug Kembar Tiga. Jalurnya adalah dengan berjalan naik tebing di samping Curug Kembar Tiga ini, lumayan ekstrim, terus telusuri aliran air di atas Curug Kembar Tiga, sekitar 10 menit sampai di curug kedua yaitu Curug Hordeng.

Curug Hordeng

Dinamakan Curug Hordeng karena bentuk curugnya yang lebar dan memanjang seperti hordeng, Curug Hordeng ini bentuk tebingnya hampir sama dengan Curug Kembar Tiga, yang membedakan adalah di Curug Hordeng ini aliran air yang jatuh ke bawah rata ke semua tebingnya.

Curug Hordeng ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan kedalaman sekitar sepaha orang dewasa, Curug Hordeng ini belum ada orang yang mengunjungi sebelumnya. Curug Hordeng ini yang akan menjadi cikal bakal dari Curug Kembar Tiga dan Curug Saderi.

Lanjut kembali perjalanan karena masih banyak curug-curug diatasnya, sama seperti dari Curug Kembar Tiga ke Curug Hordeng, harus berjalan naik di tebing di samping Curug Hordeng.

Curug Muara Ciburial

Sekitar 10 menit berjalan menelusuri aliran sungai di atas Curug Hordeng, akan tiba di curug ketiga yaitu Curug Muara Ciburial. Curug Muara Ciburial ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 8 meter dengan bagian yang dangkal di dasarnya. Walaupun Curug Muara Ciburial ini pendek tapi aliran air dari Curug Muara Ciburial ini yang akan menjadi 3 curug besar yaitu Curug Hordeng, Curug Kembar Tiga dan Curug Saderi.

Curug Leuwi Logak

Lanjut perjalan lagi menelusuri curug berikutnya, kali ini tidak naik ke atas tebing, cukup berjalan menelusuri aliran sungai saja, sekitar 10 menit berjalan sampailah di curug keempat yaitu Curug Leuwi Logak. Curug Leuwi Logak ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

Sama seperti Curug Muara Ciburial walaupun Curug Leuwi Logak ini pendek tapi aliran air dari Curug Leuwi Logak ini yang akan menjadi 4 curug di bawahnya yaitu Curug Muara Ciburial, Curug Hordeng, Curug Kembar Tiga dan Curug Saderi.

Lokasi Curug Saderi, Curug Kembar Tiga, Curug Hordeng dan curug lainnya berlokasi di Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan Bogor. Kamu juga bisa masuk melalui Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan Bogor. Kedua desa tersebut jaraknya berdekatan. Selain menelusuri curug, kamu juga bisa camping ground di Pasir Luhur Campsite.

Jalan menuju Curug Sadari maupun curug disekitarnya, jika menggunakan transportasi umum,

  1. Stasiun Bogor naik angkot ke terminal Laladon atau Bubulak.
  2. Dari terminal Bubulak naik angkot jurusan Leuwiliang atau Jasinga turun di pertigaan Cibatok. Di pertigaan Cibatok ini ada polsek Cibungbulang.
  3. Dari pertigaan Cibatok naik angkot no 52 jurusan gunung Picung turun. Turun di pertigaan Abah AA
  4. Dari pertigaan Abah AA naik ojek ke Pasirluhur Campsite. Bayar ojeg sekitar 15.000.

Note : Jika ingin menelusuri semua curug, disarankan pakai pemandu lokal. Untuk informasinya silahkan hubungi Kang Damar 0857-1787-5727

Jadi bagaimana? Penasaran dengan keindahan Curug Saderi, Curug Kembar Tiga, Curug Horden dan curug-curug yang ada disekitarnya. Tunggu apa lagi!!!! Berangkat sekarang, selamat berlibur.

One thought on “Curug Saderi, Kembar Tiga, Hordeng. Camping di Pasir Luhur Campsite Bogor! Banyak Curugnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *