Curug Cikawah Pamijahan Bogor,Unik! Curug Yang Berdampingan dengan Kawah

Curug-Cikawah.jpg

Bogor merupakan kota dengan sebuatan sejuta curug. Entah berapa banyak jumlahnya, yang jelas curug di Kota Bogor tak terhitung banyaknya. Mulai dari curug yang sudah dikelola swasta, hingga curug yang sangat sulit di akes. Salah satu curug yang sulit di akses ialah Curug Cikawah Pamijahan Bogor.

Curug Cikawah letaknya terbilang terpencil dan butuh perjuangan. Butuh waktu kurang lebih 2.5 jam tracking dari parkir kendaraan untuk sampai lokasi. Tepatnya berada di kawasan atau kaki Gunung Salak, Curug Cikawah ini benar-benar tersembunyi karena belum banyak yang mengunjunginya.

Selain Curug Cikawah, kamu akan menemukan Curug Gleweran. Curug ini memiliki tinggi sekitar 6 meter dengan kedalaman 1-2 meter. Air yang mengalir ke curug ini ialah air yang berasal dari Curug cikawah.

Curug-cikawah.jpg
Curug Glaweran IG @titahayunir

Curug ini sangat unik karena berada di kawasan kawah. Aliran airnya terasa panas, jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya yang terasa dingin. Bau blerang terasa menyengat, atas dasar itulah masyarakat setempat menamakan curug ini dengan nama Curug Cikawah.

Curug Cikawah ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan kedalaman hampir 2 meter. Selain itu curug ini kelilingi oleh kawah-kawah kecil yang masih aktif. Dari air yang jatuh dari curug ini terasa dingin, namun setelah mengalir kebawahnya akan terasa panas karena melintasi kawah.

Curug-Cikawah.jpg
Curug Cikawah IG @ihsan_ggmu

Penasaran? Untuk bisa menemukan curug ini butuh perjuangan, tracking menyusuri sawah penduduk, menaiki bukit hingga menyusuri sungai. Lelah perjuanganmu akan terbayar ketika sampai lokasi.

Lokasi Curug Cikawah

Berlokasi di Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan Bogor Jawa Barat

Rute Menuju Curug Cikawah

  1. Stasiun Bogor naik angkot ke terminal Bubulak.
  2. Dari terminal Bubulak naik angkot jurusan Leuwiliang atau Jasinga turun di pertigaan Cibatok. Di pertigaan Cibatok ini ada polsek Cibungbulang.
  3. Dari pertigaan Cibatok naik angkot no 52 jurusan gunung Picung turun. Turun di pertigaan Abah AA
  4. Dari pertigaan Abah AA naik ojek ke sampai gerbang masuk Curug Cikawah

Jika mengunakan kendaraan pribadi, dari Jakarta ambil rute Cibubur- Cileungsi – Citeureup – Sirkuit Sentul – Jl.Raya Bogor – Yasmin/Bubulak – IPB Darmaga – Pertigaan Cibatok – Pertigaan Cemplang – Desa Cibitung – Desa Ciasmara – Air Panas/Curug Cimanglid/Curug Cikawah.

Tiket Masuk Curug Cikawah

Harga tiket masuk Rp 10.000/ orang dan Parkir Rp 5.000

Selain Curug Cikawah yang unik, Kecamatan Pamijahan Bogor juga menyimpan banyak curug. Bahkan hanyak yang menyebutnya surga curug, salah satunya kalian bisa baca artikel di Sini

Jadi bagaimana? Penasaran dengan keunikannya, yuk angkat ranselmu. Keunikan Curug Cikawah menantimu!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *