Bukit Waruwangi Serang Banten, Sensasi Menikmati Alam Dengan Cara Unik

Bukit Waruwangi

Serang merupakan Ibu Kota Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini berada di sisi bagian utara Provinsi Banten. Selain terkenal dengan sejarah dan budayanya, kabupaten ini juga memiliki beragam wisata yang menarik. Salah satunya Bukit Waruwangi. Menariknya disini teman travelers bisa menikmati wisata alam, kuliner dan juga edukasi.

Awalnya Bukit Waruwangi merupakan area peternakan dan penangkaran hewan (Ruminansia) seperti rusa dan sapi dengan luas hampir 120 hektar. Pada tanggal 25 Agustus 2019 yang lalu, peternakan dan penangkaran hewan ini diresmikan menjadi tempat wisata. Tingginya animo masyarakat yang datang, banyak yang beranggapan jika Bukit Waruwangi mirip dengan New Zaelandnya Banten. Seperti apa keunikan dan keindahannya? Disimak yuk!

Memberikan makan hewan secara langsung

Bukit Waruwangi
Image Credit : IG @risma_sykes

Kurang lebih ada 100 hewan Sapi dan Rusa yang di kembang-biakan. Hewan-hewan tersebut dibiarkan berkeliaran bebas, bahkan pengunjung dizinkan untuk memberikan makan atau berinteraksi secara langsung. Hewannya lucu dan juga menggemaskan. Rusa dan Sapi tersebut di datangkan langsung dari berbagai daerah. Masalah keamanan tak perlu khawatir, semua Rusa maupun Sapi sudah jinak, namun ada beberapa ekor Rusa yang masih malu-malu. Berpetualang sambil memberi makan hewan akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Baca Juga : Gunung Kendil, Menikmati Sisi Lain Gunung Sindoro

Spot cantik yang memanjakan mata

Bukit Waruwangi
Image Credit : IG @anisnrdllh_

Buat teman travelers penikmat Kopi, disini ada lokasi menarik yang bangunannya seperti kedai, namanya Pojok Kopi Rangkong. Disini merupakan tempat terfavorit para pengunjung. Menariknya, kedai kopi tersebut dibangun berhadapan langsung dengan hamparan lahan dan perbukitan. Siapanpun yang datang dan duduk disini pasti akan betah berlama-lama. Tak hanya kopi, berbagai macam kuliner dan aneka minuman juga dijual disini.

Baca Juga : Curug Cikawah Pamijahan Bogor, Unik Curuh yang Berdampingan dengan Kawah

Bukit Waruwangi
Image Credit : IG @gunamujahada

Lelah habis mengejar Sapi dan Rusa, kongkow di Pojok Kopi Rangkong jadi tempat asyik sambil menikmati alam khas Bukit Waruwangi. Selain Pojok Kopi Rangkong yang menjadi spot favorit, disebelahnya ada saung yang dinamakan Saung Pasir Angin. Lokasipun sama, dibangun menghadap langsung hamparan lahan sabana dan perbukitan. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan hijaunya hutan dari atas bangunan berlantai dua.

Tersedia camping ground

bukit waruwangi
Image Credit : IG @sundari_suun

Kegiatan akhir pekan rasanya seru kalau diisi dengan kegiatan camping. Apalagi kalau bersama sahabat, pacar dan keluarga. Kejenuhan rutinitas seakan hilang dengan sekejap, camping di Bukit Waruwangi bisa jadi pilihan. Area camping satu ini bisa dibilang cukup unik karena memadukan konsep pegunungan dan peternakan dalam satu kawasan. Camping di alam terbuka bisa jadi salah satu cara berlibur di alam terbuka loh.

Tak punya peralatan tapi ingin menjajal camping disini, tak perlu khawatir. Pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai macam perlengkapan kemah lengkap. Harga peralat sangat terjangkau, dijamin tak akan buat kantong jebol.

Paket Wisata, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Bukit Waruwangi
Image Credit : IG @arlta6

Memberi pakan ternak, nongkrong di pondok dan saung cantik atau bermalam dengan cara camping selalu menjadi tujuan utama pengunjung. Padahal masih ada wahana lainnya yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Seperti kebun buah, hutan wisata, outbond, flying fox, taman bunga, pemandian, dam alami hingga tracking gunung Rangkong.

Bukit Waruwangi menyediakan 2 paket wisata yang bisa dipilih. Perpaketnya minimal 10 orang, paket tersebut cocok untuk acara kegiatan kelompok, grup, ataupun komunitas. Tapi sebelum memilih paket, reservasi dulu ya!

Tersedia penginapan seperti pondok dan homestay. Fasilitasnya lengkap dan siap memanjakan tamu yang ingin menginap. Pihak pengelola juga menyediakan kendaraan bus shutle kecil, kendaraan tersebut di fungsikan untuk mengantar pengunjung mengelilingi area Bukit Waruwangi.

Tiket masuk wisata Bukit Waruwangi cukup terjangkau. Hanya Rp2.000 per orang. Sedangkan tarif masuk kendaraan hanya  Rp3.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. 

Lokasi dan rute

Bukit Waruwangi Berlokasi di Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Untuk menemukan lokasi disarankan membawa kendaraan pribadi. Sementara untuk rutenya, dari Serang ambil rute menuju kecamatan Padarincang, sesampai di pasar Padarincang ambil rute menuju persimpangan desa Cibijong, dari sana gerbang masuknya sudah dekat. Harap hati-hati medan yang akan di lewati berupa track perbukitan.

Jadi bagaimana tertarik menikmati alam dengan cara yang unik. Bukit Waruwangi Serang Banten bisa jadi pilihan. Ajak keluarga dan pasangan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *